Home / Berita / Internasional / Asia / UNESCO: Lebih dari Seribu Masjid Hancur di Suriah

UNESCO: Lebih dari Seribu Masjid Hancur di Suriah

Masjid Umawi di Aleppo (raialyoum)
Masjid Umawi di Aleppo (raialyoum)

dakwatuna.com – Damaskus. Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu, dan Budaya (UNESCO) membuat sebuah laporan dengan judul “Warisan Dunia”. Dilaporkan bahwa lebih dari seribu masjid hancur akibat perang yang mulai pada 15 Maret 2015 silam.

Para ahli sudah sering memberikan peringatan tentang akibat yang bisa timbul dari perang ini yang tidak hanya pada korban jiwa dan benda, tapi juga situs-situs bersejarah yang tersebar di negeri ini.

Menurut UNESCO, situs bersejarah yang paling banyak menjadi korban adalah masjid. Di antaranya adalah Masjid Umawi di Aleppo. Masjid ini sekarang sudah menjadi tempat perlindungan pasukan rezim Basyar Asad. Sebelumnya mereka juga sudah meruntuhkan menara rata dengan tanah. Padahal menara itu sangat bernilai sejarah mengingat sudah dibangun pada abad ke-8.

Serangan tank, pesawat, rudah, dan sebagainya juga sudah menghancurkan dinding bagian masjid ini. Padahal di dalamnya terdapat mushaf Al-Qur’an yang ditulis dengan tangan dan sangat bernilai sejarah.

Selain itu, di Aleppo terdapat situs lain yang ikut hancur, yaitu masjid Hadhrah Zakaria, yang di dalamnya terdapat makam Nabi Zakaria as., dan beberapa “amanat suci”, seperti beberapa helai jenggot Rasulullah saw., dan juga gigi beliau. (msa/dakwatuna/raialyoum)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Menemukan Akar Sejarah PKS, Mengenang KH Ruslan Effendi