Home / Berita / Nasional / Karikatur Babi dan Label Halal MUI di Tempo, Lecehkan Umat Islam

Karikatur Babi dan Label Halal MUI di Tempo, Lecehkan Umat Islam

Cover Majalah Tempo bergambar Babi dan Label Halal MUI - Foto: chirpstory.com
Cover Majalah Tempo bergambar Babi dan Label Halal MUI – Foto: chirpstory.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) tampak geram dengan karikatur, cover hingga pemberitaan Majalah Tempo. MUI menganggap Tempo melecehkan MUI dan umat Islam, sehingga pantas di somasi.

Ketua MUI Amidhan menegaskan pemberitaan Tempo itu berlebihan. Karikatur di cover majalah itu juga dinilai melecehkan. Sebab digambarkan sebuah produk dengan gambar babi dan ada sertifikat halal MUI. Padahal babi bagi umat Islam haram untuk dikonsumsi.

“Itu melecehkan, pantas kita somasi itu. Ini sangat menyakitkan,” kata Amidhan kepada INILAHCOM, Rabu (26/2/2014).

Ketua Umum MUI Din Syamsuddin sudah melihat keseluruhan pemberitaan Majalah Tempo ini. Kata Amidan, MUI tetap akan melayangkan hak jawab ke pihak Majalah Tempo.

“Hak jawab dulu kita kirim. Tidak lama kita jumpa pers,” kata Amidhan.

Berbagai tudingan dalam pemberitaan Tempo itu, kata dia, tidak berdasar. Apalagi menuding MUI menerima dana-dana yang tidak sesuai.

Amidhan bahkan menantang Majalah Tempo untuk membuktikan tudingan mereka itu. Termasuk dana-dana yang dikatakan diterima MUI dan Amidhan secara pribadi. (inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (29 votes, average: 9,10 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Sejuki

    Kali ini Tempo sudah keterlaluan…!!!

  • Morgan

    dari dulu keterlaluan, bubarkan cepat semua media sejenis Tempe, maksud saya Tempo,
    Media2 Penghianat Bangsa

  • rony

    habis lu tempo…makanya bikin berita yang bener jangan bikin fitnah….

  • Firman

    Ayo MUI jgn cuma gertak sambel, buktikan bahwa MUI benar-benar bersih dan bisa dipercaya oleh umat…

  • Ade Yusuf Saputra

    Astarghfirullah hal’adzim…..
    Fitnah ada dimana mana…..

  • Anjar Koeswara

    ya bagus. buat pembelajaran, biar mui lebih teliti dan bekerja dengan lebih baik lagi, mudah-mudahan memang benar tidak bermain. klo bermain khan parah.

    • Sejuki

      Konteksnya bukan itu boss, tapi gambar yg dimuat pada sampul depan yg menggambarkan label halal disandingkan dg gambar babi. Kalo ente muslim, apa ente gak merasa tersinggung dan dongkol atas pelecehan yg amat sangat telanjang telah dilakukan Tempo tsb?

      Itu kan sama saja dg bhw Tempo secara terang-terangan menantang perang dg ummat Islam. Ente gak merasa seperti itu boss?

      • jeffrey

        Ente liatnya pake sisi emosi aja sih, liat dong beritanya. Di sana pemotongan sapi berdampingan dengan pemotongan babi, dengan pisau yang sama. Itu maksud dari covernya…. Seharusnya ente tidak terhina, tapi menjadi lebih waspada

        • Sejuki

          Eh, mata ente juling ya? Tuh pada gambar di atas ada label halal (stempel yg biasanya dipakai MUI, yg warna hijau) pada kaleng yg bergambar babi. Itu sama saja dg mengatakan bhw MUI telah menghalalkan daging babi yg jelas-jelas haram hukumnya dalam Islam. Hinaan yg amat sangat. Memang gak ada ilustrasi lain selain menyandingkan gambar babi (yg biasanya ente makan itu) dg label halal itu? Hallo??? Kenapa gambarnya bukan sapi atau kambing atau kibas dll. Kenapa harus babi. Hallo?????

