Home / Berita / Nasional / Dalang Kondang Asep Sunandar Sunarya Meniggal Dunia

Dalang Kondang Asep Sunandar Sunarya Meniggal Dunia

Maestro wayang golek Indonesia, Asep Sunandar Sunarya - tokohtokoh.com
Maestro wayang golek Indonesia, Asep Sunandar Sunarya – tokohtokoh.com

dakwatuna.com – Bandung. Awan mendung menyelimuti dunia pewayangan Indonesia.  Dalang wayang golek senior, Asep Sunandar Sunarya dikabarkan meninggal dunia, Senin (31/3/2014). Demikian disampaikan sekretaris almarhum, Djadjang Rukmana. Sang maestro wayang golek itu meninggal sekitar pukul 14.00 WIB.

“Betul Pak Haji (Asep Sunandar Sunarya) meninggal dunia. Beliau meninggal karena serangan jantung,” kata Djadjang saat dihubungi, Senin siang.

Lebih lanjut Djadjang mengatakan, sebelum meninggal, Asep memang sudah sakit-sakitan. “Setiap hari Beliau memang pakai oksigen,” ujarnya.

Padahal, kata Djadjang, sebelum meninggal dunia, dia sempat berbincang dengan almarhum. Namun, ajal tak dapat ditolak, setelah beberapa jam meninggalkan almarhum, dia langsung menerima kabar duka tersebut.

“Sebelumnya sempat dibawa ke rumah sakit dulu. Tapi memang sudah waktunya. Kita doakan beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah,” pungkasnya.

Meninggalnya maestro wayang golek Indonesia, Asep Sunandar Sunarya, mengagetkan seluruh lapisan masyarakat. Hal tersebut terlihat dari antusiasme ribuan warga sekitar Kampung Seni dan Budaya Giri Harja yang memadati rumah duka di Pesantren Budaya Giri Harja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (31/3/2014).

Dari pantauan di rumah duka terlihat banyak warga dan pejabat seperti Wakil Bupati Bandung Deden Rumaji dan Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia datang untuk melayat dan memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

Di sana, mereka menggelar shalat jenazah ataupun sekadar berdoa di depan jenazah Asep Sunandar Sunarya.

Saking banyaknya warga yang ingin melihat almarhum, tak ayal hal tersebut menimbulkan kemacetan di depan Jalan Siliwangi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tidak aneh jika meninggalnya Dalang Asep Sunandar Sunarya menyita perhatian masyarakat luas. Pasalnya, almarhum merupakan salah satu tokoh dalam dunia seni wayang golek. Almarhum adalah dalang yang mempopulerkan salah satu tokoh pewayangan, yaitu Astra Jingga alias cepot. (kompas/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 8,17 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • mia

    Innalilahi wainna illaihi roji’un

Lihat Juga

Perjalanan Hati