Home / Berita / Internasional / Eropa / Italia Jadi Pusat Halal Eropa

Italia Jadi Pusat Halal Eropa

Muslim Italia (ilustrasi) - Foto: soerenkern.com
Muslim Italia (ilustrasi) – Foto: soerenkern.com

dakwatuna.com – Roma.  Krisis ekonomi yang mendera Italia membawa hikmah. Industri halal yang semula tidak dilirik kini mulai diminati.

Faktanya, Dewan makanan Halal Dunia (WFHC) menjadikan Italia sebagai tempat penyelenggaraan konferensi halal. WFHC melihat Italia menyimpan potensi produksi , logistik dan komersialisasi investasi baru sesuai dengan standar Islam .

“Kami bersedia untuk berinvestasi di Italia , kita ingin melihat menjadi pusat pasar Halal di Mediterania ,” sheik Arab Fahah Alared , anggota Committee for Islamization of Banks, seperti dilansir onislam.net, Rabu (2/4).

Sebelumnya, WFHC mengumumkan perjanjian baru terkait dengan pengembangan pasar halal di Italia. Malaysia ditunjuk untuk memberikan pengalaman kepada Italia untuk pengembangan industri halalnya.

Dari kesiapan yang ada, sebenarnya Italia sudah memiliki modal besar. Sebanyak 270 perusahaan Italia sudah bersertifikat. Ini artinya, perusahaan Italia sudah berpengalaman dengan produk halal. Ini juga diperkuat adanya interaksi perusahaan-perusahaan Italia dengan negara-negara Islam lainnya seperti Indonesia, Malaysia, Arab Saudi dan lainnya.

Meski siap, perusahaan Italia ingin meminta jaminan pengakuan resmi dari pasar halal. Ini mencakup sertifikat halal yang wajib dimiliki perusahaan. “Kami siap berinvestasi. Tapi kami butuh pengakuan,” kata dia.

Saat ini, nilai pasar global produk halal mencapai 13 triliun, tumbuh 15 persen per tahunnya. Angka ini meningkat 150 persen sejak tahun 2006 dan diharapkan menjadi 1.3 triliun pada tahun 2014. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 4,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Abuya Sanjaya

    Mudah”an maenjadi contoh buat Indonesia, Ga usah pake gengsi jika memang ini suatu kebakan yang bermartabat dunia akhirat

Lihat Juga

Erdogan Sindir Eropa: Menolak Kehadiran Pengungsi adalah Tindakan yang Memalukan