Home / Berita / Daerah / Layanan Kesehatan untuk 5.786 Masyarakat Pekanbaru

Layanan Kesehatan untuk 5.786 Masyarakat Pekanbaru

Tebalnya kabut asap menyebabkan seluruh warga menggunakan masker dalam aktifitas sehari-hari - Foto: RZ
Tebalnya kabut asap menyebabkan seluruh warga menggunakan masker dalam aktifitas sehari-hari – Foto: RZ

dakwatuna.com – Pekanbaru. Hingga Jumat (14/03) RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan berupa masker dan layanan kesehatan untuk 5.786 masyarakat di Kota Pekanbaru. Layanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan secara umum, pemeriksaan gula darah, dan pemberian makanan tambahan untuk balita.

“Kami sudah mulai membagikan masker sejak Februari kepada para pengguna jalan, pasien RBG Pekanbaru, dan sekolah-sekolah disertai pengarahan tentang bahaya kabut asap. Kali ini bukan hanya pembagian masker tapi juga memberikan layanan kesehatan,” ujar Rico selaku program head RZ Pekanbaru.

Dari hasil pemeriksaan tim kesehatan RZ, mayoritas penerima manfaat mengeluhkan sakit kepala, dada, dan sesak nafas, hal ini dikarenakan jumlah oksigen yang semakin menipis.

Dampak kabut asap ini pun mengakibatkan banyak sekolah meliburkan siswanya, seperti halnya di SD Juara Pekanbaru, sudah sebulan lamanya siswa tidak masuk sekolah karena kondisi udara yang tidak kondusif untuk kegiatan balajar mengajar.

“Sudah hampir sebulan siswa kita tidak masuk sekolah, kemarin sempat masuk sehari, karena kabut asap masih pekat terpaksa mereka kami pulangkan,” tutur Suriksodi Saputro kepala sekolah SD Juara Pekanbaru (13/03).

Suriksodi menambahkan hujan merupakan harapan satu-satunya untuk memadamkan api di lahan gambut. Usaha pemadaman yang dilakukan dengan sistem water bombing pun menurutnya tidak akan maksimal jika lahan terbakar tersebut berada pada daerah yang bergambut. Ini menjadi salah satu alasan SD Juara Pekanbaru mengadakan shalat istisqa di Komplek Masjid Baitul Makmur Jl Wartasari Tengkerang Selatan Pekanbaru. (RZ/sbb/dakwatuna)

—————————————————————————————————————————————————————–

Dakwatuna peduli (UPZ RZ). Bank Permata Syariah No. 8904-2821-3000-0003 a.n. dakwatuna peduli atau klik www.dakwatuna.com/dakwatuna-peduli

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

RZ (Rumah Zakat) cabang Makassar menyalurkan 510 kornet Superqurban di Kampung Nelayan, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanayya. (Rena/RZ)

RZ Salurkan 510 Superqurban di Kampung Nelayan