Home / Berita / Daerah / Jabar Ajak Banten dan DKI Atasi Gepeng

Jabar Ajak Banten dan DKI Atasi Gepeng

Gelandangan dan Pengemis (ilustrasi) - kemsos.go.id
Gelandangan dan Pengemis (ilustrasi) – kemsos.go.id

dakwatuna.com – Bandung. Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap bisa membantu Provinsi Banten dan DKI Jakarta mengatasi masalah penyakit sosial. Pemprov Jabar menilai, untuk mengatasi gelandangan dan pengemis (gepeng) akan lebih efektif jika dilakukan bersama-sama.

Menurut Sekretaris Badan Kerjasama Pembangunan (BKSP) Bodetabekjur Asep Sukarno, masalah gepeng akan cepat diatasi jika ke-3 provinsi solid. “Selain persoalan kesehatan, Pak Gubernur juga berharap ada kerja sama masalah penyakit sosial,” ujar Asep, Senin (31/3).

Menurut Asep, masalah penyakit sosial di daerah perbatasan termasuk sulit karena harus ada koordinasi lintas batas dalam penertiban. Karena, gepeng di Bekasi, tiba-tiba bisa pindah ke Jakarta jika ada penertiban. “Yang dari Jakarta bisa lari ke Tangerang,” katanya.

Asep menilai, jika koordinasi antar Satpol PP 3 daerah terjalin, maka penertiban gepeng bisa berjalan baik dan terpadu. Menurutnya, jika gepeng dari Jabar pindah ke Banten, maka dengan koordinasi pihak Satpol PP bisa menertibkan mereka.

“Nanti ditangkap Satpol PP di Banten, diserahkan ke Jabar untuk dilakukan pembinaan dan dipulangkan ke daerah asal,” katanya.

Penanganan gepeng di daerah-daerah penyangga ini, kata dia, diharapkan bisa segera dilakukan jika kerja sama dan kesepahaman 3 provinsi yang tergabung dalam BKSP terealisasi sebelum Oktober 2014 ini. “Ini program yang harus kita upayakan bersama berjalan 2014 ini,” katanya. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Siswa SMP Al Iqro, Serang, Banten. (FTN/Putri/PKPU)

Mutiara Terpendam Di Selatan Banten