Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Ilmuwan Portugal Temukan Dinosaurus Terbesar

Ilmuwan Portugal Temukan Dinosaurus Terbesar

Tyrannosaurus Rex alias T-Rex - Foto: carnivoraforum.com
Tyrannosaurus Rex alias T-Rex – Foto: carnivoraforum.com

dakwatuna.com – Lisbon.  Para ilmuwan Portugal mengidentifikasi berbagai temuan dari apa yang diduga sebagai pemangsa terbesar yang pernah hidup di daratan Eropa.

Kumpulan fosil dari dinosaurus itu diangkat dari sebuah jurang di Praia da Vermelha di utara Lisbon, Portugal.

Mengutip BBC, makhluk karnivora yang dikenal dengan nama Torvosaurus Gurneyi ini diperkirakan memiliki panjang 10 meter dan bobot hingga 5 ton.

Sejumlah aspek lain tentang dinosaurus ini juga dideskripsikan di edisi terbaru jurnal Plos One. Hewan ini dikategorikan sebagai theropod, yaitu pemangsa daging berkaki dua yang bisa diduga sebagai jenis Tyrannosaurus Rex alias T-Rex.

Namun Torvosaurus hidup di masa yang lebih awal dari T-Rex, yakni di akhir periode Jurassic, sekitar 150 juta tahun silam.

“Kita semua tahu tentang T-Rex, tapi Torvosaurus ini adalah hewan yang berbeda,” kata Prof Octavio Mateus dari New University of Lisbon.

“Dinosaurus kami adalah Jurassic. Perbedaan usianya sangat mengejutkan, yaitu 80 juta tahun. Jadi ketika T-Rex berjalan di muka Bumi, Torvosaurus sudah menjadi fosil,” imbuhnya. (mor/inilah/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Erdogan Memuji Cristiano Ronaldo

Figure
Organization