Home / Berita / Nasional / Terpilih Jadi Hakim MK, Aswanto: Jika Salah, Saya Siap Mundur

Terpilih Jadi Hakim MK, Aswanto: Jika Salah, Saya Siap Mundur

Calon hakim Mahkamah Konstitusi Aswanto ketika mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di hadapan tim pakar dan anggota Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/3/14). (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Calon hakim Mahkamah Konstitusi Aswanto ketika mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di hadapan tim pakar dan anggota Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/3/14). (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

dakwatuna.com – Jakarta. Hakim konstitusi yang baru saja terpilih, Aswanto berjanji dirinya siap untuk mengundurkan diri dari jabatan hakim konstitusi apabila terbukti melakukan tindak pidana korupsi atau suap.

“Saya tidak akan takabur. Tapi dengan dukungan, dorongan, dan pengawasan teman-teman media, insya Allah ketika ada kesalahan saya, tidak perlu diperiksa, cukup saya mengundurkan diri,” janjinya.

Disamping itu, Aswanto juga akan menegakkan budaya malu di lembaga yang akan ditempatinya. Rektor Universitas Hasanuddin Makassar ini mengaku tidak akan terjerembab dalam godaan suap seperti kasus yang menjerat mantan Ketua MK, Akil Mochtar.

“Saya kira, budaya malu perlu ditegakkan,” kata Aswanto saat ditemui seusai rapat paripurna di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Aswanto adalah satu dari 11 calon hakim konstitusi yang mengikuti seleksi di Komisi III DPR. Tim pakar seleksi kemudian merekomendasikan 4 nama calon termasuk Aswanto. Aswanto dan Wahiduddin Adams kemudian terpilih menjadi hakim konstitusi berdasarkan hasil pemungutan suara di Komisi III DPR.

Keduanya akan mengisi kursi hakim konstitusi yang kosong setelah mantan Ketua MK Akil Mochtar ditahan KPK terkait kasus suap sengketa pilkada dan Harjono yang pensiun pada Maret 2014. (Ismoko Widjaya/liputan6/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Mahmoud Abbas, presiden Otoritas Palestina. (islammemo.cc)

Channel TV Israel: Mahmoud Abbas akan Mengundurkan Diri Dalam Dua Bulan Mendatang