Home / Berita / Internasional / Eropa / Pengamat: Success Stories Erdogan di Balik Kemenangan AK-Parti dalam Pemilu

Pengamat: Success Stories Erdogan di Balik Kemenangan AK-Parti dalam Pemilu

Ilustrasi (aa.com.tr)
Ilustrasi (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Ankara. Kalangan pengamat ekonomi memandang bahwa prestasi dan keberhasilan Erdogan dan AK-Parti dalam menjaga stabilitas ekonomi sejak memimpin pada tahun 2002 adalah kunci di balik kemenangan AK-Parti pada pemilu lokal yang dilaksanakan Ahad (30/3/2014) kemarin lusa.

Pakar ekonomi pada Bank Standard di London, Timothy Asch, mengatakan bahwa kemenangan AK-Parti dalam pemilu kemarin lebih disebabkan oleh success stories yang ditulis Erdogan selama 12 tahun memimpin Turki. Di antaranya turunnya angka pengangguran, naiknya taraf hidup, terciptanya stabilitas ekonomi, dan juga politik yang mendukung iklim investasi luar negeri.

Asch memperkirakan bahwa hasil pemilu ini akan sangat mempengaruhi dunia ekonomi di Turki. Diperkirakan nilai tukar Lira akan naik, dan jumlah investasi asing akan bertambah. Hal itu karena politik yang stabil pasca pemilu.

Sedangkan pakar ekonomi di Capital Economics di London juga, William Jackson, memandang bahwa keberhasilan AK-Parti dalam pemilu kemarin disebabkan pertumbuhan ekonomi yang dialami Turki.

Menurut data yang dikeluarkan lembaga sensus Turki, angka pertumbuhan ekonomi Turki tahun 2013 naik 4% dari tahun 2012. Pertumbuhan ekspor antara bulan Februari 2012 hingga Februari 2013 juga mengalami pertumbuhan 6.2% lebih besar dari tahun sebelumnya. (msa/dakwatuna/anadolu)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 8,71 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Cinta Sebagai Energi Kemenangan