Home / Berita / Internasional / Amerika / Duta Kebebasan Agama Kanada Dibuat Malu di Turki

Duta Kebebasan Agama Kanada Dibuat Malu di Turki

Muslimah di Kanada (watantoday.net)
Muslimah di Kanada (watantoday.net)

dakwatuna.com – Ankara. Duta  kebebasan dalam beragama Kanada datang ke Turki untuk menanyakan hak-hak warga Yahudi dan Kristen di Turki. Kehadiran mereka ke Turki setidaknya telah menuduh Turki membuat kebijakan yang menzalimi pemeluk dua agama itu.

Namun kehadiran mereka malah memancing reaksi balik yang memojokkan duta besar sendiri. Para pejabat Turki yang menyambutnya mempertanyakan kebebasan dalam beragam di Kanada. Karena beberapa waktu yang lalu Kanada, khususnya di wilayah Quebec, mengeluarkan kebijakan yang melarang kaum Muslimah mengenakan jilbab. Bahkan bukan hanya jilbab yang dilarang, tapi juga semua hal yang melambangkan agama.

Duta tidak bisa menjawab pertanyaan dan kritikan itu. Menurutnya, hal itu adalah urusan dalam negeri yang tidak bisa dijadikannya bahan diskusi saat ini. (msa/dakwatuna/alukah)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (161 votes, average: 8,94 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • resqa dahmurah

    hahaha,, malu sendiri… padam muka…

    • Nugraha Adhy

      Udah..udah, mungkin mbak yg satu ini mgkn baru belajar debat tapi kurang bgtu menyimak topik yang dibahas. Jd bawaannya saking merasa diserang dya kebablasan ‘lari-lari’ ke topik lain. Maklumi aja, lihat aja yang ngasih koment lain sebagian besar nyambung semua kok dari topik, hehehe…

  • Muslim memang terbiasa melakukan kesesatan logika yang disebut dengan tu quoque, yaitu melakukan pembenaran terhadap argumen atau tindakannya dengan cara menyalahkan orang lain..

    • Ivan Bartels

      Anindya cedas. good! (Y)) Beta tambahkan; dr Tu quoque ini terjerat juga sesat pikir lainnya yaitu redherring dimana membahas yg bukan isu yg menjadi topiknya. (Mengingat sifat dr kesalahan pikir informal bisa bertumpuk-tumpuk pd satu kasus)

      • it’s me

        mengusung 3 tuhan sekaligus dalam satu kehidupan (trinitas) itu adalah hal terlucu yg pernah saya dengar apalagi yg berdoa ngadep tembok itu lebih aneh lagi

        • anggita fitria

          Berdoa ngadep tembok maksudnya apa nih ? Menurut gw Ya lebih lucu lg berdoa dengan menjadikan benda yg tdk bergerak sebagai perumpamaan tuhan. Apalagi ia yang di buat berdarah2 lalu dipasung lalu di sembah. Ini lebih aneh bukan?

        • mbak, kami (muslim) tuh bukan ngehadap tembok ya, tapi kami menghadap kiblat. seluruh muslim di dunia ini ketika sholat menghadap ke arah yang sama, yaitu ka’bah sebagai kiblat kami. ketika mati kami juga menghadap ke arah yang sama. bukan sembarang arah. kami punya Tuhan, hanya satu, bukan tiga. Tuhan kami adalah tuhan, yaitu Allah, bukan patung dan tidak seperti manusia yang bisa punya anak. *hanya meluruskan* :) #respect

      • Ageng A. Iz’acenk

        redherring nya dimana?
        Topik pembicaraan nya tentang apa sih emangnya?

      • josh

        Yang bilang Si Anindya cerdas adalah bodoh. Wkwkwk udah jelas2 explainingnya tuh artikel, tp masih ada aja yg T*LOL! Ckckckck “udh 2014 kok goblok gak sembuh2” hahaha COBA BELAJAR BACA DULU YANG BENER..

      • ahyan bakri

        anindya bukan cerdas. tapi bego….

      • Komentar Netral

        wkwkwkwk yang datang jauh2 pengen nyalahin orang siapa?
        Apa lantas terima aja disalahin gitu Mas?
        wkwkwkwk mikir mas, MIKIR!!!

      • Terimakasih, komentar saya sudah saya update, tampaknya muslim2 disini memang terlalu bodoh untuk mencerna kalimat singkat, jadi terpaksa harus dibuat lebih panjang..

        • Komentar Netral

          wkwkwkwk
          baca kalimat ini mbak siapa yg mulai nuduh duluan
          “Kehadiran mereka ke Turki setidaknya telah menuduh Turki membuat kebijakan yang menzalimi pemeluk dua agama itu.”

          baca baek2 dulu mbak
          jangan dibaca dengan kebencian
          ga baik bilangin orang lain bodoh, padahal bisa aja orang yang mbak bilang bodoh itu lebih pinter dari mbak
          wkwkwkwkwk

          • @komentarnetral:disqus
            Tuh kan bodo, bisa bedain mana kalimat langsung dan tak langsung.?? Bisa bedakan kutipan dari narasumber, hasil pengamatan, sama komentar dari wartawan.??
            Capee deh..

          • Komentar Netral

            hahahaha
            kalo gitu gini deh
            emang mbak liat sendiri kejadiannya kaya apa?
            kalau ga tau mending diem aja deh mbak
            saya cuma mengutip dari sumber yang beneran ada tuh diatas
            mbak ngomong ada sumbernya gak mbak?
            hahahaha
            mbak mbak, kalo sakit hati jangan dipendam ga baik atuh
            wkwkwkwkwwk

        • Adham_Sanders

          Tante….???
          Ga usah bnyk nyrocos dech,sblum tante ngajakin debat ,mungkin ada baiknya klo tante liat videonya Dr. Zakir naik sama William campbell.
          Pantengin tuh,terus cerna pke akal sehat,pikir pke logika, you can’t keep hiding from the truth.
          Semoga kita bertemu kelak di kehidupan yg selanjutnya,dan lihat siapa yg akn menangis.

