Home / Berita / Nasional / Masalah Jilbab, Kapolri: Polwan Harus Mematuhi Aturan, Insya Allah Tidak Berdosa

Masalah Jilbab, Kapolri: Polwan Harus Mematuhi Aturan, Insya Allah Tidak Berdosa

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman saat pengambilan sumpah jabatan - Foto: suara-islam.com
Kapolri Jenderal Polisi Sutarman saat pengambilan sumpah jabatan – Foto: suara-islam.com

dakwatuna.com – Jakarta. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Sutarman mengatakan Sepanjang aturan masih tidak memperkenankan pemakaian jilbab, Ia meminta agar anggota polwan tetap mematuhi aturan yang ada.

“Insya Allah tidak berdosa karena termasuk kita merelakan hak asasi kita ini, karena memproklamirkan diri menjadi anggota polri,” katanya.

Peraturan pemakaian jilbab untuk polisi wanita hingga saat ini masih dievaluasi karena akan berdampak pada perubahan peraturan dasar kepolisian.

“Ini kami masih evaluasi, bukan tidak kami evaluasi, karena itu menjadi tuntutan masyarakat,” kata Sutarman kepada wartawan saat berkunjung di Markas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, perubahan peraturan pemakaian jilbab bagi polisi wanita (polwan) memiliki konsekuensi mengubah peraturan dan ketentuan dasar terkait seragam kepolisian (gampol). Sehingga hal itu memerlukan banyak pertimbangan.

“Polri itu kan memiliki peraturan seragam kepolisian (gampol) yang diatur oleh ketentuan dan aturan. Mengubah aturan itu harus kami lakukan secara benar melalui kajian dan melalui pertimbangan yang banyak,” katanya.

Sementara itu, selama proses pembahasan perubahan peraturan itu, menurut dia, anggota kepolisian harus tetap melakukan tugas dengan maksimal.

“Pemakaian jilbab merupakan hak asasi setiap anggota masyarakat. Tetapi karena kita memproklamirkan maka kita juga harus merelakan hak asasi kita untuk dibatasi, bukan hanya persoalan jilbab saja, namun termasuk hak memilih dan dipilih,” kata dia.

“Yang ingin menjadi anggota polri kita sendiri, sehingga setelah menjadi anggota jangan banyak menuntut. Berbuatlah yang terbaik demi bangsa dan negara, bukan menuntut,” katanya menambahkan. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (23 votes, average: 4,39 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • AlVido Reynaldi

    ribet amat sih… pa de, tinggal bismillah saja. dicoba aja belomm…

  • سافل

    Kok bagus betul pak pemikiranya, lebih mementingkan kepentingan yang dibuat manusia, daripada peraturan yang dibuat langsung oleh ALLAH S.W.T

  • BramSonata

    JILBAB ada 2 katagori : yaitu, jilbab adat/tradisi yg bentuknya/modelnya/ukurannya sesuai SELERA /keinginan, yg sudah dilakukan oleh banyak bangsa di dunia ini, ini yg PERTAMA.

    Yang KEDUA, Jilbab yg hukumnya bagian dari ibadah agama, yg hanya satu-satunya milik dan diperintah oleh Islam kepada umatnya, yaitu menutup kepala, hingga menutupi auratnya buah dadanya. muka terbuka ( tidak bercadar menutupi muka hanya kelihatan matanya).

    Pertanyaannya sekarang, Apakah POLWAN mau menggunakan jilbab adat/tradisi atau jilbab ibadah yg hukumnya wajib?

    Saya bisa menangkap jalan Pikiran KAPOLRI, bahwa tidak semua POLWAN Islam, dan disisi lain POLWAN harus seragam disegala penampilannya.

    • wahyu setiaji

      Tidak semua POLWAN ISLAM,,,,,,>? sepakat…… tapi juga harus mengakomodir kebebasan menjalankan agama baig penganutnya…..

    • Sejuki

      Emang kalo Polwan tidak seragam antara muslim dg non muslim, akan menjatuhkan citra dan wibawa Polri? Begitukah, hallo???? Cetek amat isi otak ente…!!!

