Home / Berita / Nasional / Kemenkes: Halal Haram Urusan Agama, Bukan Kemenkes

Kemenkes: Halal Haram Urusan Agama, Bukan Kemenkes

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi - Foto: beritaonline.web.id
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi – Foto: beritaonline.web.id

dakwatuna.com – Jakarta.  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menilai persoalan halal dan haram adalah urusan agama. Dari segi agama, menurut Menkes, Nafsiah Mboi, memang benar dua hal itu dibahas mendalam.

Persoalan halal dan haram menurutnya akan menjadi tantangan tersendiri ketika dibenturkan dengan dunia medis. Sampai saat ini, jelasnya ada ratusan ribu macam obat – obatan digunakan di Indonesia. “Semuanya belum bersertifikat halal,” imbuhnya, di Jakarta, Rabu (5/3).

Lagi pula belum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur persoalan halal dan haram. Sampai saat ini rancangan undang – undang jaminan produk halal masih dibahas di DPR. Belum sampai kepada pengesahan. “Jadi belum ada yang mengatur hal itu,” paparnya.

Kalaupun nanti RUU ini disahkan, Mboi menyatakan akan ada kendala tersendiri. Dengan jumlah obat-obatan yang sangat banyak, karena ada ratusan ribu macam, Mboi mempertanyakan, bagaimana proses atau sistem analisa halal dan haramnya.

Yang menjadi fokus obat-obatan dan kosmetika, menurutnya adalah, masyarakat perlu mendapatkan informasi lebih dalam mengenai kandungan obat dan vaksin yang akan dikonsumsi. Mereka perlu mengetahui apakah kandungannya sesuai dengan yang diharapkan, termasuk efek sampingnya.

Hal inilah menurutnya yang menjadi perhatian Kemenkes. Persoalan halal dan haram menurutnya bukan menjadi fokus pihaknya. “Itu urusan Kementerian Agama,” tambahnya.  (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • doni samhoenoes

    Agama diwakili kemenag Dan Mui menysun kriteria halal /haram eksekusinya biar ditangani oleh badan yg ngurus soal makanan ( badan PROM) …..gitulah kira 2

  • Haryandri Andrie

    Mboi aka ahok….ya bu itu urusan ulama, oya mboi bisa tlg Cek dr segi kesehatan Babi itu gmn ? Ada brp juta cacing pita …
    Jadi mboi sbnrnya , makanan halal itu bukan utk umat Islam saja , krn halal itu Sudah pasti sehat , semua perlu makanan sehat n bersih …
    Allah yg menciptakan semua makanan , jadi Allah memberi tahu mana makanan yg baik n Tidak baik …

  • Tengku Hidayat Taufik

    Cocoknya lama lama mulut menkes tu perlu dijahit ….urusan halal haram bukan cuma urusan agama mboi…tapi urusan hidup,kebanyakan yg dikesehatan itu nggak mentingkan halal haram ,yg psnting dapat komisi dari penjualan obat…byar tau ya mboi…obat yg dijual bebas di indonesia haram smua,racun semua….

Lihat Juga

Kesadaran Dunia Terhadap Produk Halal Dinilai Terus Meningkat