      • anggita fitria

        Cedas ?? Ya nulis aja belepotan lu bang pake komentar pjng2 lg. Hihi…

    • anak baroe

      dan kau sendiri jga melakukan hal yg sama tante..

    • Ageng A. Iz’acenk

      bagian mana yang tu quoque???
      anda yakin kalau itu tu quoque???

    • Yusriza Emir’mantavv’

      jaga ucapan anda dong… klo g suka knpa g keluar aja dr web ini,,, sy rasa di sini ga ada penyesatan tuh,,,

    • josh

      Bahaya jika manusia tidak menggunaan akal sehatnya untuk berpikir, yang benar disalahkan(karena miskin pikiran), yang salah dibenarkan(karena senang menyesatkan/merugikan orang).
      Semoga hati dan pikiran kita(manusia) yang diberikan Allah menjadikan manfaat untuk orang banyak(bukan untuk merasa benar padahal dimata Allah sangat bodoh karena tidak pernah bisa menggunakan akal pikiran dengan baik)
      “Paling akal dipake buat hitung/sekolah, itu juga niatnya cuma buat diri sendiri tanpa pernah niat berbagi(kikir), maka sia-sia lah hidup ketika mati(pikiran sempit selalu berpikir klo hidup enjoy aja, mati masuk surga pdhl dosa selangit, karena pikirannya sempit)” hahaha#lol

      “Hidup pasti untuk suatu tujuan penting, bukan buat bergunjing Agama orang(padahal Agamanya sendiri bikin sesat dirinya) dan sibuk liatin cowok aja neng!” wkwkwk

    • Septi Freedom

      Bukankah itu hal yang sebaliknya?

    • ahyan bakri

      bukan muslim yang melakukan pembenaran terhadap argumen atau tindakannya dengan cara menyalahkan orang lain… bu anindya…. tapi kristenlah yang selalu mennyalahkan muslim, kejadian ini sangat memalukan apakah pelarangan mengunakan jilbab bukan bentuk diskriminasi agama. kalau mau nyalahin orang lain ngaca dululh apakan anda sudah benar….

      • josh

        Sabar pak, Moslem must be patient pak. Hehe
        Namanya jg gak berakal, jd maklumin aja. Hidup dia mah udh ada yg nanggung sih dosanya(jiaaah, bikin dosa sebanyak2nya kaga papa dia mah langsung masuk surga pak), mknya bacot jg asal. Hahaha

      • Yang namanya diskriminasi adalah ketika ada yang diperlakukan tidak adil, melarang penggunaan atribut agama pada SEMUA UMAT BERAGAMA bukan lah bentuk diskriminasi..

        • yihaaa

          kasus di Kanada adalah bentuk diskriminasi antara pemeluk agama dan kaum sekuler. kaum sekuler boleh membawa identitas nilai yang mereka yakini dan banggakan di muka umum, misal: aksesori star trek (penanda fiksi ilmiah modern), che guevera (penanda sosialisme), dll. lalu, kenapa penanda serupa (dlm bentuk lain) tak boleh dibawakan oleh kaum agama? lagipula, negara sekuler tidak mengurusi agama. lalu apa yang terjadi sekarang? ini adalah bentuk kontradiksi dalam dirinya sendiri. ;)

          • @yihaaa:disqus
            Siapa bilang sekuler itu ga ngurus agama.?? Sekuler itu ya ga nyampurin urusan agama sama pemerintahan, membahasi urusan agama dalam ranah publik..

            Yang namanya sekuler yang pembahasannya hanya terkait agama, kalung star trek, che guevara, itu bukan identitas sekuler, itu mah identitas penggemar film dan kaum sosialis..
            Muslim juga boleh pake kalung star trek, Kristen boleh ngefans sama Che Guevara..

            Kenapa yang dibatasi adalah agama.?? Karena agama itu sering bikin masalah..

            Ada orang bunuh2an gara2 film star trek.?? Ga ada..
            Tapi orang ngebom sambil teriak Allahu Akbar itu buaanyaak..

            Ada yang ngefans sama Che Guevara bikin dia bego.?? Ga ada..
            Tapi ada studi yang menunjukkan kalau umat beragama itu cenderung lebih bego ketimbang yang ga beragama.. Walau belum tentu ada hubungan sebab akibat, tapi fakta di lapangan ada muslim yang masih bilang matahari mengelilingi bumi, ada kristen yang bilang kelelawar itu adalah burung, dll..

          • Paimin Duduk Bekerja

            Tapi ternyata teori big bang yang ditemukan ilmuwan modern hanya memperdetail apa yang sudah di umumkan Al-qur’an th 600an..

            Malah mbahmu belum lahir pada saat itu..

            Kalo bukan karena Allahuakbar makmu, bapakmu, embahmu dan dirimu juga masih dijajah negara asing saat ini..
            Dan satu lagi invansi pembunuhan masal gara2 minyak juga ada,

            Kalo loe gw bayar Rp 50M gw suruh ngebom masjid pake atribut kristen mau g..??? Sambil bilang haleluyah gitu..

          • tegaro

            dasar nindya pEA… keblinger ucapan dia… hadeuhh…..

          • Rostang Abdillah

            kalo kaum sekuler (munafik) = ngga beragama = komunis itu ngga bego.. kenapa ya rusia itu runtuh? karena ideologi mereka tidak diterima oleh agama mana saja di bumi ini..
            ngga tau deh kalo di luar angkasa di negeri star trek..
            wkwkwk…

          • rajasegala agama

            mpok dewi kalau kberatan menerima hak asasi atau praturan agama lain yg ditetapkan,. silakan keluar dari indonesia…indonesia binneka tunggal ika..sono balik cina atau balik israel kwakwakwa

          • faisal

            taubat lah kau mba.., -_-

          • Rizky Yanto

            Non,kalau anda gak beragama itu masalah anda,dan muslimah berjilbab itu adalah tuntutan cara berpakaian mereka memang seperti itu.Melepas jilbab berarti membuka aurat bagi mereka.Melarang muslimah berjilbab sama seperti melarang anda berpakaian sesuka anda,Maukah anda dilarang berpakaian?Dan yg beranggapan agama hanya membawa masalah adalah orang2 yg tidak beragama,mereka punya status agama di KTP mereka tapi tidak menjalankan ajaran2nya.Renungkan baik2 jangan2 anda termasuk yg seperti itu.

