Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Ketua Liga Arab Tolak Akui Israel Negara Yahudi

Ketua Liga Arab Tolak Akui Israel Negara Yahudi

Ketua Liga Arab, Nabil Elaraby - Foto: voaindonesia.com
Ketua Liga Arab, Nabil Elaraby – Foto: voaindonesia.com

dakwatuna.com – Kairo.   Ketua Liga Arab Nabil Elaraby mendesak negara-negara Arab untuk mengambil tindakan tegas terhadap permintaan Israel. Sebelumnya Israel meminta Palestina mengakuinya sebagai sebuah negara Yahudi.

Elaraby menolak permintaan tersebut. Berbicara Ahad (9/3) kemarin di pertemuan Menteri Luar Negeri Arab di Kairo, Elaraby menyebut konsesi itu sebagai penyimpangan dari kesepakatan kerja untuk pembicaraan damai.

Pekan lalu, pemimpin Palestina Mahmoud Abbas mengatakan tak akan mengakui Israel sebagai negara Yahudi. Ia juga mengatakan tak ada cara lain, wilayah Yerusalem Timur akan menjadi ibukota Palestina.

Elaraby menggambarkan permintaan Israel sebagai upaya menggagalkan perundingan. Hal itu juga menurutnya sebagai seruan evaluasi ulang dari negosiasi. Sementara Abbas dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Gedung Putih.

Pertemuan 17 Maret mendatang, merupakan bagian dari upaya AS untuk menekan kedua pihak menuju proses perdamaian. Putaran pembicaraan damai Palestina-Israel dimulai akhir Juli tahun lalu. Palestina selama ini menginginkan sebuah negara di Tepi Barat, Jalur Gaza dan Jerusalem Timur. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization