Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Rumah Tinggal Plus Tempat Pengajian (Bagian ke-2)

Rumah Tinggal Plus Tempat Pengajian (Bagian ke-2)

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

Assalaamu’alaikum wrwb

Netters dakwatuna yang saya hormati, kali ini saya melanjutkan konsultasi dari Ibu Asma Dzakiya. Pada edisi sebelumnya beliau menanyakan tentang desain rumah di tanah melebar. Kebutuhan nya ada 2 pola zona area.

Zona rumah tinggal akan ditempati Ibu Asma sekeluarga. Lalu ada zona pendidikan yang dijadikan kamar tidur bagi santri. Untuk itu sisi kanan lahan yang semula kosong saya bangun kamar tidur yang berderetan ke belakang.

Deretan kamar ini berakhir di ruang serba guna yang bisa dijadikan area pengajian. Saya selipkan juga 2 kamar mandi untuk para santri. Bagian belakang ini sebenarnya memiliki hubungan dengan mushola rumah. Hingga zona area yang sejenis ini bisa saling terhubung dengan baik.

Pada daftar keinginan Ibu Asma disebutkan kamar tidur santri berukuran 2 x 2 meter. Pada desain ini saya perbaiki ukurannya. Karena dimensi tersebut terlalu kecil untuk sebuah kamar tidur. Tidak nyaman dan akan pengap hasilnya. Furniture yang akan dimasukkan juga akan mengalami kesulitan tata letak.

Sepintas kita akan melihat bangunan ini terpisah. Atap rumah tinggal dan kamar santri terpisah gang kecil untuk masuk motor. Pola ini membuat kita mudah untuk membangunnya secara terpisah. Keuangan juga menjadi tidak berat karena tidak sekali bangun.

Pola ini juga membentuk taman yang cukup luas di beberapa sisi bangunan. Hingga semua ruang memperoleh cahaya dan sirkulasi udara yang cukup. Ruangan menjadi sehat dan nyaman. Lega dan tidak pengap.

Alhamdulillah, selesai sudah rangkaian desain Ibu Asma secara keseluruhan. Mari kita doakan semoga Allah memudahkan proses pembangunannya. Ibu Asma sekeluarga dilapangkan rezkinya dan diberi kekuatan untuk dapat istiqamah mendidik santri – santri yang ada.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

asma dzakiya tahap 2- denahasma dzakiya tahap 2- view 1asma dzakiya tahap 2- view 2asma dzakiya tahap 2- view 3asma dzakiya tahap 2- view 4asma dzakiya tahap 2- view 5

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (12 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Dicky Chandra Kirana

    semoga rumah nya jadi berkah…..

  • Faris Ridwan

    insya Allah menjadi barokah..

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Rumah Impian