Topic
Home / Berita / Nasional / MA Khawatir Hakim Terpengaruh Media dalam Memutus Perkara

MA Khawatir Hakim Terpengaruh Media dalam Memutus Perkara

Mahkamah Agung RI - idmanado.com
Mahkamah Agung RI – idmanado.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Mahkamah Agung (MA) mengupas pengaruh media massa terhadap profesi hakim melalui acara diskusi. Inti diskusi tersebut ingin mengetahui seberapa jauh pengaruh pemberitaan terhadap putusan hakim.

“Kami ingin mengetahui apakah opini yang dibangun media berpengaruh terhadap independensi hakim dalam memutus perkara atau tidak,” kata Kapuslitbang MA Basuki Rekso Wibowo dalam acara diskusi bertajuk ‘Media Massa Terhadap Kemandirian Hakim’, di Sekretariat MA, Jl A Yani, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2014).

Basuki mencontohkan salah satunya dalam kasus korupsi yang begitu marak diberitakan media selama ini. Seharusnya jika fakta dipersidangan tidak kuat, maka seyogyanya hakim membebaskan terdakwa.

“Media sudah membentuk opini sedemikian rupa kalau sampai diputuskan pasti pemberitaan akan menduga-duga ada sesuatu dibalik putusan bebas itu. Menurut saya, kalau fakta persidangan itu lemah, dakwaan bukti lemah, dan hakim tidak bermain-main dengan putusan itu,” ujar Basuki.

Menurut Basuki, idealnya hakim itu memutus perkara dengan hati nurani. Namun pemberitaan dapat saja membangun opini tertentu saat persidangan masih berjalan.

“Karena tidak ada hakim yang tidak baca koran kan, dan banyak koran yang dibaca itu ada pengaruhnya tidak? Kami tahu pemberitaan media massa sekarang luar biasa, tidak ada bidang kehidupan yang tidak tersentuh media,” ungkap Basuki.

“Khusus terkait dengan praktik di peradilan, sering kali pemberitaan itu membuat posisi hakim yang mengadili perkara itu dalam posisi dilematis. Apakah memutus perkara berdasarkan fakta di persidangan atau kah karena media?” kata Basuki menambahkan. (detik/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Menjadi Calon Ibu Peradaban yang Bijak dalam Penggunaan Media Sosial

Figure
Organization