    • yadi

      Terlalu panjang bos ente mikirnya..yang namanya jilbab itu ya punya orang muslim..kalo kerudung itu bisa pakaian adat..contoh betawi bos…haduh

    • Monica Novianti

      demi kesegeraman sampai harus memasung kebebasan menjalankan agama? Gak banget dah

  • Bocah Ganteng

    Kalo kata orang MMI dan JAT … dasar thaghut!!

  • Aditya Nuryuslam

    kalau di amerika dan inggris yang notabene negara sekuler dan muslim adalah minoritas = memperbolehkan penggunaan hijab bagi muslimah di dinas militer dan kepolisian, kenapa di indonesia yang katanya negara yg mayoritas muslim dan negara yg berdasarkan ketuhanan yang maha esa = penggunaan hijab masih dipersulit bagi muslimah di dinas militer dan kepolisian

    • ree

      setuju

  • Sejuki

    Peraturan seragam Polri yg melarang jilbab bagi wanita muslimah jelas bertentangan dg Pancasila dan UUD45. Kenapa kok malah difikir-fikir dan harus dievaluasi segala, wahai Pak Kapolri yg sudah berani menentang Hukum Allah Sang Pencipta diri ente sendiri? Emang ente lebih hebat dari Tuhan.

    Ente bilang Polwan yg mematuhi aturan seragam (yaitu, gak pake jilbab padahal hukumnya wajib bagi setiap muslimah) adalah tidak berdosa? Apa dalilnya? Ngomong kok asbun gitu wahai Pak Kapolri. Yg jelas ente berhak memikul dosa mereka yg gak pake jilbab tsb. Mikul dosa orang lain kok demen Pak? Hallo???

  • ican

    Kapolri: Insya Allah tidak berdosa karena termasuk kita merelakan hak asasi kita ini, karena memproklamirkan diri menjadi anggota polri.
    –> Maksudnya tidak berdosa kepada kapolri bukan kepada Allah. Logikanya jangan dibalik dong pak…

    • Lock Nut

      Polwan tidak berdosa karena dosanya akan di tanggung kapolri. Aamiin.

  • herawatini

    Insyaallah apa yang dikatakan Pa Kapolri benar, jika tidak beliau yang akan menanggung dosanya……

  • ludi_ratjani

    Yang menentang hukum Tuhan itu berdosa,seperti itu saja masa tidak tahu toh, Pak Jenderal. Apakah saudara merasa diri menjadi tuhan?

  • Satria

    Kapolri kayaknya gak tau hukum tentang aurat

  • yadi

    Kapolrinya stres..hukum Allah kok di atur seenaknya

    • Matahari Hua

      betul mas bro …itulah calon peminpin yang akan masuk neraka menanggung beban dosa polwan yang mau taat bukan hanya pada Negara tetapi yang utama pada Allah.

  • True MouseHunter

    Bukan karena ritual ritual seseorang dimurnikan…
    bukan juga karena air seseorang dimurnikan…
    ataupun pakaian2…
    tapi melalui pikiran ucapan perbuatan…

    yah buat apa meributkan penampilan…

    didalam pekerjaan hanyalah ada pekerjaan itu sendiri…

    misalkan seorang gamers sibuk menambahkan agama mulu…
    apa esensi dari ngegame itu sendiri?
    tujuan mncari kesenangannya malah terlupakan…

    landasan agama sbg pedoman hidup manusia itu baik…
    namun klo terlalu berlebihan???

    pikirkan sendiri deh…

    • Wila Salam

      eeeehhhh dasar ente mah sekuler sejati. Apanya yg berlebihan brow??? Emang makhluk hidup mah dari awal melek tidur sampe tidur lg juga kudu di atur agama/Alloh SWT. Emang ente lahir ke dunia fana ini tanpa melibatkan sang Pencipta? siang malam, detik demi detik, ente pikir bisa hidup tanpa izin dari sang Pencipta? ente pikir hidup/mati manusia bs di skenario sm dirinya?

