Home / Berita / Nasional / Depok Targetkan Bebas Sampah pada 2020

Depok Targetkan Bebas Sampah pada 2020

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail (dua kanan), meninjau Bank Sampah Depok Merdeka 1 - Foto: kabar24.com
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail (dua kanan), meninjau Bank Sampah Depok Merdeka 1 – Foto: kabar24.com

dakwatuna.com – Cilodong.  Sebagai bentuk kepedulian lingkungan, Pemerintah Kota Depok menggelar Deklarasi Depok Peduli Sampah yang dilaksanakan di lapangan tembak Kostrad Cilodong, Ahad (9/3). Deklarasi bertajuk “Menuju Depok Bersih Sampah 2020” tersebut merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Sampah di Surabaya yang dilaksanakan tanggal 24 Februari 2014 lalu.

Dalam deklarasi tersebut, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail turut hadir bersama 30 Walikota dan lima Bupati lainnya. Deklarasi dibawakan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya.

Nur Mahmudi mengatakan, deklarasi ini merupakan komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk mengelola sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dan dunia usaha agar tidak mencemari lingkungan hidup dan mengganggu kesehatan masyarakat. Selain itu, ia mendorong peningkatan upaya pengelolaan sampah melalui pelaksanaan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

“Kita mendorong pembudayaan 3R pada seluruh masyarakat dalam mengelola sampah dimulai dari diri sendiri,” ujar Nur, Ahad (9/3).

Nur mengharapkan, warga Depok khususnya dapat mengubah cara pandangnya bahwa sampah bukanlah masalah, tapi sumber daya yang bermanfaat. Timbunan sampah di Kota Depok dapat dikelola dengan target sampah terolah melalui 3R minimal sebesar 20% pada tahun 2020 mendatang.

Saat ini Depok sudah mempunyai undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Peraturan ini diharapkan bisa berjalan maksimal.

Deklarasi tersebut akan diikuti oleh Civitas Akademisi, Pelaku Usaha, Tokoh Agama, Organisasi Masyarakat, Camat, Lurah, LPM, RW dan RT se-Kota Depok. Deklarasi juga akan dihadiri oleh Walikota Depok, Wakil Walikota Depok, dan Sekretaris Daerah Kota Depok, para Asisten dan Kepala OPD Kota Depok. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Keluarga Besar Mahasiswa Kelautan UNHAS Gelar Aksi Bersih Pantai dan Laut Losari