          • Cakra7

            mas,mBak,Bapak,Ibu,adik…nggak usah dibahas lagi sama orang ini … ini matinya nanti cuma jadi cacing,kodok dan sebangsanya… jadi gak pernah nyambung.

          • yihaaa

            eh, ada balasan toh? moga elu masih idup dan baca ini ya, krn gw lama ga buka email yg berisi notifikasi diskusi ini. :D

            negara sekuler itu ga ngurusi ‘nilai agama’ dalam kehidupan privat warganya. yg terjadi dlm kasus ini adalah: “negara interfere private value & lifestyle”. yakni apa? dlm berbusana! :p

            lu ada problem bedain antara SIMBOL milik kaum agama (salib, tasbih, jilbab, dll), SIMBOL milik kaum sekuler (sesuai dengan definisi sekulerisme, yakni simbol yg tidak terkait dgn agama: star trek, tokoh che, dll) dengan NILAI kaum agama (ajaran, ideologi, preferensi perilaku sesuai ajaran agama) dan NILAI kaum sekuler (filsafat hidup, ideologi, preferensi perilaku sesuai kegemaran non-agamawi: hobi, profesi, dll.)

            boleh2 aja elu berargumen agama harus dibatasi karena umatnya bikin kacau. terserah.. tp generalisasi elu menunjukkan kelas akal-budi elu dlm menilai sesuatu.

            yg jelas, itu ga relevan dgn diskusi kita soal; SIMBOL AGAMA. apakah mrk yg pake simbol salib langsung jadi teroris, pake simbol budha jd pembunuh, dst? pake jilbab pasti pengebom? klo engga, maka ga ada alasan sahih (DALAM LOGIKA KAUM SEKULER) yg melarang pemakaian simbol agama di muka umum.

            yg namanya SIMBOL ya simbol. dia bukan NILAI yg masuk atau memengaruhi SISTEM PEMERINTAHAN. begonooo..

          • Rostang Abdillah

            sekuler = kaum munafik

        • Der Fuehrer

          Kamu itu ngomong apa kumur-kumur, melarang penggunaan atribut agama pada SEMUA UMAT BERAGAMA? kamu pakai referensi keadilan dari mana? atau dari siapa itu? Eropa? Amerika? atau dari siapa? Tidak ada yang ngomong gitu….Asal ngomong aja kamu ini.

          • Rostang Abdillah

            karena sekuler = munafik

        • riska

          Saya org nasrani mba anindya tp kok sya malu dg komentar mba anindya.melarang org utk tdk berjilbab sdgkan berjilbab adalah suatu hak muslim yg hrs kita hormati spy jika kita beribadah di mayoritas muslim kita jg bs dihormati.sya sgt menentang yg tdk bs menghormati agama lain seolah kita yg benar.ingat kebenaran hanya milik Tuhan.sya baca kiment mba anindya kyke gk layak n pantas bagi org yg berpendidikan n beragama.papa mama ade sara saja mengampuni asifa n hafid.shrsnya kita mncontoh mreka bkn mencela agama lain.kita hrs slg memnghormati n jgn slg menghina.kristen agama yg kasih maka kasihilah spapun.islam adlh agama yg Indah maka haruslah mengindahkan toleransi.kita sma2 pny hak utk beriman n jgn jdkan bahan cacian maki

          • Eny Zulaikha

            saya seorang muslim,dan sy sepakat dgn apa yang anda katakan,setiap agama membawa kebaikan,jd hrs ada kebebasan dan rasa saling menghormati antar agama,dan tdk boleh saling menyerang

        • Rostang Abdillah

          hari gini masih ngebelain “komunis”.. ???
          pejabat negara kanada disumpah apa ngga waktu pra jabatan?
          kalo ngga.. ya benar saja kalo mereka dibilang sekuler..
          kalo disumpah.. pake sumpah agama apa sih?
          bukan kah itu juga sama saja negara masih punya simbol agama?
          *sebenarnya sekuler = munafik

          • emka satya

            Uhhmm… Bukannya jelas ya, ini topik tentang agama yang diurusi pemerintahan, dan voila! Caci maki di mana-mana. Kalo pemerintahannya sekuler, ga ngurusi agama, biarkan agama cukup pada individu masing-masing, topik ini ga akan tertulis dan ga ada orang-orang yang saling caci maki, dan semua bisa beribadah dengan tenang.

            Sekuler itu bukan munafik, apalagi komunis. karena bukan tidak memerlukan agama dalam pemerintahan. Cuma memisahkan kepentingan agama dan negara, meletakkannya di dua piring yang berbeda tapi di meja yang sama. Apalagi negara-negara di atas bukan negara berbasis suatu agama, lain lagi kalau perdana mentru tsb mengunjungi Arab Saudi, atau Brunei, misalnya.

        • gojel

          Jilbab itu bukan atribut agama mbak. tapi alat untuk menutup aurat. klo orang melarang wanita muslim memakai jilbab sama dengan melarang laki2 muslim make celana.

    • rairamegumi

      siapa yang duluan menyalahkan orang lain?…pihak turki hanya bertanya saja…klo komen pake otaknya dong tante..

      • josh

        Namanya jg gak berakal, jd maklumin aja. Hidup dia mah udh ada yg nanggung sih dosanya(jiaaah, bikin dosa sebanyak2nya kaga papa dia mah langsung masuk surga), mknya bacot jg asal. Hahaha

      • yuza

        Cm cri sensai ja lah to org…sabar wrga muslim jgn trpengaruh sm ocehan yg gx penting..

