Home / Berita / Internasional / Asia / Satelit Cina Temukan Puing Besar Tak Jauh dari Lokasi Temuan Australia

Satelit Cina Temukan Puing Besar Tak Jauh dari Lokasi Temuan Australia

Foto obyek diduga pesawat Malaysia Airlines MH370 yang ditangkap satelit China pada 18 Maret 2014. Foto ini dirilis pemerintah China pada Sabtu (22/3/2014). - Foto: kompas.com
Foto obyek diduga pesawat Malaysia Airlines MH370 yang ditangkap satelit China pada 18 Maret 2014. Foto ini dirilis pemerintah China pada Sabtu (22/3/2014). – Foto: kompas.com

dakwatuna.comOtoritas China menyatakan telah menemukan puing berukuran besar yang diduga merupakan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370.

Informasi ini diterima pihak Malaysia saat konferensi pers harian mengenai perkembangan terbaru pesawat Malaysia Airlines MH370 pada Sabtu (22/3/2014) petang di Sepang, Malaysia.

Berita yang baru saja saya terima menyebutkan, duta besar China telah mendapatkan gambar satelit dari obyek terapung di koridor selatan, dan mereka akan mengirimkan kapal untuk melakukan verifikasi,” kata Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein, di tengah-tengah jumpa pers yang disiarkan langsung oleh CNN.

Hussein menambahkan, puing yang diduga bagian dari pesawat MH370 tersebut berukuran panjang lebih kurang 22,5 meter x lebar 13 meter ditemukan di koridor selatan. Koridor selatan merupakan area pencarian pesawat tersebut dengan cakupan Samudra Hindia yang berbatasan dengan Indonesia.

“Saya masih perlu menanyakan informasi lebih detail dari China soal temuan hari Sabtu ini,” kata Hussein saat ditanya pihak media massa soal temuan tersebut.

Terkait temuan ini, China melakukan konferensi pers di Beijing.

 Diberitakan kantor berita China, Xinhua, obyek terapung yang terlihat dari citra satelit terletak 120 km dari lokasi yang diumumkan Australia. Citra satelit baru ini diambil satelit China pada 18 Maret 2014.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang sejak Sabtu (8/3/2014), dan belum ditemukan hingga kini. Pada Kamis (20/3/2014), titik terang keberadaan pesawat tersebut muncul dari Australia.

Perdana Menteri Australia Tony Abbot mengatakan, satelit mendapatkan gambar dua puing di selatan Samudra Hindia, yang diperkirakan berhubungan dengan pesawat yang hilang.

Namun, hasil dari upaya pencarian hingga hari ketiga masih nihil. Pesawat pencari yang diterbangkan ke lokasi belum mendapatkan satu pun tanda keberadaan puing tersebut. (kompas/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 6,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PM Malaysia: MH 370 Berakhir di Samudra Hindia