Home / Pemuda / Pengetahuan / Mengapa Madu Dapat Melawan Bakteri Jahat?

Mengapa Madu Dapat Melawan Bakteri Jahat?

Madu Lebah (ilustrasi) - bengkelaqidah.com
Madu Lebah (ilustrasi) – bengkelaqidah.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Madu memang pasangan yang lezat untuk roti dan buah yang Anda konsumsi. Tapi, tahukah Anda? Madu ternyata juga efektif untuk melawan resistensi bakteri jahat atau bersifat antibiotik.

Profesional medis dalam American Chemical Society (ACS) membuktikan bahwa madu mampu melawan infeksi bakteri pada beberapa tingkat.

Kepala peneliti, Susan M Meschwitz mengatakan bahwa madu mengandung hidrogen peroksida, asam, efek osmotik, konsentrasi gula yang tinggi, sehingga bisa menarik sel-sel bakteri dan membunuh mereka.

Madu juga efektif menghambat pembentukan biofilm atau komunitas bakteri penyebab penyakit berlendir.

“Madu juga menghancurkan quorum sensing yang melemahkan virulensi bakteri yang lebih ampuh dibandingkan antibiotik konvensional,” ujar Meschwitz, dilansir dari Medical News Today, Selasa (1/4).

Quorum sensing adalah cara bakteri berkomunikasi satu sama lainnya yang membentuk biofilm. Pada bakteri tertentu, sistem komunikasi ini bisa mengontrol pelepasan racun yang memengaruhi patogenesis bakteri atau kemampuan bakteri menyebabkan penyakit.

Meschwitz mengatakan keuntungan lain madu memiliki sifat antioksidan. Tim peneliti memisahkan dan mengidentifikasi berbagai senyawa polifenol antioksidan. Madu efektif melumpuhkan bakteri E. coli, S. aureus, dan P. aeruginosa. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 7,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • memang madu asli banyak sekali manfaatnya…

Lihat Juga

Sehangat Pelukan Hujan (Bunda)