      • Pertanyaannya siapa yang lebih dulu mengira menyalahkan negara lain, si Duta Kanada kan hanya bertanya tentang hak, kenapa pertanyaan itu dikira tuduhan bahwa Turki tidak menjamin kebebasan beragama.??

        Ketika menanyakan hak,maka itu ada kaitannya dengan kesetaraan, bukan tentang kebebasan beragama.. Hak itu kan bukan cuma terkait agama, bisa hak untuk mendapatkan pelayanan publik, hak untuk dijamin keamanannya, dll..

        • rairamegumi

          nah pihak Turki juga menanyakan hak kebebasan beragama di Kanada…faktanya pihak Kanada tidak bisa menjawab karena merasa salah…kebebasan beragama ituh hak asasi loh tante…naaah saya tanya sekarang tante sekolahnya di mana siiih?…kok masih bego siiiih…komentar yg diperpanjang tidak membuat anda menjadi benar dan pintar malah makin keliatan begonya…what a pathethic person kamu tuh..

        • Tito Vilanova

          Mba Anindya, apakah pantas orang mempertanyakan keadaan orang lain padahal dia sendiri belum melakukannya.

          Itu sama dengan MALING teriak MALING.

          Semut di seberang lautan kelihatan, tapi GAJAH di pelupuk mata tdk kelihatan.

          ALIAS NGACA DULU SONO !!!!!!

        • rajasegala agama

          Mpok tamat sd saja ya???

    • Den Bagus

      Argumen yang bodoh. Baca beritanya dengan seksama. Itu menteri Canada mempertanyakan tentang kecurigaan represi pemerintahan Turki terhadap kebebasan beragama. Lha ditanya balik tentang kebijakan di Kanada, kok diam dan justru menyalahkan orang lain dg jawaban: “hal itu adalah urusan dalam negeri yang tidak bisa dijadikannya bahan diskusi saat ini”. Mamangnya urusan Turki urusannya Kanada?? ORKRIS BODOH….

      Kesimpulan: Negara-negara yang dipimpin KRISTEN itu yang sebenarnya melakukan kesesatan logika, bukan hanya dalam kebijakan pemerintahan saja, tetapi juga pemikiran menggubah dan mengarang ayat-ayat bibel.

    • si pitung

      masih punya muka ya..? emang nya ga malu gitu..?

    • Komentar Netral

      “Kehadiran mereka ke Turki setidaknya telah menuduh Turki membuat kebijakan yang menzalimi pemeluk dua agama itu”. Dari kalimat itu siapa yang mau nyalahin negara lain Mbak? Apa lantas terima aja disalahin gitu Mbak?

      “Karena beberapa waktu yang lalu Kanada, khususnya di wilayah Quebec, mengeluarkan kebijakan yang melarang kaum Muslimah mengenakan jilbab. Bahkan bukan hanya jilbab yang dilarang, tapi juga semua hal yang melambangkan agama”. Terus kalau seperti kalimat ini, untuk apa mbak organisasi yang katanya kebebasan agama ini dibentuk?

      • Kebebasan beragama bukan berarti kebebasan menjalankan ibadah agama, di Singapura kebebasan beragama dijamin, anda boleh menganut agama manapun, tapi muslim tetap dilarang teriak2 adzan pake toa..

        • Komentar Netral

          berarti bukan “bebas” itu mbak
          ngambil acuan “bebas” kok ke negara yg salah
          yg paling bagus dan benar2 “bebas” itu ya Turki itu mbak
          bebas nganut agama dan bebas menjalankan
          kalo singapur sama amerika itu “bebas” bohongan saja itu mbak

          • Yang namanya bebas itu ya tetap dibatasi oleh kebebasan orang lain.. Loe boleh ngelakuin apa aja asal ga mengganggu ketertiban umum, ga mengancam stabilitas negara..

            Lha ente koar2 ganggu kuping orang itu udah membatasi kebebasan orang untuk hidup nyaman, maka pantas kebebasan itu dibatasi..

          • Der Fuehrer

            Kamu itu ngomong ya dipikir to nin, kamu sekarang sedang waras apa tidak. Kamu itu ngomong saenak mu dan itu mengganggu kenyamanan orang. Berargumen itu jangan hanya dimulut tapi juga dilaksanakan. Kalau kamu di Singapura ngomong seenakmu dan mengganggu orang seperti ini udah dideportasi kamu tahu?

          • Komentar Netral

            Hahahaha
            mbak mbak, yang non muslim juga banyak mbak yang pake celana mini sampe diatas lutut
            emang itu ga menganggu ketertiban juga ya mbak?
            Intinya mbak, jalankan aja ibadah sesuai keyakinan masing2 mbak sesuai pancasila yang ada di negara kita
            yang paling penting, sakit hati jangan dipendam mbak, ga baik
            wkwkwkwkwkwk

          • faisal

            mba gimana ya cara bilangin lu biar ngerti?.. keras kepala banget sih.., udah tau orang” udah pada ngga setuju sama pendapat lu, masih aja ngoceh.., ngga haus apa?

          • Armando Cool

            ini dia pengikut dajjal.. ati2 poro menungso.. eling yen ono surgo lan neroko..

          • Singapura itu contoh negara yang benar, disana tidak ada teroris tolol mengatasnamakan agama seperti yang terjadi di Indonesia, itu karena pemerintahnya cerdas tau mana dan siapa yang harus dibatasi..

        • Muhammad Eki Rizky

          mbak dewi, saya lama tinggal di singapura. muslim disana punya hak kok mengumandangkan adzan. buktinya aja saya sering dengar adzan yang disekitarnya ada mesjid. apalagi kalau bulan puasa di salah 1 mesjid yang menyediakan buka puasa bersama. banyak non-islam ikut gabung menikmati buka puasa. islam itu toleran terhadap agama lain selama tidak menginjak-nginjak islam.

          • Emang loe doank pernah ke Singapur.??
            Singapura mana.?? Loe ngumpulnya sesama imigran kali makanya dibolehin koar2..

