Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha

Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Cover buku "Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha".
Cover buku “Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha”.

Judul Buku: Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha

Penulis: Tim Kajian ASPAC

Penerbit: ASPAC Publishing

Cetakan 1: Januari 2014

Jumlah halaman: xx +452 halaman

ISBN: 978-602-14856-1-3

dakwatuna.com Buku Ensiklopedia Mini Masjid Al-aqsha menjelaskan cukup detail Landmark Masjid Al-Aqsha. Pembaca akan dibawa berjalan-jalan mengelilingi masjid ini, dari lorong-lorongnya. Kemudian mengenal sejarahnya dan masjid-masjid serta tempat-tempat shalat yang ada di dalamnya. Termasuk nama-nama yang dikenal dari dulu hingga saat ini.

Manakah yang dinamakan Masjid Al-Aqsha? Apakah masjid berkubah emas yang dikenal sebagai Qubbatu sh Shshakhrah? Ataukah Masjid Qibli yang di dalamnya terdapat mihrab utama? Seberapa luaskah kompleks Masjid Al-Aqsha?  Melalui buku ini, pembaca bisa menemukan jawaban-jawaban dari  pertanyaan tersebut.

Jumlah menara, lengkungan, sekolah-sekolah dan majelis ilmu, pelataran serta seni arsitektur, sedikit banyak terurai di dalamnya. Sumur-sumur tua, tempat penyediaan air minum serta tempat wudhu dan berbagai hal lainnya terdapat dalam buku ini.

Dengan pengetahuan fisik dan sejarah yang detil akan terasa betapa situs penting umat Islam ini memiliki nilai yang luar biasa. Baik secara ideologis, maupun sebagai budaya sekaligus merupakan simbol yang ikonik dengan tempat suci bagi umat Islam. Para Nabi pernah singgah di sana. Sebagian terlahir dan besar di sana. Sebagian lagi dimakamkan di dekatnya. Sebagian bersama-sama Rasulullah saw menunaikan shalat menjelang keberangkatan beliau ke Sidratil Muntaha.

Lalu, apa motivasi Zionis menguasai Palestina dan Al-Quds khususnya? Mereka juga mengincar Masjid Al-Aqsha dengan dalih sejarah yang direkayasa. Apa saja yang dilakukan mereka dan bagaimana mengantisipasinya? Semuanya terjawab dalam buku ini.

Di samping itu, buku ‘emas’ ini menampilkan komentar tokoh-tokoh dunia dan  kalender penting dari tahun ke tahun yang berkaitan dengan Masjid Al-Aqsha. Perjanjian-perjanjian antara pejuang dan pemerintah Palestina dengan Zionis, aksi dan sejarah perlawanan bisa juga pembaca jumpai dalam buku ini. Dikupas pula secara gamblang mengapa Anda memiliki kewajiban membela Masjid Al-Aqsha dan memperjuangkan hak-hak bangsa Palestina?

About these ads

Redaktur: Pirman

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 6,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Lahir pada bulan tahun 1990. Hobbi membaca, menulis, dan membuat design grafis. Menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Indonesia. Istri dari Topan Bayu Kusuma, S.Kom dan sekarang beraktivitas di Asia Pacific Community for Palestine

Lihat Juga

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina