Home / Berita / Nasional / Istri Hakim MK Harus Siap Hidup Miskin

Istri Hakim MK Harus Siap Hidup Miskin

KH. Hasyim Muzadi
KH. Hasyim Muzadi

dakwatuna.com – Jakarta.  Mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi memberikan nasihat kepada istri calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, istri seorang hakim MK harus siap hidup miskin.

“Semua hakim MK harus siap hidup miskin agar selama menjadi hakim tak mau menerima suap terkait perkara yang sedang dihadapi. Termasuk meminta izin dan meminta kesediaan istrinya untuk hidup miskin. Karena istri bisa menjadi salah satu provokator terjadinya suap,” kata Hasyim Muzadi saat menjadi pakar uji kelayakan dan kepatuhan calon hakim MK di Komplek Parlemen Senayan, Senin (3/3).

Prasyarat tadi diberlakukan, tegas Kiai Hasyim, agar prahara hukum yang menimpa MK tak terulang kembali. Maka, sebelum menjadi hakim, mereka harus memantapkan niatnya agar tak mudah tergoda oleh rayuan menerima suap.

“Hukum di Indonesia masih prosedural, karena itu, hukum kerap jauh dari rasa keadilan,” jelas pengasuh pondok pesantren Al-Hikam Malang dan Depok ini.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menekankan pentingnya kejujuran hakim saat berhadapan langsung dengan suap. Calon hakim yang sekarang seorang akademisi, misalnya, sulit melakukan korupsi karena di kampus tak ada yang di korupsi.

“‎Kalau sudah berada di MK, rayuan untuk menerima suap sangat besar. Seperti yang menimpa Akil Mochtar. Karena itulah, kejujuran menjadi kunci utama untuk tegaknya hukum yang berkeadilan di Indonesia,” katanya.

Kiai Hasyim lebih menekankan kejujuran karena dalam pandangannya mencari orang pintar dan ahli hukum sangat mudah. Yang sulitnya, katanya, adalah mencari orang yang jujur. “Orang pintar banyak. Yang sulit orang jujur. Sayangnya, orang jujur banyak yang tak pintar-pintar,” terangnya. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • BramSonata

    Tidak hanya Istri HAKIM hakim yg Islam, termasuk istri USTADZ, KIYAI, ALI ULAMA, pun harus siap hidup apa adanya (walau kaya raya) yg halal, bukan hidup MISKIN.
    Hidup miskin yg direkayasa, hanya milik rahib rahib nasrani. Umat Islam harus kaya raya, melimpah ruah rezekinya, tetapi diperoleh dengan jalan HALAL, bukan hidup (me)miskin(kan) diri.

  • BramSonata

    Bingung dan kesulitan saya menangkap jalan pikiran kiyai ini, tentang kejujuran.

Lihat Juga

Tukul Arwana dan istrinya, Susiana dalam sebuah acara di televisi. (tribunnews.com)

Istri Tukul Arwana Meninggal Dunia