      Pola pikir ente yg hrs di robah.

  • Dhiyaa Elhaq

    PERATURAN ALLAH LW BILANG GAG DOSA ! DI ALQURAN JELAS ADA KEWAJIBAN MENUTUP AURAT , PERATURAN BOLEH LU UBAH SEMAU LU , TAPI KALAU PERATURAN ALLAH YANG LW RUBAH , SAMPE BILANG GAG DOSA ….PASTI ADA GANJARAN SETIMPAL BUAT ENTE KEPALA KAPOLRI INDONESIA,KALAU TIDAK DI DUNIA ..DI AKHIRAT ..

  • moh zaet

    duh pak kapolri apa bpk da siap menanggung dosa anggota polwan, ini aturan Allah bukan buatan manusia, bgitu mudahnya mngatakan tidak berdosa.. klo hanya mengubah peraturan buatan manusia itu mudah.. astaghfirulloh

  • Ririn Purwatih

    Pak.. memakai jilbab/hijab bagi wanita itu hukumnya wajib. Bukan hanya sebagai ciri khas muslim tetapi itu perintah Allah. Dan sudah jelas dalam Al-Qur’an Surah Al Ahzab :59 dan Surah An Nuur:31

  • choy

    Aturan yang mana duluu itu…emangnya pakai jilbab itu bukan aturan
    boss?itu malah aturan dari Tuhan, yang sudah ada jauh sebelum aturan ttg
    polwan lahir,bahkan sebelum polwan nya itu sendiri lahir..
    So..masa aturan Tuhan dikalahkan sama aturan manusia yang notabenenya adalah ciptaan Tuhan…
    Dunia memang sudah tua…
    Banyak orang memutar balikkan logika hanya untuk kepentingan dunia semata yg fana..
    Walloohu a’lam bisowaab…

    • kodok

      Tuhan gak perlu ngurusin jilbab mas bray…

      Masih banyak orang-orang kelaparan dan menderita kemiskinan. Mending yang itu duluan yang tuhan urusin. Kalau memang niat.

      • FAS

        Sampeyan ga faham betapa penting perintah Allah ta’ala buat seorang muslimah yang taat.

        Allah ta’ala tidak menciptakan manusia dan jin melainkan untuk beribadah pada Nya.

        Mengatasi masalah kelaparan dan kemiskinan itu penting karena itu juga salah satu bentuk ibadah, tp jilbab jg penting karena itu juga sebuah kewajiban.

      • Matahari Hua

        mas kodok g ngerti agama namanya saja KODOK .atau bukan beragama islam .perlu you tau ya. urusan jilbab urusan dasar wanita muslimah apapun profesinya . karna dalam keyakinan agama islam yang benar tidak berjilbab itu menjadi penyebab murka Allah . kalau urusan kelaperan mah gampang . suruh pejabat2 itu qona’ah ( menerima keadaan ) jangan rakus nanti uang negara bisa di bagi pada rakyat miskin . dak ada urusan lapar sama jilbab . maka jangan di kaitkan.

      • Jajaka Shaleh

        pasti pemyembah yesus ditiang jemuran

  • Nobel GhinachToemidjchan

    “Polri itu kan memiliki peraturan seragam kepolisian (gampol) yang diatur oleh ketentuan dan aturan. Mengubah aturan itu harus kami lakukan secara benar melalui kajian dan melalui pertimbangan yang banyak,” katanya.

    kalau soal jilbab aja banyak aturan dan ngk boleh dilanggar, tp dalam tubuh polri banyak tuh aturan yg dilanggar oleh anggota nya

  • Agus Setyasmono

    Kalo betul menegaskan tak ada jilbab/hijab untuk polwan,maka kapolri berani mengambil resiko untuk mempertanggung jawabkan dihadapan Allah swt..karena itu betul2 super perintah dari Allah,mumpung belum terlanjur segera rubah peraturan_ harus berjilbab bagi polwan yg muslimah..tidak akan mengurangi wibawa dan justru akan menjadikan barokah ditubuh polri, dan pahala yg banyak buat pak Kapolri..begitu aja beres