            Ini dari web eslam loh:
            www[dot]eramuslim[dot]com/berita/gerakan-dakwah/tak-ada-kumandang-adzan-di-singapura.htm#.UxiNHT_oQSA

            *edit sendiri linknya, soalnya klo komen pake link, komentarnya ga nongol..

        • rajasegala agama

          eh aku sekian lama tinggal disingapura,..klu gk tau apa apa jangan komen,,,ntar lu malu sendiri loh dngn komen2 lu sendiri yg gk berquality

    • Generasi Rabbani

      cepat atau lambat orang yang melecehkan muslim secara universal biasanya dapat hidayah dari Allah Azza Wajalla kemudian memeluk Islam, dan jika dia mempelajari dan memahami Alquran dia akan menangis dan sudah banyak yang meyakini bahwa inilah agama yang benar-benar syariat dari Allah.

    • Andhis

      luuuuuuu tuuu so tahuuuuuuuuuuu… pantas jadi tukang tahu…hahhaaaa

    • arah

      Duta kebebasan dalam beragama Kanada datang ke Turki untuk menanyakan hak-hak warga Yahudi dan Kristen di Turki.

      tanpa prasangka buruk,apa yg terpikir oleh anda?? masa mau bahas sepak bola?? dikemanakan daya nalar anda?? Peace ah….. :D

    • muhammad zeeman

      Para pejabat Turki yang menyambutnya mempertanyakan kebebasan dalam beragam di Kanada.

      baca yang bener, turki nya kan nanya balik tapi kanada nya ga mau jawab.
      baca dulu mbak baru komen panjang.

    • Eyang Syakur

      gini ajah deh alamat eloe dimana kalau ada nomor telp loe minta donks…

    • Why’0

      kenapa Turki yg di bilang paranoid, bukannya Kanada yg datang ke Turki dengan pemikiran paranoid cape2 datang ke Turki cuma menanyakan “hak-hak warga Yahudi dan Kristen di Turki. Kehadiran mereka ke Turki setidaknya telah menuduh Turki membuat kebijakan yang menzalimi pemeluk dua agama itu.”

      sedangkan Turki hanya memutar balik pertanyaan yg di lemparkan oleh Duta Kanada, lah emng salah ya klo Turki membalikkan pertanyaan kepada Duta Kanada “kebebasan dalam beragam di Kanada. Karena beberapa waktu yang lalu Kanada, khususnya di wilayah Quebec, mengeluarkan kebijakan yang melarang kaum Muslimah mengenakan jilbab. Bahkan bukan hanya jilbab yang dilarang, tapi juga semua hal yang melambangkan agama.” yg di maksud dengan “semua hal yang melambangkan agama.” berarti sama saja, “berkumandang suara adzan pada waktu shalat juga di larang di Kanada”

      ini tante maksud sebagai Duta Kebebasan beragama?

      skrg w malah mau tanya ke tante “kesesatan logika yang disebut dengan tu quoque” dan “pembenaran terhadap argumen atau tindakannya dengan cara menyalahkan orang lain, sekaligus melakukan red herring yaitu membahas sesuatu di luar kontes yang sebenarnya ingin dibahas..” skrg yg di maksud tante tu siapa si orang Turki tu sendiri atau Duta Kanada dan anda sendiri?

      pake bawa2 cerita tidak nyambung lagi, apa maksudnya?

      Ujang: Jon, bapak mu kemana?
      Jono: Sialan loe, nuduh bapak gw pengangguran. Loe sendiri ngapain pagi2 keliling nyariin bapak gw, kerja sana..

      • Nah itu, orang cuma dateng trus nanya kok dikira nuduh macem2, kamu sama seperti si Jono curiga dengan Ujang kenapa dia dateng capek2 buat nanya keberadaan bapaknya.. Ilustrasi itu jelas mencerminkan diri mu sendiri.. :)

        • tegaro

          baca dengan baik tuh berita… baru komen…

    • ridho

      wanita yg g bisa jaga bicara nya. pengennya ngasih analogi, tp analogi kacau habis.
      mungkin sama persis kayak orangnya. kacau habis.

    • coco

      baca yg jelas dong non paragraf pertama :

      Duta kebebasan dalam beragama Kanada datang ke Turki untuk menanyakan
      hak-hak warga Yahudi dan Kristen di Turki.

      1. DUTA KEBEBASAN BERAGAMA KANADA
      2. Kehadiran mereka ke Turki
      setidaknya telah menuduh Turki membuat kebijakan yang menzalimi pemeluk
      dua agama itu.

    • herawatini

      maaf apa sih maksudnya kontes? konteks mungkin yaa, ati2 tuh salah satu huruf aja bisa berabe….

    • aff

      Komen tuh yang arif dikit donk, malu-maluin indonesia aja loe…..
      klo loe ga terima jangan begini carannya, goblok loe……
      mau mecah belah bangsa kita loe?

    • Ahmad N Firdaus

      Si Turki Tolol ??? wew tanda tanya besar, kalo Turki tolol kenapa sekarang menjadi negara perekonomian yang disegani di eropa. Tidak ada asap kalo tidak ada api, Si Turki ini balik nanya karena jengkel ngapain ngurus negara orang (Turki) kalo negara sendirinya (Kanada) masih bermasalah sama kebebasan beragama.

      ambil contoh misalkan tante seorang janda, dan semua orang tahu keburukan tante. lalu tante dateng nanya ke orang “Eh gimana rasanya bercerai sama suami? keputusan pengadilan gimana?” gue yakin orang normal ngga mungkin jawab, pasti balik nanya. SIMPLE

    • kalelboy

      lahh…. orang beginian kok masih ditanggepin… Mau dikasih ribuan fakta pun ya gk bakalan percaya. Karena hatinya sudah ditutupi kebencian terhadap agama!!nih orang mah dah bukan atheis lagi tapi anti-theis!! Hatinya galau kalau ada orang ngomong agama…hehe

    • Abah Anom

      belet amat ini orang,

    • Jajaka Shaleh

      ditanya Balik… bagaimana Hak-hak Muslim dikanada (itu intinya)
      sejak dulu pengikut kristen n Yahudi itu dongo, merubah-rumah kitab suci, Perjajian baru berjanjian lama dan akhirnya ingkar janji… Tuhannya saja mereka salib terus di sembah….

