Home / Berita / Internasional / Asia / Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) Memimpin Dalam Pemilu Lokal Turki

Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) Memimpin Dalam Pemilu Lokal Turki

AKP memimpin perolehan suara sementara pada pemilu lokal Turki, Ahad (30/3/2014). (Foto: Anadolu Agency)
AKP memimpin perolehan suara sementara pada pemilu lokal Turki, Ahad (30/3/2014). (Foto: Anadolu Agency)

dakwatuna.com Partai berkuasa AKP memimpin jajak pendapat dalam pemilihan lokal hari Ahad (30/3/2014) di Turki. Dan tampaknya akan meningkat suaranya dalam pemungutan suara, demikian sebagaimana dilansir Anadolu Agency.

Berdasarkan hasil resmi awal, AKP memperoleh 47% suara dengan hampir 43% suara telah dihitung di seluruh negeri tersebut.

Perhitungan awal menunjukkan kenaikan signifikan, yaitu sembilan poin untuk partai yang menaungi PM Turki Recep Tayyip Erdogan bila dibandingkan pemilu lokal pada tahun 2009.

Hasil penelitian menunjukkan 52 juta warga Turki mengikuti pemilihan, termasuk pemilih pertama kali, beberapa di antaranya aktif tahun lalu dalam protes anti-pemerintah ‘Gezi’.

Suara untuk walikota Turki di tiga kota besar terbagi rata antara AKP dan partai oposisi Partai Rakyat Republik, atau CHP. Yang paling sengit dari tiga pertarungan tersebut berlangsung di ibukota Ankara.

Dengan proses penghitungan yang masih terus berlanjut di Turki, partai oposisi CHP hanya memperoleh 28%, partai konservatif Partai Gerakan Nasional (MHP) hanya memperoleh 13,28%, dan Partai Demokrasi dan Perdamaian Kurdis (BDP) hanya memperoleh 2,79%

Hasil Bisa Dipercaya

Persentase peroleh suara AKP dalam jajak pendapat sebanding dengan pemilihan umum pada tahun 2011 di mana AKP memperoleh 49% suara. Partai ini menang 38% pada pemilihan lokal tahun 2009, itu artinya AKP telah mempertahankan basis setia dukungan pemilih untuk mempertahankan kekuasaan pada periode lainnya pada pemerintahan daerah. (dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 8,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Donald Trump dan Hillary Clinton. (aljazeera)

Faktor Kemenangan Trump Yang Mengejutkan*

Organization