Home / Berita / Daerah / Inilah Keinginan Khusus Dalang Asep Sunandar Sebelum Meninggal

Inilah Keinginan Khusus Dalang Asep Sunandar Sebelum Meninggal

Ki Dalang Asep Sunandar saat mementaskan wayang - antara.com
Ki Dalang Asep Sunandar saat mementaskan wayang – antara.com

dakwatuna.com – Bandung.  Tidak ada wasiat khusus yang disampaikan dalang Asep Sunandar Sunarya sebelum meninggal. Tapi, ada keinginan khusus yang selama ini terpatri di hati sang dalang fenomenal.

“Intinya Abah (Asep Sunandar) ingin wayang golek tetap lestari,” kata Dadan Sunandar Sunarya, anak kedua almarhum, saat ditemui di rumah duka, Senin (31/3/2014).

Menurutnya, almarhum ingin keberadaan wayang tidak tergerus oleh kemajuan zaman. Hal itu yang kemudian selalu ditanamkan Asep pada anak-anak dan muridnya.

“Beliau selalu menitipkan (pesan) itu dari dulu,” ungkapnya.

Dari segi keturunan, penerus dalang dari keluarga Asep Sunandar Sunarya hanya ada dua yaitu, Dadan dan Yogaswara. Di tangan merekalah kesenian wayang golek diharapkan tetap bertahan.

“Abah berpesan supaya kita kreatif dalam menampilkan wayang golek,” tutur Dadan.

Hal lain yang ditekankan Asep dalam kesenian wayang golek adalah harus ngindung ka waktu ngabapa ka zaman alias harus mengikuti perkembangan zaman.

Sepeninggal sang ayah, Dadan dan Yogaswara pun makin bersemangat untuk melestarikan wayang golek agar tidak musnah. “Kalau itu (jadi semangat) mah pasti,” tandas Dadan. (rik/okezone/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.