  • Ronald Cameron

    Emang tidak dosa tapi menurut pak kapolri. Kan pak kapolri baru terima wahyu dari malaikat Jibril, kalau polwan ikuti aturan polri yang berlaku saat ini dengan tidak memakai jilbab tidak berdosa

  • suciani

    berjilbab menutup Aurat adalah aturan Allah yang wajib dilaksanakan, pak Kapolri. Aneh…kita masyoritas islam tapi pemikiran pemerintahan termasuk kapolrinya, pemikiran sekulerisme….Apakah anda siap mempertanggungjawabkan dosa seluruh polwan di Indonesia, pak?

  • Wila Salam

    ssssstttt….statement Kapolri mah titipan alias pesanan dari bos nya Presiden kita, ga percaya? cari deh info-nya dan sebarkan!!

  • Arun Haryanto

    Seharusnya aturan dunia tidak bertentangan dengan aturan Allah Swt. bos! Anda adalah seorang pemimpin, konsekuensi dunia hanya sebatas di dunia. Namun konsekuensi melanggar syariat Allah akan anda tanggung sepanjang kehidupan akhiratmu, yang tiada berujung!

  • Abdul Muis Muse

    itu aturan aturan manusia…ga berdosa di hadapan kapolri…dihadapan allah SWT..jelas berdosa….aturannya alquran…

  • Andri Cahya

    jika wanita muslim membuka kerudungnya, maka 1 helai rambut tersebut akan dibayar dengan 70.000 tahun di neraka, bayangkan kalau rambutmu itu 1.000.000 helai, berarti kamu akan dineraka selama 70.000.000.000 tahun, jika dikalikan dengan tahun, entahlah hasilnya, pokoknya banyak tahun dineraka, jadi pesan saya kepada para polwan, tutuplah auratmu, kasihan yang ngeliat, jadi kena imbasnya(dosanya), dan 1 lagi, apa juga tidak rugi ta, kalau auratmu dilihat sama orang yang bukan muhrimmu? lebih baik keluar dari kepolisian, daripada di neraka, toh berkerudung itu udah kewajiban seorang muslimah, dalil udah dijelaskan dibawah tuh,

  • Matahari Hua

    kalau bisa di usulkan … coba buat pengajian untuk para polisi. taat sama atasan itu wajib . tetapi jendralnya jendral itu Allah . penting menjadi islam yang faham akan islamnya . darimana pak jendral ini tau atau berani menjamin wanita tidak berjilbab itu tidak berdosa . hati2 ngomong itu . !!!

  • Asyiah Doang

    NIH KAPOLRI MUSLIM BUKAN SIIICH??????
    KOQ BERANI AMAT YA MENGELUARKAN PERNYATAAN “TIDAK BERDOSA”???
    BELAJAR LAGI GIH JENDRAL SONTOLOYO…

  • odoy

    Bentar lagi ada gunung yg meledak lagi kalo ga musibah yg sangat dasyat kayak sunami di aceh gara2 hukum ALLLOH di tentang….coba ya kita liat saudara2…..kan sebelum2 juga begitu….kita liat aja nanti…

  • Ridwan Nirwana

    Ana kepengen tahu nih kapolri entar matinya (sakaratul mautnya ) kaya gimana yah????

  • Guest

    jilbab mah wajib atuh bossssss……mengikuti aturan mah laen persoalannnn…..aduhhhh gimana sihhhhh belajar ngaji lagi dehhhhhhh

  • Rahma Fitria Ningsih

    berani nanggung dosa ny pak? hukum bki2nan manusia aj d bela2in smpai titik darah pnghabisan, masa peraturan dr Sang Pncipta & penguasa manusia dicuekin?

  • Medil Hay

    duluan mana aturan anda dibuat dengan aturan Allah Swt

Lihat Juga

Komjen Pol Tito M Karnavian. (Republika.co.id)

Jokowi Pilih Tito Jadi Calon Tunggal Kapolri, PDIP Terkejut