Home / Berita / Internasional / Asia / Indonesia Bantah Tuduhan Tak Berdasar Media Malaysia

Indonesia Bantah Tuduhan Tak Berdasar Media Malaysia

Armada TNI di kerahkan untuk membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines MH 370 - Foto: voaindonesia.com
Armada TNI di kerahkan untuk membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines MH 370 – Foto: voaindonesia.com

dakwatuna.com – Kuala Lumpur.  Pemerintah Indonesia menyesalkan pemberitaan yang dimuat Harian Utusan Malaysia pada 17 Maret 2014 dengan judul “MH 370 Disembunyi di Pangkalan AS di Diego Garcia?”.

Dalam artikel yang merujuk pada spekulasi portal Cabal Times itu ditulis, bahwa Indonesia sengaja menutupi data radar yang diyakini merekam pergerakan MH 370 yang melintasi wilayah Indonesia.

“Kedutaan Besar Indonesia dengan tegas juga membantah tuduhan bahwa Indonesia terlibat dalam gerakan “rahasia globalisasi” atau “koalisi barat” yang memiliki agenda tertentu,” demikian pernyataan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur dalam siaran pers yang, Rabu (19/3/2014).

Dalam keterangannya, KBRI di Negeri Jiran itu juga menyebut bahwa spekulasi yang dialamatkan kepada Indonesia itu hanya bentuk halusinasi seseorang tanpa didasari data-data pendukung yang kuat. Dampaknya, hal itu juga dapat memperkeruh serta menciptakan kebingungan pada masyarakat.

“Terlebih lagi, tulisan itu juga sangat melukai keluarga para penumpang, termasuk penumpang warga negara Indonesia yang sedang dalam kondisi sulit dan bersedih,”

Selain tidak mendasar, tudingan tersebut juga dapat langsung dibantah dengan sikap pemerintah Indonesia sejak awal peristiwa itu terjadi. Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang memberikan dukungan atas upaya pencarian pesawat MH 370 dengan mengerahkan 8 kapal dan 3 pesawat serta sejumlah besar personil Tentara Nasional Indonesia (TNl) dan Badan SAR Nasional (BASARNAS).

“Komitmen Indonesia ini didasarkan kepada semangat ASEAN dan hubungan Indonesia dengan Malaysia yang sangat kuat. Indonesia juga akan terus memberikan dukungan dan kerjasamanya untuk mencari pesawat tersebut hingga ditemukan,”

“Indonesia juga meminta agar spekulasi yang tidak bertanggung jawab dihentikan karena tidak membantu upaya dalam menemukan pesawat MH370 yang menjadi tujuan utama operasi pencarian yang melibatkan tidak kurang dari 25 negara,” demikian pernyataan tertulis KBRI di Kuala Lumpur. (liputan6/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Rohingya

DPR Desak Pemerintah Indonesia Bersikap Tegas atas Insiden Kekerasan di Rohingya