    • Rostang Abdillah

      kalau negara sekuler…, lah ngapain repot2 bikin dan ngirim duta kebebasan agama sampai ke negeri2 muslim??? ngapain ngurusi negeri orang kalo di negeri sendiri agama “disepelekan”? sekuler ya sekuler aja.. jangan malah mojokin agama tertentu.. *nunjuk tolo* biasanya balik lagi loh..
      #peace

    • Aga Prayogie

      Lo merasa lebih baik ??
      Pegangan lo apa ??
      Alkitab / Injil ??

      Udah lo pelajari Kitab lo??
      Ada gak di dalam injil yg mengatakan untuk menyembah Yesus ??
      Atau apakah Yesus pernah mengaku dia Tuhan ??
      Kalo pernah tunjukan di ayat berapa ??

      Jadi orang BEGO gapapa, tapi jangan KEBANGETAN !!

    • aaa

      pahami dulu ,cernah dengan baik,,resapi,,setelah itu bru keluarkan argumen,,ada pepatah mengatkan bahwa mulutmu adalah harimaumu,,anda bisa bermasalah karna ucapanmmu sendiri

    • Lukman Sulistyo

      ternyata orang semacam mbak Dewi ini suka mampir ke blog Dakwatuna. Terima kasih atas perhatiannya.

      Sudahlah. pembicaraan lengkapnya aja kita nggak tau. kok kita justru sok tau.

    • Lovefull Haqi

      mending belajar dulu mba sebelum komentar,bikin malu diri sendiri……

    • Rizky Aji Pratama

      mba anindya saya hargai perndapat anda, tapi anda sebaiknya mikir dan telaah dulu sebelum kritik sebuah artikel.

  • agoenk

    mba anindya , mba ini tdk membaca dr awal sampai akhirnya … makanya anda berkomentar tdk memiliki dasar yang kuat , muslim tdk pernah memulai jd klu anda bukan muslim jgn berargumen sembarang

  • Mursyidah Saleh

    ini namanya senjata makan tuan ^^ Allahu Akbar!!!!

  • Yoga

    bodoh..

  • Sekalinya ditanya kata “urusan dalam negeri” ga bisa jawab, lah itu ngapain nanya2 sampe ke luar negeri, mau nanya ke orang tapi gak mau jawab pertanyaan orang

  • Andhis

    Anindya Yumika Dewi kamu tuh sesat dan bangsat…….. memberikan argumen yang tak berpendidikan tapi penghinaan… laga loh pakai bahsa pendidikan “” tu quoque” tapi sikap luuu tu yang tidak mencerminkan kalangan pendidikan…….

  • hamdan fahmi

    Mba annidya. Datang seseorang kepada anda mempertanyakan perlakuan anda kepada si A dan B yang menganggap anda memperlakukan keduanya dengan tidak baik. Anda tentu tidak terima. Sebelum anda menjawab, anda bertanya, anda sendiri memperlakukan semuanya disana tidak,orang tidak menggunakan identitas keyakinan apapun padahal identitas bagian dari keyakinan itu sendiri.apa itu tidak wajar kenapa harus dibilang t***l oleh anda.anda beragama kan, bagaimana jika disuatu tempat identitas keyakinan tidak boleh nampak sedikitpun. coba renungkan trimaksh

    • Komentar Netral

      maklum mas namanya juga orang sakit hati…..
      orang sakit hati kan bawaannya marah2 terus…..
      saya mah nyantai aja menghadapi orang kayak gini…..
      soalnya mau gimana pun kita selalu salah di mata dia…..
      wkwkwkkwkwk

  • Dinda Madina

    Mbk Anindya yg cantik, silahkan dia baca dngan baik.
    Trimakasih

  • Eyang Syakur

    @Anindya Yumika Dewi JIL mah jarang denger cerita abu nawas bentar lagi dia mampus kaya ABG LEBAY .PAYAH LOE dimana alamat loe?

  • rizal

    Parah!

  • Imam Syachrial

    Tidak perlu melakukan perdebatan apabila Anda belum cukup Berilmu dan apabila
    Anda telah cukup Berilmu pasti Anda tidak akan mau melakukan perdebatan …

  • Vash de Kyo

    hati2 mba dengan bahasa,ibaratkan kita ingin meluruskan jalan org lain harus instropeksi diri dulu apa kita sudah lurus.kenapa org kanada th mesti terpojok dengan pertanyaan dari org turki kalo emang mereka sudah merasa benar melakukannya.ya kalo mereka merasa terpojok kan suatu tanda tanya besar.

  • Dinar Ryan A

    Anindya Yumika Dewi

    Ini kutipan artikel dari anda…

    “Kebebasan beragama bukan berarti kebebasan menjalankan ibadah agama, di Singapura kebebasan beragama dijamin, anda boleh menganut agama manapun, tapi muslim tetap dilarang teriak2 adzan pake toa..”

    Garis Bawahi DILARANG TERIAK2 ADZAN PAKE TOA (Toa adalah sebuah brand speker)

    Kalimat yang seharusnya adalah MENGUMANDANGKAN ADZAN LEWAT SPEAKER…

    Jelas bahwa dilarang berteriak “adzan” menggunakan Toa karena akan mengganggu ketertiban…ditambah muslim singapura hanya 17%.. minoritas,, sama seperti agama lain di indonesia.. di daerah minoritas, dilarang mengumandangkan ritual keagamaan. Berapa persen Masjid di Manado? Sudah pernah ke

    Anda tidak membaca dengan baik artikel yang anda kutip dari sumber yang anda berikan.. coba disimak penggalan artikel nya…

    “Seperti di negara-negara sekuler lainnya, Islam di Singapura tidak mendapatkan tempat yang cukup. Misalnya saja, tidak boleh ada kumandang adzan. Seseorang boleh melakukan adzan di masjid, namun suaranya tak boleh keluar dari masjid. Ini yang diberlakukan oleh MUIS (Majelis Ugama Islam Singapura)—sebuah lembaga semacam MUI di Indonesia yang memegang penuh otoritas beragama Islam di sini.

