Home / Berita / Daerah / Umat Muslim Dumai Gelar Shalat Istisqa

Umat Muslim Dumai Gelar Shalat Istisqa

Shalat Istisqa di halaman kantor gubernur Riau - Foto: analisadaily.com
Shalat Istisqa di halaman kantor gubernur Riau – Foto: analisadaily.com

dakwatuna.com – Dumai.  Ratusan umat Islam kota Dumai, Riau, mengikuti pelaksanaan Shalat Istisqa berjamaah dalam rangka meminta petunjuk dan rahmat hujan dari Allah SWT, Rabu (3/5) pagi ini.

Ibadah sunat meminta hujan ini dilaksanakan di lapangan taman bukit gelanggang, Jalan HR Subrantas dan dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat, H Lukman Syarif.

Shalat yang dilakukan sebagai upaya umat dalam penanggulangan bencana kabut asap dampak kebakaran lahan ini dihadiri forum pimpinan daerah dan Sekda Said Mustafa.

Ketua MUI Lukman Syarif menyampaikan, sebelum melaksanakan shalat Istisqa, telah dikerjakan berpuasa selama tiga hari sebagai salah satu syarat menjalankan ibadah ini.

“Kita memohon ampun atas segala kesalahan dan dihilangkan derita dari kabut asap yang telah mencemari udara Dumai dalam beberapa waktu belakangan ini,” terang Lukman.

Ketua MUI menambahkan, jika manusia terus melakukan perbuatan dosa maka akan mendatangkan murka dan amarah Allah SWT, dan hendaknya umat harus kembali ke jalan yang benar dan menghindari melanggar perintah-Nya.

“Kita harus berbuat baik dan introspeksi diri terhadap segala kesalahan dan dosa yang diperbuat serta jangan membuat kerusakan agar kita terhindar dari murka dan azab dari-Nya, karena kita hanya umat yang lemah dan tak berdaya,” ujarnya.

Dia mengajak umat jamaah shalat Istisqa untuk menengadahkan tangan dan meminta dengan sebenar-benarnya permohonan kepada Allah SWT supaya menghentikan derita manusia dan menurunkan hujan rahmat yang akan menyegarkan udara dan menyehatkan lingkungan.

Pantauan, pelaksanaan shalat Istisqa di lapangan terbuka ini digelar di tengah kondisi udara berkabut asap dalam keadaan cukup pekat. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Curah Hujan - Iustrasi

Karena Hujan Adalah Kesempatan

Organization