Home / Berita / Daerah / Katulampa Siaga III, Warga Jakarta Diminta Waspada

Katulampa Siaga III, Warga Jakarta Diminta Waspada

Bendungan Katulampa di Sungai Ciliwung Bogor yang mengalir ke Jakarta. (foto: nrmnews.com)
Bendungan Katulampa di Sungai Ciliwung Bogor yang mengalir ke Jakarta. (foto: nrmnews.com)

dakwatuna.com – Bogor.  Hujan dengan intensitas lebat masih mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat. Pada pukul 16.00 WIB, ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor naik hingga 90 centimeter atau status Siaga III.

Kepala Pengawas Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan sejak pukul 08.00 WIB ketinggian air masih normal. Namun, pukul 15.00 WIB naik menjadi 100 cm dan turun kembali sekitar pukul 15.30 WIB menjadi 90 cm. Jika pada angka 90 cm, diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 113 ribu liter per detik.

“Namun, angka ini bisa bertambah jika di Puncak turun hujan lagi,” katanya saat ditemui di Bendungan Katulampa, Bogor, Sabtu (8/3/14).

Naiknya ketinggian air Bendungan Katulampa dikarenakan wilayah Puncak seperti Rindu Alam, Cisarua, dan Gadog diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. “Jam 4 sore langsung 100 cm atau siaga III,” jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini untuk wilayah Puncak sendiri kondisinya masih mendung, namun disertai dengan hujan intensitas ringan dan sedang. “Puncak masih terpantau gerimis halus,” ungkapnya.

Andi juga menjelaskan untuk batas normal ketinggian air di Bendungan Katulampa adalah di bawah 50 cm. “Volume airnya di bawah 50 cm tersebut di bawah 35 ribu liter per detik itu normal,” jelasnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

“Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini,” imbau Andi. (Muhammad Ali/liputan6/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

@Nana Sudiana / PKPU

Garut, You’ll Never Walk Alone

Organization