          Mata juling kok mau komen, komennya asbun lagi. Hmmm…

        • Sejuki

          Eh, mata ente juling ya? Tuh pada gambar di atas ada label halal (stempel yg biasanya dipakai MUI, yg warna hijau) pada kaleng yg bergambar babi. Itu sama saja dg mengatakan bhw MUI telah menghalalkan daging babi yg jelas-jelas haram hukumnya dalam Islam. Hinaan yg amat sangat. Memang gak ada ilustrasi lain selain menyandingkan gambar babi (yg biasanya ente makan itu) dg label halal itu? Hallo??? Kenapa gambarnya bukan sapi atau kambing atau kibas dll. Kenapa harus babi. Hallo?????

          Mata juling kok mau komen, komennya asbun lagi. Hmmm…

          • jeffrey

            orang yg kaya gini nih yang gampang mengkafirkan orang… Astaghfirullah… ok ane salah kalau itu yang ente mau

          • Sejuki

            Ya, gitu dong ngaku. Itu baru bener. Berarti mata ente gak juling kan? Hehehe……

            Ttg pengkafiran, siapa mengkafirkan siapa Tong? Jangan terlalu mudah menuduh. Kriteria seseorang itu [email protected] atau bukan sudah amat jelas diatur dalam al Qur’an dan al Hadits. Kalo kriterianya terpenuhi, boleh seseorang mengkafirlkan seseorang sepanjang itu sesuai dg tuntunan al Qur’an dan al Hadits. Artinya harus dg ilmu, bukan asal cuap begitu saja.

          • Sejuki

            Ya, gitu dong ngaku. Itu baru bener. Berarti mata ente gak juling kan? Hehehe……

            Ttg pengkafiran, siapa mengkafirkan siapa Tong? Jangan terlalu mudah menuduh. Kriteria seseorang itu [email protected] atau bukan sudah amat jelas diatur dalam al Qur’an dan al Hadits. Kalo kriterianya terpenuhi, boleh seseorang mengkafirlkan seseorang sepanjang itu sesuai dg tuntunan al Qur’an dan al Hadits. Artinya harus dg ilmu, bukan asal cuap begitu saja.

          • nair

            ente koplak boss…buta gambar ya..kasihan deh…

          • Andang Irfan Riyanto

            yg kayak gini nih orang yg gampang di buat sesat, yg di permasalahkan bukan isi koran tapi gambar karikatur nya, baru nanti klw isinya juga menghina bisa ditindak lanjuti.

          • jeffrey

            orang yg kaya gini nih yang gampang mengkafirkan orang… Astaghfirullah… ok ane salah kalau itu yang ente mau

  • Endaaa…!!

    Ini benar-benar musuh Allah…

  • kritianoda

    ada siapa di balik “tempo”??????????
    dari dahulu udah jelaaaaaaaaaaass

  • Adil

    tempo yg punya sapa siih?!? gk punya otak bener ni media!

  • Muhamad Soleh

    Pemberitaan Tempo dah tidak sehat dan tidak mendidik, bagaimana bisa dipercaya. Tuntut dan pidanakan Penerbit dan penanggung jawab Tempo.

  • Qinara Desta

    Saya sbgai muslim mlah bertrimakasih kpd tempo..dpt mengangkat hal ini…spya kita tetap waspafa…kenyataannya..mmang..byak…d tmukan…spti..ini…bru2sja kan ada impor daging(kasus korupsi) klo gk mencuat..kan kita tdk tau..ternyata…byak..dging babinya or dging kuda…or kickers pke klit babi..Byak oknum btindak hya mcari ke untungan smata. MUI harus bkerja ekstra spya spti ini tdk pnah ada or hrsnya tidak terjadi.

    • Sejuki

      Jadi, ente setuju label halal utk daging babi? Sejak kapan Islam menghalalkan daging babi?

      • Djtiest Lah

        sejak kapan islam menghalalkan daging babi, itu mah presepi ente aja.. mui tuh bukan kiblat islam bung

        • Hamba Allah sedang belajar

          MUI bukan kiblat islam. Monggo, kalo Quran? Al Baqarah ayat 173? Al Maidah ayat 3?
          Ohh Qur’an bukan kiblat muslim?

        • Sejuki

          Itu persepsi Tempo, bukan persepsi ane. Makanya amat menyakitkan ummat Islam. Ente tidak merasa sakit akan penghinaan dari Tempo ini Tong??? Atau mungkin ente bukan muslim?

