Home / Berita / Internasional / Asia / Di Henan, Imam Perempuan Pegang Peran Penting

Di Henan, Imam Perempuan Pegang Peran Penting

Remaja Muslimah Cina - Foto: uniqpost.com
Remaja Muslimah Cina – Foto: uniqpost.com

dakwatuna.com – Zhengzou.  Seorang perempuan begitu lihai merangkai tulisan dalam bahasa Arab. Perempuan itu adalah Ge Caixia. Ia salah satu iman, yang memimpin 50 jamaah perempuan berusia tua.

Ia biasa memimpin shalat, kecuali shalat jenazah. “Ketika kita melaksanakan shalat jenazah, maka kaum pria yang memimpin,” kata dia seperti dilansir abcnews.com, Kamis (6/3).

Selama dekade terakhir, Muslimah di provinsi Henan, Cina Tengah, telah memimpin Muslimah lain untuk shalat dan mengajarkan mereka nilai-nilai Islam. Rutinitas ini telah berlangsung sejak abad ke-18.

“Ini terjadi karena perempuan Muslim ingin belajar studi agama. Itu mengapa mereka mulai membuka kelas perempuan,” ucap peneliti Shui Jingjun.

Menurut data resmi pemerintah Cina, negara itu memiliki populasi Muslim sebanyak 20 juta jiwa. Kebanyakan dari mereka terkonsentrasi di Xianjiang, Ningxia, Gansu, Qinghai dan lainnya. Secara tidak resmi, komunitas Muslim Cina memaparkan ada 65-100 juta jiwa atau 7.5 persen dari populasi Cina.

Bagi Ge dan komunitas Muslim Cina di Henan, keberadaan imam perempuan bukanlah masalah. Islam telah mengatur itu, dan sebagai Muslim, mereka mematuhi aturan tersebut.

Semisal saja, imam perempuan hanya memimpin jamaah perempuan ketika hendak melaksanakan shalat berjamaah. Ketika ada imam laki-laki kebetulan hadir dalam masjid tersebut, maka imam laki-lakilah yang memimpin shalat.

Contoh lain, perempuan Muslim Henan bisa menjadi imam asal telah memenuhi syarat.
” Menjadi imam perempuan memerlukan keahlian khusus , Anda harus memiliki pengetahuan yang sangat mendalam dan menyeluruh dari agama. Lalu, Memiliki kepercayaan diri dan tanggung jawab untuk memenuhi panggilan ini,” ucap Ge. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 6,20 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi - Perempuan berkerudung. (flickr.com / Zarfique Blindgraphique)

Perempuan di Kereta