Home / Berita / Internasional / Asia / Demi Sebuah Jalan, Otoritas Saudi Akan Bongkar Tempat Kelahiran Rasulullah

Demi Sebuah Jalan, Otoritas Saudi Akan Bongkar Tempat Kelahiran Rasulullah

Pelataran Masjidil Haram - Foto: jurnalhaji.com
Pelataran Masjidil Haram – Foto: jurnalhaji.com

dakwatuna.com – Makkah.  Hanya beberapa langkah dari Masjidil Haram, otoritas Arab Saudi berencana membongkar tempat kelahiran Rasulullah SAW. Pembongkaran ini dimaksudkan untuk memuluskan pembangunan jalan bagi imam dan istana kerajaan.

“Situs bersejarah yang masih tersisa di kerajaan, adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad. Situs ini paling penting bagi umat Islam,” ungkap Irfan Al-Alawi, sejarahwan dan Direktur Eksekutif Heritage Research Foundation, seperti dilansir onislam.net, Senin (24/2).

Tak hanya rumah kelahiran Rasulullah, sebuah perpustakaan kecil, juga akan masuk dalam daftar pembongkaran. Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1950-an.

Ketika dimintai komentar, otoritas Saudi mengatakan tempat itu bukanlah tempat kelahiran Nabi. Otoritas justru khawatir, tempat itu akan mendorong perbuatan syirik.

Selama satu dekade terakhir, situs paling suci umat Islam mengalami transformasi besar.  Banyak bangunan baru berdiri di atas lahan bersejarah. Masjid suci misalnya, proyek pembangunan terbaru akan memperluas kapasitas masjid. Pusat perbelanjaan dan hotel mewah pun banyak mengelilingi bangunan masjid. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (18 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Novi Dewi Susanti

    Memang tidak ada hadits shahih yg menyatakan bangunan “maulud nabi” itu adalah tempat kelahiran Rasulullah SAW. kalau untuk kepentingan yg lebih luas, misalnya membuat jalan dan memperluas areal mesjid, apalagi utk menghalangi org2 berbuat ‘syirik’, saya rasa baik-baik saja di bongkar. Masalah perpustakaan kecil itu, kan sudah ada perpustakaan di dalam mesjidil haram yg lebih canggih perlengkapannya, walaupun yg boleh masuk hanya laki2 saja.

    • Guest

      saya tidak setuju dengan pendapat yang bisanya hanya curiga pada orang berbuat musyrik, padahal itu belum tentu terjadi, peninggalan sejarah islam adalah bukti nyata fisik yang memperkuat dalil kebenaran Al-quran dan Hadist yang dapat disaksikan oleh generasi islam berikutnya. aneh dengan kerajaan Saudi untuk syaikh mereka dibangun monumen mewah tapi peninggalan2 Rasul dirusak,

  • joko suroto

    Umar bin Khatab saja pernah menebang Pohon yang sangat bersejarah untuk Islam karena digunakan untuk baiat. Jadi ya nggak ada masalah menurut saya, apalagi ini diubah menjadi lebih bermanfaat untuk umat.

  • Andrea

    Dimna letak kecintaanmu pada Rasulullaah Saw??
    kamu orang wahabi/salafi yaa?? owh panteess,,, dkit2 hadis shoheh shoheh2,,, cz,Raja Arab tu braliran Wahabi asal kamu tahuu,,, Kl misal jadi dihancurkan maka anak cucu kita kelak mau lihat sejarah peninggalan Nabi bagaimana?? ironiiss skalii,,
    terus yg gw heran letak syiriknya dimanaa?? “sakiitt” itu org yg bilang syirik,,, Skalian aja tu pekuburan NabiSaw sma ka’bah dihancurin,,, silahkn tunggu azab dari Allah Swt,, huufftt,,

    • egi

      Kita mengajarkan cucu kita dengan sunnah, darimana kita tau perbuatan it sunnah? Dr hadits shahih.. Darimana kita tau it hadits sahih? Dr sahabat rasulullah..yaitu para Salaf, yang anda kata2i..termasuk di dlmnya 10 sahabat yang dijamin surga..hati2 kaLau menghina..hanya dengan perbuatan sedikit orang, anda telah mnghina satu kaum..

      Saya jg termasuk yg kurang stuju dengan kebijakan ini, wallahualam detail dan niat mereka sebenernya apa..

      • i3ili Maghrib

        egi ente wahabiyun jgn kesinggung emang bener apa yg dikomen andrea tuh

      • kusnadin khaizan

        Jika semua tempat peninggalan Nabi di anggap menimbulkan syirik, lambat laun Gua Hira/ tempat Rasul menerima wahyu yg pertama juga akan di hancurkan, bagaimana itu…???

      • Iqbal Munawier

        ia bener memang, tapi tempat2 itu juga jangan dibongkar, bukti fisik peninggalan Rasulullah SAW untuk memperkuat kebenaran Al-qura’an dan Hadist yang dapat disaksikan oleh generasi islam dikemudian hari.