          Lalu, apa ukurannya bhw MUI itu menurut ente bukan kiblat Islam. Bisa ente jelaskan Tong? Mudahan ente tidak asbun.

      • Fransisco Panca

        Mungkin media tempo ini terlalu frontal memakai bahasa simbolnya.. gua harap lain kali media harus lebih hati2 kalo bikin ilustrasi deh karna banyak sekali orang2 kaya mas sejuki di indonesia (baca:blo’on)

        • Sejuki

          Bukan terlalu frontal, tetapi telah menghina Islam. Ente bukan muslim (maaf jika keliru), sudah bisa memahaminya bhw Tempo itu telah melakukan kesalahan fatal, apalagi jika ente muslim.

    • Guest

      Mungkin media tempo ini terlalu frontal memakai bahasa simbolnya.. gua harap lain kali media harus lebih hati2 kalo bikin ilustrasi deh karna banyak sekali orang2 kaya mas sejuki di indonesia (baca:blo’on)

      • Fathin

        sekilas kata2nya mas sejuki memang seperti orang blo’on,
        tapi kalian kepikiran gak kalo itu sarkasme?
        lebih banyak mana orang yg cuma lihat cover atau isi majalahnya? coba pikir juga kalau majalah itu dijual dg seal .. apa yg bakal dipikirkan orang awam adl apa yg dikatakan mas sejuki. apa dampaknya? salah kaprah.. makanya media yg mendidik dlm bikin ilustrasi pun harusnya jg punya saringan.. kecuali kalau saringannya kotor ya pantes aja keluarannya begitu :o

  • Steve Jobless

    Ayo umat muslim indonesia, mari kita dukung tempo untuk membersihkan MUI dari oknum2 yang mata duitan….

    • Sejuki

      Lepas konteks ente. Gak nyambung.

      • Steve Jobless

        ^^ ente bahlul

        • Sejuki

          Bahlulnya di mana tong? Biasanya orang yg suka mengumpat, umpatannya akan memukul balik ke dirinya sendiri. Artinya, entelah sebenarnya yg bahlul.

          Gimana???

  • Firoos Hidayatullah

    Media Sekuler , bubarkan segera tidak mau melihat perkembangan ummat islam

  • Chandra IrvSimarmata

    Lanjutkan tempo, biar malu org2 munafik dinegeri ini mukanya tercoreng,

  • jeffrey

    Sebelum komen lebih baik baca dulu baik2 majalahnya biar jelas apa yang menjadi pokok permasalahannya. Emangnya ente mau makan babi yang dibungkus label halal MUI? Yang bilang Tempo melecehkan islam itu kan pak Amidhan yang terbukti mendapat gratifikasi milyaran itu? Dan beliau juga sudah mengaku memang mendapat gratifikasi.

    • bang jack

      Baca lagi dong,pak amidhan Itu udah baca,Dan isi beritanya tempo menuduh MUI menerima dana2 yg tak sesuai..ada tu di baris ke 6.Coba baca lg berita di atas

  • Aristokrat

    stop aja majalah berbasis yahudi itu

  • Fred Mathers IV

    Kebanyakan asal komentr,, makanya baca majalahnya…. Orang Indonesia Goblok

    • Sejuki

      Berarti termasuk ente. Goblok juga kan?

      • Fred Mathers IV

        sy sampe skrg gk merasa org indonesia koq lol

    • Sejuki

      Berarti termasuk ente. Goblok juga kan?

    • Andang Irfan Riyanto

      si fred yg kayak gini nih orang yg gampang di buat sesat, yg di permasalahkan
      bukan isi koran tapi gambar karikatur nya, baru nanti klw isinya juga
      menghina bisa ditindak lanjuti.

  • RoKhim Dkp

    Jelas pelecehan thd Islam dan MUI.Segera seret pimpinan TEMPO ke pengadilan!!

  • RoKhim Dkp

    Jelas pelecehan thd Islam dan MUI.Segera seret pimpinan TEMPO ke pengadilan!!

  • bang jack

    Tempo,kenapa kau buat gambar seperti ITU…janganlah kau menuduh,aku kesal Kali INI lah.

  • Tengku Hidayat Taufik

    Halal tuh darahnya yang ikut terlibat di pembuatan pemberitaan tempo….dasar tempo kampret..

Lihat Juga

Ilustrasi. (change.org)

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk

Organization