Home / Berita / Nasional / Label Halal, PAN: Kami Ingin Menengahi, Jangan Sampai Ada Dualisme Keputusan

Label Halal, PAN: Kami Ingin Menengahi, Jangan Sampai Ada Dualisme Keputusan

Ilustrasi (foto: bisnis)
Ilustrasi (foto: bisnis)

dakwatuna.com – Jakarta.  Fraksi Partai Amanat Nasional Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat menolak usulan mayoritas fraksi yang ingin Rancangan Undang-Undang Jaminan Produk Halal mengakhiri monopoli kewenangan Majelis Ulama Indonesia. Menurut Amran, politikus PAN, peran MUI justru harus diperkuat.

“MUI sudah memiliki pengalaman 29 tahun serta mempunyai sarana dan prasarana dalam menangani produk halal, karena itu kewenangannya jangan dialihkan atau dihilangkan,” kata Amran melalui telepon selulelrnya, Jumat 28 Februari 2014.

Amran melanjutkan, fraksinya ingin agar MUI tetap memiliki kewenangan atas semua proses pembuatan fatwa dan penerbitan sertifikasi halal. “Posisi pemerintah cukup dalam hal pengawasan dan penindakan di lapangan,” katanya.

Setelah terungkapnya kasus label halal yang melibatkan MUI, fraksi Partai Persatuan Pembangunan, fraksi Golkar, fraksi PDI Perjuangan, serta fraksi Partai Keadilan Sejahtera sepakat bila sertifikasi halal dikelola sebuah badan di bawah naungan Kementerian Agama. Nantinya, MUI berperan memberikan standar kerja badan maupun auditornya. Misalnya memberikan rekomendasi kepada auditor tentang fatwa halal sebuah produk. Badan ini juga meneken sertifikasi halal bersama MUI.

Atas rencana tersebut, Amran berpendapat, jika tugas MUI hanya memberikan rekomendasi terhadap badan tersebut, maka rekomendasi itu bisa saja ditolak pemerintah. Begitu pula bila pemerintah melalui badan tersebut ikut meneken sertifikasi halal, bisa menimbulkan persepsi yang berbeda pada setiap produk. “Kami ingin menengahi, jangan sampai ada dualisme keputusan,” kata dia.  (tempo/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Muhammad Suwignyo

    terungkapnya kasus label halal melibatkan MUI, kalimat ini harap difahami sebagai issu bola panas yang bisa menghancurkan kepercayaan ummat kepada MUI. Siapa yang mengungkap, sejauh mana kebenarannya, Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap usaha memecah belah kaum muslimin di Indonesia, kita jaga persatuan dan kesatuannya, kita rawat perasaan ummat dari serangan kaum peng gembos islam, yang menginginkan runtuhnya kebesaran Islam dan ummatnya. sehingga izzatul Islam wal muslimin akan kita tegakkan.

Lihat Juga

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis.

DPR Berharap Masyarakat Tidak Terprovokasi Bom Gereja Samarinda

Organization