Home / Berita / Nasional / Bangun Masjid ke-110 Demi Berdayakan Masyarakat

Bangun Masjid ke-110 Demi Berdayakan Masyarakat

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Peletakan batu pertama pembangunan masjid ke-110 di di desa Manis Kidul, Jalaksana, Kuningan Jawa Barat - Foto: PKPU
Peletakan batu pertama pembangunan masjid ke-110 di di desa Manis Kidul, Jalaksana, Kuningan Jawa Barat – Foto: PKPU

dakwatuna.com Jawa Barat. Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU membangun masjid di desa Manis Kidul, Jalaksana, Kuningan Jawa Barat. Pembangunan masjid ke-110 yang dibangun PKPU di seluruh Indonesia ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid, Rabu (2/4/2014).

Dalam pembangunan masjid ini, PKPU mempertemukan donatur yang tulus dengan masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian, penentuan tempat pembangunan masjid  benar-benar efektif dan menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kita tidak menghendaki masjid yang dibangun PKPU menjadi  almubadziriin yang berarti  dibangun tapi terasa sia-sia dan tidak difungsikan masyarakat setempat,” kata ustadz Bramadji Abu Abdurrahman, Penanggung jawab Dakwah & Masjid Lembaga PKPU.

Ustadz Bram mengatakan, pembangunan masjid dilakukan bertahap. PKPU membekali para DKM-nya keterampilan mengelola masjid dan memperdayakan masyarakat sesuai situasi dan  kondisi wilayahnya. Dengan demikian masjid berfungsi maksimal, baik sebagai tempat ubudiyah (peribadatan), tarbiyah (pembinaan) dan ijtima’iyah (kemasyarakatan).

Langkah yang dilakukan adalah selama dua hari 8 & 9 Maret 2014 lalu, PKPU mengadakan Pelatihan Manajemen Masjid angkatan I untuk masjid yang dibangun PKPU di wilayah Bogor dan Depok. Lalu tanggal  26 & 27 April 2014 yang akan datang dilaksanakan di masjid-masjid di wilayah Jakarta, Tangerang & Bekasi.

“Pelatihan akan terus digulirkan PKPU di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan seterusnya,” kata ustadz Bram. Seluruh peserta memperoleh sertifikat, dan paket buku manajemen masjid seluruhnya gratis tanpa dipungut biaya.

Sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional, PKPU akan bersinergi dengan masyarakat untuk menjadi lembaga terpercaya dalam membangun kemandirian sebagaimana visinya.

“Dan keberadaan masjid-masjid yang dibangun PKPU bisa menjadi salah satu pilar kebaikan yang bisa terus dikembangkan potensinya untuk masyarakat setempat,” katanya. (bram/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Sukismo

Lihat Juga

rohingya-1b

Let’s Help Rohingnya: Wujudkan Kepedulian Demi Kemanusiaan