Home / Berita / Internasional / Afrika / Inilah Saleh Dido, Muslim Terakhir yang Baru Saja Dibunuh di Kota Mbaiki, Afrika Tengah

Inilah Saleh Dido, Muslim Terakhir yang Baru Saja Dibunuh di Kota Mbaiki, Afrika Tengah

Saleh Dido, Muslim terakhir kota Mbaiki, Afrika Tengah (rassd)
Saleh Dido, Muslim terakhir kota Mbaiki, Afrika Tengah (rassd)

dakwatuna.com – Bangui. Saleh Dido, adalah warga Muslim terakhir yang berada di kota Mbaiki, wilayah Lobaye, Afrika Tengah. Sebelumnya, Dido, yang merupakan wakil walikota Mbaiki ini, menolak untuk meninggalkan kota bersama rombongan warga Muslim yang mengungsi ke kota atau negara lain.

Tiga pekan lalu, presiden Afrika Tengah (Catherine Samba-Panza) dan menteri pertahanan Perancis (Jean-Yves Odrian) mengunjunginya. Saat itu walikota Mbaiki menegaskan dan berjanji akan memberikan perlindungan kepada Dido. “Kami akan berusaha melindungi Saleh Dido, karena dia saudara kami,” demikian kata Raymond Mongbanda, walikota Mbaiki.

Saleh Dido bersikeras tetap tinggal di Mbaiki, karena pemerintah Afrika Tengah dan Perancis berusaha untuk menjadikan kota ini sebagai percontohan dalam kerukunan dan rekonsiliasi antar umat beragama. Sebelumnya, dalam rentang waktu 4 hingga 12 Februari, ribuan warga Muslim telah pergi meninggalkan kota untuk mengungsi di tempat lain.

Saat diajak kerabatnya untuk turut mengungsi, Dido mengatakan, “Aku dilahirkan di sini. Aku lahirkan anak-anakku di sini. Aku adalah anggota dalam pemerintah kota, dan nasionalis. Kenapa aku harus mengungsi?”

Menurut investigasi Amnesty International, orang-orang tak dikenal datang ke tempat tinggalnya. Dido melarikan diri dan mencari perlindungan di sebuah kantor polisi. Namun di tengah jalan, sekelompok milisi Kristen menghadang dan menyembelihnya. (msa/dakwatuna/rassd)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (45 votes, average: 8,42 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Ridwan Sain Mastaman

    Insya’allah balasan dari ALLAH SWT akan sangat kejam dari itu, bahkan bisa saja lenyap dari permukaan bumi seperti kaum Nabi Lut yg zolim

  • Hamba Allah

    Innalillahi wa inna ilaihi roji’uun.

  • Lina Farida

    Innalillahi wa inna ilaihi roji’uun. what happened with this religion… they killed our muslim in this country. and they want to built the peace country with the different religion. and they killed our muslim… ckckck..

    • Guest

      There is something wrong with those who claim religion but they act like animals. Even more sadistic than that. They are the devil / demon that resembles a human being. If real human will not act like that.

    • indarsyahn

      there is something wrong with those who claim religion but they act like animals. Even more sadistic than that. They are the devil / demon that resembles a human. If they’re real human I believe will not act like evil/saytan or iblis.

      • Rien Soewardji

        Remember, we are in the era of the antichrist systems. Yes the king of the seen evil is here. Beware of him. He is the biggest trial for Muslims. Knowing the signs of his systems will make us safe from his tricks. In shaa Allah.

  • Sejuki

    Itulah ajaran cinta kasih orang Kristen…….. Bantai sampai habis, termasuk perempuan dan anak-anak bahkan hewan ternak milik orang Islam sekalipun. Itulah belang cinta kasih mereka yg sesungguhnya.

    • thecutecat

      Maaf sebelumnya. Janganlah membenci terlalu buruk sehingga lupa bahwa islam mengajarkan keadilan. (QS. Al Maa’idah: 8)

      Orang islam dan kristen sama saja.. ada yang baik dan ada yang tak baik.
      Dan ALLAH menjanjikan kemenangan, kesejahteraan dan Ridho-NYA bagi umat islam yang baik (= bertaqwa).

      • laila

        kalau cara kaum kristen biada dan membantai orang seperti ini, dibenci dgn buruk aja tidak cukup, pastasnya dilakna sekalian..

        • thecutecat

          @disqus_4GN2xcXByt:disqus : Setuju untuk melaknat pelaku pembantaian tersebut. :)

        • OTNAY Garut tea

          makanya kita butuh pemimpin umat yang mampu melindungi rakyatnya demi keadilan.Seagama berarti saudara juga itu bukan kriminal biasa itu penghapuasan agama dan pembantaian umat muslim.membela Agama sangat penting daripada kehidupan dunia yang lain.Mudah-mudahan jadi pemikiran para Khalifah yang mengaku pemimping negara Islam

  • 7annah

    In Sya Allah saudara q se iman yg dibantai di Afrika, telah mendapatkan surga dr ALLAH seperti hal nya masyittah dan keluarganya. semoga yang melakukan pembantaian meresakan azab di dunia ini dan pastinya di akhirat nanti.

  • Dwi Andika Anggoro

    hayooo sauadara-saudara jika di negara kita ini ada warga negara yang dari sana (afrika tengah) yang beragama Non Muslim kita swiping atau kita bantai juga,…negara kita dipijak oleh mereka merupakan najis dan dosa yang tidak terampuni,..dan sangat wajib kita bunuh sebagaimana yang mereka lakuakan pada saudara-saudara kita dengan kejinya membantai membunuh seakan-akan di anggap hewan yang haram,padahal merekalah yang haram dan wajib di musnahkan di muka bumi ini.

    • Rien Soewardji

      Apa bedanya kita dengan mereka kalau bantai dibalas bantai. Jangan sampai kita memberi kemenangan pada Iblis lagi.

  • wea

    disitu tertulis; Saleh Dido bersikeras tetap tinggal di Mbaiki, karena pemerintah Afrika
    Tengah dan Perancis berusaha untuk menjadikan kota ini sebagai
    percontohan dalam kerukunan dan rekonsiliasi antar umat beragama”

    Oh, begitu makna KERUKUNAN bagi Kristen Afrika ??

  • OTNAY Garut tea

    dido merasa sakit ketika mati hanya sekali,tetapi yang membunuh nantinya merasa sakit matinya selamanya di Neraka,semoga dido mendapat tempat dan rahmat NYa.amiiin

  • akmal oku

    Innalillahi wa inna ilaihi roji’uun. semoga saleh Dido benar2 mati syahid mati dijalan allah.

  • Enno Morron

    saling menhormati agama lain itu di perlukan , semua tidak ada perbedaan, manusia di ciptakan untung saling menghormati dan menghargain, meskipun berdebeda kepercayaan atau ras , karna manusia makhluk paling sempurna di beri akal sehat .. semoga konflik antar agama di afrika barat bisa terselesaikan dengan cepat , dan hidup damai kembali ,, Allahuakbar ,, semoga almarhum di terima di sisi allah ,, amin

  • Bob Ardian ST

    ALHAMDULILLAH….SURGA UNTUK MEREKA, MEMPERTAHANKAN AGAMA ISLAM DAN ANTI PEMURTADAN !!! SALAM JIHAD WAHAI DIDO DAN PARA RAKYAT MUSLIM AFRIKA YANG TELAH DI BUNUH OLEH UMAT KRISTEN !!!

Lihat Juga

(Video) Seorang Anggota Parlemen Australia: Kita Dalam Bahaya Dibanjiri Muslim