Home / Berita / Nasional / Tak Etis Jokowi dan Ahok Maju Bersama di Pilpres

Tak Etis Jokowi dan Ahok Maju Bersama di Pilpres

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Foto: terasjakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Foto: terasjakarta.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Menjelang Pilpres 2014, peta perpolitikan di Indonesia semakin sulit untuk diprediksi. Sebut saja misalnya wacana pengusungan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wagub Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Pengamat Komunikasi Politik Universitas (UI) Effendi Ghazali menilai wacana pengusungan dua pejabat DKI Jakarta di Pilpres mendatang, sangatlah tidak etis.

Ia menilai mungkin tidak masalah jika salah satu diusung, namun jika Jokowi yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta diusung sebagai Capres, dan Basuki Tjahaja Purnama diusung menjadi Cawapres, maka hal tersebut melanggar etika politik.

“Kalau dalam kondisi normal, orang melihat tidak etis jika keduanya (Jokowi-Ahok) pergi (ke tingkat nasional). Dua-duanya mau didorong maju, pasti ada publik yang tidak setuju,” ujarnya, Kamis (6/3/2014).

Menurutnya, hingga kini memang belum ada kepastian soal majunya Jokowi dan Ahok di Pilpres 2014. Namun jika hal itu benar, maka peta politik akan berubah. “Yang luar biasa kalau tiba-tiba keduanya maju sebagai paket (pasangan Jokowi-Ahok). Belum terbayang sama sekali,” tandasya.

Sebelumnya, nama Jokowi santer dikabarkan akan diusung oleh PDI Perjuangan sebagai Capres atau Cawapres 2014. Hal ini didasari atas elektabilitas Jokowi sebagai Capres sangat tinggi disemua survei.

Selain itu, Partai Gerindra juga tak mau ketinggalan dengan PDI Perjuangan. Bahkan Gerindra berencana menarik Ahok untuk menjadi Cawapres pendamping Prabowo. (bay/inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ulama Minta Umat Islam Kawal Kasus Ahok