Topic
Home / Berita / Nasional / Tak Semua Ustadz Adalah Ulama

Tak Semua Ustadz Adalah Ulama

Anggota Komisi VIII dari Fraksi PPP, Hasrul Azwar - Foto: tempo.co
Anggota Komisi VIII dari Fraksi PPP, Hasrul Azwar – Foto: tempo.co

dakwatuna.com – Jakarta.  Anggota Komisi VIII Hasrul Azwar menilai tidak ada istilah standardisasi atau sertifikasi bagi ulama. Sejak dahulu ulama dikenal karena perilaku dan tindakannya.

“Masyarakat yang memberi stigma ulama. Kalau ada ulama yang bertindak menyalahi agama, status ulamanya tanggal seketika. Otomatis itu,” ujar wakil ketua umum PPP tersebut, Rabu (5/3).

Menurutnya, menjadi ulama tidak ada akreditasinya. Sebab, ulama adalah pewaris Nabi. Mereka mewarisi sifat-sifat Nabi yang Siddiq, amanah, jujur, cerdas dan tabligh. Ulama yang tindakannya tidak sesuai dengan sifat Nabi, ia langsung terhukum oleh masyarakat dan disebut ulama sesat atau ulama jahat.

Mengenai ustadz yang tampil di televisi dan memberi ceramah kepada masyarakat, ia setuju saja. Hasrul mengatakan, ustadz sama artinya dengan guru yang membagikan ilmu pengetahuan. “Semua orang bisa bergelar ustadz, tapi mereka belum tentu ulama,” katanya. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Di Mauritania, Ratusan Tokoh Agama Mendesak Pusat Pendidikan Ulama Dibuka Kembali

Figure
Organization