Topic
Home / Berita / Daerah / Antusias Warga Palembang Bangun Rumah Tahfizh Sangat Tinggi

Antusias Warga Palembang Bangun Rumah Tahfizh Sangat Tinggi

Antusias anak-anak dalam mempelajari Al Quran - Foto: inhusatu.com
Antusias anak-anak dalam mempelajari Al Quran – Foto: inhusatu.com

dakwatuna.com – Palembang.  Partisipasi warga Kota Palembang, Sumatra Selatan, membangun lembaga pendidikan agama Islam dan penghafal Al quran atau yang dikenal dengan Rumah Tahfizh dinilai cukup tinggi.

Jumlah Rumah Tahfizh di Kota Wong Kito pun kian hari terus bertambah. “Hari ini berdiri satu lagi Rumah Tahfizh Khairunnisa di kawasan permukiman penduduk di Jalan Sersan Sani Sekip Ujung Palembang,” jelas Ustadz Masaqus Fauzan Yayan di Palembang, Sabtu (8/3).

Menurut Ustadz Masaqus Fauzan Yayan, berdirinya rumah tahfizh tersebut atas swadaya masyarakat setempat, Ade Karyana, mantan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Lebih lanjut Ustadz Masaqus Fauzan Yayan menjelaskan, Rumah Tahfizh Khairunnisa diambil dari nama putri bungsu mantan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel tersebut.

Dengan berdirinya Rumah Tahfizh tersebut, Forum Rumah Tahfizh Sumsel memiliki anggota baru yang ke-71. Diharapkan dalam satu bulan ke depan segera menyusul diresmikan beberapa anggota baru.

Menurut dia, Rumah Tahfizh yang dirintis Ustadz Yusuf Mansur itu mengalami perkembangan yang cukup baik di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini.

Jumlah pesantren mikro yang merupakan jenjang lanjutan taman pendidikan Al quran (TPA) itu terus ditambah hingga mencapai target minimal yang diharapkan sebanyak 100 unit tersebar di seluruh wilayah Sumsel yang memiliki 11 kabupaten dan empat kota.

Dari 71 Rumah Tahfizh yang ada sekarang ini, bentuknya tidak seragam. Ada yang berbasis masjid, ada yang menjadi program sekolah, ada yang dibina oleh instansi perusahaan, serta ada juga yang didirikan atas pribadi sebuah keluarga. (ROL/sbbdakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization