Home / Berita / Daerah / Hari ini, Gubernur Riau Ajak Warga Shalat Istisqo

Hari ini, Gubernur Riau Ajak Warga Shalat Istisqo

Shalat Istisqo (memohon hujan) - Ilustrasi
Shalat Istisqo (memohon hujan) – Ilustrasi

dakwatuna.com – Pekanbaru.  Gubenur Riau Annas Maamun menyurati setiap kepala daerah di Provinsi Riau untuk serentak menggelar shalat minta hujan atau Istisqo untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan yang terus meluas.

“Gubernur Riau juga secara resmi berkirim surat ke seluruh kepala daerah, untuk dapat melaksanakan shalat minta hujan. Kiranya besok masing-masing kabupaten bisa melaksanakan shalat minta hujan,” kata Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Fahmizal Usman, kepada wartawan di Pekanbaru, Senin.

Sebelumnya, Gubernur Riau telah menyatakan status Tanggap Darurat Asap sejak 26 Februari lalu. Berdasarkan data Satgas Tanggap Darurat Asap Riau, luas kebakaran lahan dan hutan di Riau hingga kini mencapai 7.972 hektare yang tersebar di delapan kabupaten/kota.

Menurut Fahmi, gubernur juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Pekanbaru untuk dapat bersama melaksanakan shalat minta hujan. Khusus di Kota Pekanbaru, lanjutnya, pelaksanaan Shalat Istisqo akan digelar pada Selasa (4/3) di halaman kantor Gubernur Riau di Jalan Jenderal Sudirman pada pukul 06.30 WIB.

“Semoga doa kita akan dikabulkan oleh Allah dan dengan turun hujan, kita harapkan bisa membantu memadamkan kebakaran dan menghilangkan asap,” katanya.

Data BMKG Pekanbaru pada Senin pagi (3/3) berdasarkan satelit Terra & Aqua mendeteksi 337 titik panas di Riau. Titik panas terbanyak berada di Kabupaten Bengkalis, yakni 121 titik.

Pekatnya asap membuat upaya pemadaman Satgas Tanggap Darurat Asap gagal untuk mengirimkan helikopter bom air selama tiga hari terakhir. Selain itu, sumber air yang mengering membuat upaya pemadaman dari darat juga terkendala.

Sementara hingga kini sudah ada sekitar 31.000 warga terkena penyakit akibat menghirup asap kebakaran. Selain itu, jumlah pengungsi di lokasi kebakaran di Desa Tanjung Leban Kecamatan Bukit Kapur, Kabupaten Bengkalis, terus bertambah dari 125 jiwa menjadi 221 jiwa. (antara/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Silaturahim KNRP kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (8/3/2016).  (KNRPMedia)

Bahas Kondisi Kemanusiaan Palestina, KNRP Temui Tiga Gubernur