Home / Pemuda / Essay / Selama Ini Waktumu Terbuang Percuma?? Kini Saatnya Membuang Waktumu Pada Tempatnya…

Selama Ini Waktumu Terbuang Percuma?? Kini Saatnya Membuang Waktumu Pada Tempatnya…

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com Sebagai seorang siswa ataupun yang sudah mahasiswa pastinya ada dong waktu senggang yang kita miliki? Ya, setidak-tidaknya ada satu hari dalam 7 hari waktumu yang tidak terikat oleh tugas ataupun rutinitas sekolah/kampus.  Tapi sadar tidak, anak muda jaman sekarang banyak membuang waktunya percuma. Wajar sih, terkadang tubuh kita memang butuh dimanja dengan beristirahat di rumah atau menikmati hari kosong tersebut dengan melakukan berbagai hobi yang dimiliki. Tapi bagaimana pada mereka yang melakukan pekerjaan yang sia-sia? Contohnya: nongkrong bareng teman-teman mengadakan balap liar ataupun sebagainya. Sama sekali tidak ada manfaatnya bukan?

Nah, saya akan beri beberapa kegiatan yang bisa kita isi di waktu luang kita, di antaranya:

1. Buanglah waktumu untuk saling berbagi ke sesama umat manusia. Memberi untaian kasih sayang, bentuk rasa kepedulian.

Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)
Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)

2. Kita tidak mengenal mereka.  Mereka yang tidak memiliki hubungan darah sama sekali. Tapi mereka ada, mereka saudara kita. Saudara dalam satu aqidah. Apa salahnya coba, jika kita membuang waktu kita untuk mereka. Mereka yang membutuhkan uluran kasih sayang demi terhapusnya kepedihan yang mereka alami. Goresan senyum yang mereka ukir sudah cukup untuk mengganti rasa letih yang kita rasakan.

Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)
Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)

3. Masjid adalah rumah Allah. Tempat kita berkunjung dan beribadah kepada-Nya. Coba bayangkan, jika ada masjid yang tidak terurus. Apa jadinya nanti??? Jadi, buat semua hamba Allah, jaga kebersihan masjid-masjid yang ada di sekitar kita. Okay?

Jangan malu buat membersihkan dan mengutip sampah yang ada di sekitar masjid kita. Dan jangan segan menegur orang-orang yang ada di sekitar kita yang membuat masjid kotor.

Jadi buat sobat semua, mari cintai masjid dengan selalu menjaganya ya…

Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)
Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)

4. Suka nggak melihat keindahan? Keindahan itu sebagian dari seni lho. So, buat sobat-sobat semua bisa membuang waktu dengan mencontoh apa yang sobat kita buat di bawah ini. Konon lagi dibuat di perkotaan. Wahh… bermanfaat banget.

Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)
Ilustrasi. (Foto: Trioki Ningsih)

Masih banyak lagi lho, kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan selain di atas. Jadi, buat sobat muda yang dicintai Allah, Buang waktu kita pada tempatnya ya…

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Trioki Ningsih
Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan dan Relawan RZ Medan. Dengan tulisan saya bisa menangkap moment-moment selayak Fotografer menangkap moment tersebut juga.. :)

Lihat Juga

Menteri Ini Serukan Rakyat Mesir Utamakan Pekerjaan Daripada Sholat