    Apa alasannya? Ini supaya orang non-muslim yang mayoritas tidak terganggu. Tak ada usaha dari MUIS untuk melakukan protes dan aksi untuk memperbaiki keadaan ini.

    Tapi, hal ini tidak berlaku di wilayah Masjid Sultan—salah satu masjid tertua di Singapura. Di sekitar Arab Street ini, adzan boleh dikumandangkan lewat speaker, dan menjalankan fungsinya sebagai pengingat dan pemanggil.”

    Jelas? Artikel yang anda berikan pun tidak sinkron antara dari judul dan isi….

  • herawatini

    Pokoke lakum dinukum waliyadin……

  • anggita fitria

    Canada…Seharusnya sebelum menilai menilai negara lain berkacalah pd negara sendiri. Ibarat kata nih kutu dikepala orang dicari2 tp kutu dikepala sendiri dia piara. Y kalimat ini cocok buat canada..

  • anggita fitria

    Tu negara ga ngaca dulu ya sebelum koreksi negara orang. Ibarat kutu dikepala orang di cari2 tp kutu dikepala sendiri dia piara. Nah pas bgt kyknya mengibaratkan kelakuan duta negara yg satu itu.

  • Ari Parikesit

    Seandainya Mba Anindya tau betapa luasnya Ilmu yang diberikan oleh Allah SWT. mungkin tidak akan ada pernyataan “Muslim memang terbiasa melakukan kesesatan logika” kita semua umat muslim tidak sembarangan segala sesuatunya berdasar kandungan Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW. jika kami paksakan syariat dan akidah sebetulnya darah anda halal karena anda sdh membuat pernyataan fitnah secara umat bahwa kami seakan-akan sesat. bertaubatlah karena lambat laun anda akan didaulat dengan pernyataan anda sendiri.

  • Aditya TroJhan

    For @Anindya Yumika Dewi

    Saya kutip yah pernyataannya mbak
    “Ada orang bunuh2an gara2 film star trek.?? Ga ada..
    Tapi orang ngebom sambil teriak Allahu Akbar itu buaanyaak..

    Ada yang ngefans sama Che Guevara bikin dia bego.?? Ga ada..
    Tapi ada studi yang menunjukkan kalau umat beragama itu cenderung lebih bego ketimbang yang ga beragama.”

    nah… mbak anindya harusnya bisa membaca lebih banyak lagi mengenai jurnal penelitian proporasi penelitian, menyimak berita baik lokal maupun mancanegara dan mengikuti perkembangan zaman bukan hanya lewat dunia maya tapi melainkan interaksi sosial yang nyata.

    1. Fakta saling bunuh membunuh persoalan film ataupun lain sebagainya itu mungkin tidak ada, tapi Fakta banyak orang menjadi autis dan menjadi selfiesh dan menganggap dunia ini seperti imaginasi dari film itu Buanyaakkk sekali. Contoh Korea, Jepang, dsb bersumber dari Anime, Cartoon, Video Game baik online maupun Offline… dan fakta yang mencengangkan adalah ada seorang mahasiswa amerika itu membunuh secara sadis di Bank dengan senapan dan pistol karena ingin seperti idolanya “The Joker By Film Batman” jadiiii….. pernyataan anda SALAH.

    2. Orang yang fans dengan seorang “Che Guevara”, mungkin memanglah tidak bodoh, tapi nekat iya, anda boleh lihat kasus Demonstrasi Mahasiswa di TV nasional dan Swasta di Makassar, itu brutal gak ??? pasti brutal. saya bisa mengatakan itu brutal, karena itu kampus saya. “Universitas Muslim Indonesia” The King Of Demonstration University nominasi ini diberikan oleh beberapa Media Massa nasional loh.

    Percaya atau tidak percaya, mereka itu berkiblat kepada Che Guevara, mereka tidaklah bodoh, tapi nekat iya… bodohnya dimana ???? mereka itulah yang kebanyakan berasal dari gabungan banyak “Mahasiswa Abadi” berarti andaikan mereka cerdas, kurang dari 5 tahun atau pas 3 tahun secara Peraturan Akademik Normal mereka seharusnya sudah bisa pasang Toga, maka cukuplah anda yang menilai sendiri bodohnya dimana apakah karena berkiblat ke che guevara dengan Sistem Perlawanan Sentralistiknya atau karena memang mahasiswanya yang bodoh…. cukup mbak Anindya yang telaah maksud saya.

    3. Mbak sekaliii lagi salah, kalo menyatakan bahwa Penelitian Menyatakan : Orang yang tidak beragama lebih cerdas, daripada orang yang beragama… Itu salahhh besar mau saya berikan contoh orang beragama yang berprestasi ????
    * Ibnu Zina : Penemu Ilmu Kedokteran (Islam)
    * Ibnu Musa Al-Kwarizmi : Penemu Matematika (islam) bahkan sebelum Yunani tau baca
    * Wright Bersaudara : Penemu Pesawat (Nasrani)
    * Alexander Graham Bell : Penemu Telphone (Nasrani)
    * Prof. BJ Habibie : Penemu Rumus keretakan sayap pesawat (Islam)
    * Prof. (Lupa namanya orang indonesia) : Penemu jaringan 4G (Islam)

    dan masih banyak lagi….. sekarang sy mau anda balas komen saya, bisakah anda menyebutkan 1 saja orang yang tidak beragama yang ada prestasinya terhadap peradaban manusia ???

    btw…. Penelitian source Majalah Femina, 2013 Penelitian mengenai Alturism penelitian ini dilakukan di 54 Negara dan dilakukan oleh 23 Peneliti dari seluruh dunia menyatakan bahwa.

    “Penduduk Indonesia adalah Penduduk yang paling berbahagia didunia !!!” alasannya adalah :
    1. Mereka memiliki agama
    2. Perilaku “Alturism” atau perilaku yang selalu ingin menyenangkan dan mementingkan perasaan bahagia orang lain daripada dirinya sendiri.

    Dan semua yang saya sebutkan diatas itu adalah FAKTA, dan BUKAN BERDASARKAN CERITA BELAKA seperti pendapat anda semua :)

  • arief wicaksono

    saya cuma pesen, yang waras ngalah aja, nanti dia juga sadar sendiri kalo dia salah, bikin statement kaya gitu

  • bimbim

    botakin aja anindya tu…biar pinter

  • Eko Nurcahyo

    Disaat Islam menjadi mayoritas hak2 umat lain begitu dihormati salah satunya di Indonesia…pengen bukti???ngk ada negara lain bahkan seperti india sekalipun yg memberikan ijin umat beragama lain sampai menjadikan kotanya seperti kota mati pada hari raya nyepi di Bali…tapi kalo agama Islam menjadi minoritas????berfikirlah sendiri :)

  • aisah

    sepertinya kita hanya di tes kesabar, jd gk usah terpancing emosi kita.

  • rajasegala agama

    mpok ninja dewi silahkan keluar dari NKRI karna koment anda mengadu domba antra agama..

  • Hafiz ‘benkz’ Pradana

    yah, semoga mbak anindya diberi hidayah oleh Allah agar nasibnya tidak seperti istrinya Abu Jahal, melainkan seperti Hindun :)

  • Udin Atworld

    ga usah di acuhin anindya ini, percuma aja juga otaknya ga ada. jadi mau dikasih tau berapa kali juga ga akan ngerti. lah 3 aja sama dengan 1, satu sama dengan 3.. IYKWIM…

  • Alfa Aldino Alhamdulilahdianon

    anindya pintar tp bego

  • Eko Hartanto

    Biar ga ribut, gini aj, lihat hubungan internasionalnya saja yah, hubungan antar negara, pada alinea terakhir katanya :

    “Duta tidak bisa menjawab pertanyaan dan kritikan itu. Menurutnya, hal itu adalah urusan dalam negeri yang tidak bisa dijadikannya bahan diskusi saat ini.”

    Pertanyaanya, Kalau kanada ga mau urusan dalam negerinya di kritik, knp juga dia mengkritik urusan dalam negeri Turki?.

    Saudaraku, sebangsa setanah air jangan mau diadu domba yah, karena saat ini banyak negara yang menginginkan Indonesia bubar. Hindari perang saudara, perang antar agama, sungguh perang itu tidaklah indah, (pengalaman di daerah konflik). Lebih baik kita berfikir gimana negara kita ini maju dan tidak lagi di cemooh negara lain, berkarya sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing2.. Merdeka !!!

  • Very

    @Anindya Yumika Dewi… Menarik juga… Anda anggap kami semua yang muslim seperti orang tolol?… Well, sebelumnya saya mau tanya ANDA BERAGAMA APA? Kristen? AH GA MUNGKIN! Memangnya ada dalam alkitab disebut bahwa Kristen boleh dan/atau harus menghancurkan agama lain or menindas dan membatasi hak dari agama lain (khususnya muslim)? GAK AKAN ADA kecuali ANDA BIKIN SENDIRI itu ALKITAB!

    You know what, I have a lot of friends from other religion and beliefs, not only here but abroad, to US and Canada, THEY ARE NEVER EVER AGREE with opinion AS YOU DO! So before you calling us stupid (tolol), I wanna ask ya’ just HOW PITIFUL FOOL ARE YOU! Kalau anda sekuler or Atheis, atau mungkin Yahudi atau percaya sama science kayak si Tom Cruise or Pierce Brosnan itu (sorry lupa, coz’ ga ngefans sm mereka soalnya)… Ga perlu repot kami jawab komentar anda…. Sampe kiamat versi andapun anda tetap sama… He…3x.


    Intinya, You want respect, you got respect AFTER you respecting others. quite simple… Gak perlu ke singapura buat belajar di Nang Yang lah! begituan, tukang becak aja tau di negeri ini, neng… He…3x

  • Very

    Soal contoh Ujang sama Jono, itu lebih menunjukkan kebodohan anda… YANG MANA YANG TURKI? si Ujang atau Jono? dibawahnya cuma tertulis “begitulah yang dilakukan Turki…” Ini saja sudah tidak jelas anda mendudukannya bagaimana…

    Kalau Ujang nanya bapaknya Jono kemana, dan Jono malah marah, BISA JADI DIA GA TAHU kalau BAPAKNYA MUNGKIN KECELAKAAN/SOMETHING so, si Ujang dengan baiknya mau ngasih tahu, eh, malah dihardik suruh kerja! Efeknya si Jono telat untuk menolong bapaknya sendiri. Lagian masalah Turki ada sebab dan akibat sementara contoh anda TIDAK MEMILIKI HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!

    Kalau anda yang jadi (atau pernah jadi) Jono, WAJAR KALAU ANDA BODOH dan ga bisa memposisikan mana yang sebenarnya Turki (si Jono atau si Ujang)! makanya, kalau ngasih komentar, mikir dulu dengan otak anda yang secantik propic anda… memalukan!

  • Damai

    payah kalau cuma tausedikit tapi mau komentar banyak, anindya tu gak tau apa-apa tapi pengen di bilang tau.

  • Eko Hartanto

    Duta tidak bisa menjawab pertanyaan dan kritikan itu. Menurutnya, hal itu adalah urusan dalam negeri yang tidak bisa dijadikannya bahan diskusi saat ini.

    Lah trus ente ngapain nanya urusan dalam negeri Turki? ckckckkckckck

Lihat Juga

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Islammemo.cc)

Erdogan Buktikan Eropa Mendukung Teroris