  • Slamet Riyadi

    kalau memeng akan digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat di dunia dan akhirat serta untuk masa depan generasi islam…seharusnya tidak ada yang tersakiti…
    tetapi kalau hanya untuk megah2n n mempermudah jalan keluarga kerajaan…dimana nilai maanfaat lebihnya…

  • Axel Qoepunk

    Demi sebuah jln bagi ima dan istana kerajaan situs sejarah Nabi SAW dibogkar.
    Demi perluasan masjidil Haram situs sejarah Nabi SAW dibongkar.
    Yg ada skrg, disekelilingi berjejel banguna megah hotel berbintang pencakar langit dan puaat berbelanja super mewah.
    Nah skrg jd pertanyaan, itu semua demi ibadah atau apa!?
    Kerajaan arab wahabi, kaum paling munafik di muka bumi.
    Semoga kalian mati dlm keadaan dihina Allah SWT Nabi SAW.

    Hanya org bodoh, idiot dan dangkal pemikirannya yg mendukung perbuatan kaum wahabi terhadap situs2 sejarah islam di mekkah dan madinah!
    Smoga kebodohan kalian tidak dikekalkan…..!

  • Paga Nagari

    Semoga rumah emak bapak anda yg mendukung juga dibongkar atau amblas…dan semoga kehancuran dinasti saud dipercepat oleh Allah Ta’ala yg telah dgn lancangnya mengubur semua peninggalan nabi dan diganti dgn altar kerajaannya…bukti pendiri Islam telah punah..dimana2 situs sejarah seorang tokoh pasti dilindungi dan dijadikan peringatan dan bukti dan penguat kebenaran, apalagi seorang Nabi yg Agung…harusnya dilestarikan dan diingat oleh umat Islam, tapi itulah ajaran wahabi, kalau orang berkhidmat kepada nabinya dikatakan syirik, tapi kalau utk pangeran2 dan raja2 mereka tidak sirik. Kebencian mereka terhadap nabi sangat terang..semoga akan datang suatu kaum yg akan membinasakan raja zalim tersebut.

  • Baduung Duung

    Allah swt lebih tau apa yg akan terjadi setelah pembongkaran tersebut.

  • Joko Belodo

    Sudah saatnya Ummat Islam tegas dalam hal ini karena ini sdh menyangkut masa depan Islam,seperti dgn memboikot Haji dan Umroh ,Rasululloh saw telah memberi contoh bagaimana beliau mentakhirkan ibadah ini demi untuk Politik ummat,demi kejayaan Islam,beliau baru menunaikan ibadah tsb saat menjelang wafat ,saat Islam meraih kejayaannya ,saat kota mekkah steril dari berhala2 kaum Musyrik,saat ini berhala2 modern spt mall,hotel2 mewah,restaurant2 mewah dsb sdg gagah2nya disana dan penghancuran terselubung berkedok tuduhan syirik sdg gencar2nya disana maka wajar sdh jutaan jama’ah haji dr Indo tp tdk memberi keberkahan apapun buat negeri ini………..Wallohua’lam…

    • sumarlin surya

      Iya betul.. Kl dibilang berpotensi syirik, seluruh benda yg ada di muka bumi ini berpotensi syirik, bahkan Ka’bah dan Kuburan Rosul aja berpotenzi syirik. itu semua tergantung dari keimanan individu’y bkn maslah situs sejarah’y.. seluruh situs di bongkar sehingga orang2 yg berhaji itu sibuknya SHOPING sm ENJOYING di hotel, dia lupa untuk tarbiyah dari situs2 peninggalan Rasul. WAHABI MUNAFIK…

  • ruchiyat

    saudi itu ada trah yahudinya,jadi ga aneh

  • simbah

    Syirik jelas harus dijauhi. Namun Membongkar bangunan bersejarah tapi membiarkan mal mal Amerika dsb berkeliaran adalah tidak tepat. Tinggal dijelaskan kepada pengunjung bahwa ini adalah tempat bersejarah, yang Tidak ada hubungan dengan kekuatan, gaib dsb yang menjurus kearah Syirik. Ka’bah bukan milik Arab Saudi tapi milik umat islam. Alangkah baiknya jika di diskusikan dengan ulama sedunia. Sayang Khilafah saat ini sdg tidak ada.

  • simbah

    Karena tidak ada kekhilafahan islam. Ka’bah dan tempat bersejarah islam adalah milik umat islam, bukan milik sang raja ini saja. Keputusan penting seharusnya melibatkan ulama dari berbagai belahan dunia. Syirik ya harus dijauhi, tapi menurut saya tidak harus dengan dihancurkan. Tinggal dikasih penjelasan, apa makna sebenarnya tempat itu. Lha mal mal megah amerika saja malah dibangun, kok malah tempat bersejarah mau dihancurkan.

  • Ziyad Jidda

    tempat bersejarah ../?kata2 itu kykna cuma ada di Indonesia aj deh…lbh baik di bongkar daripada jd lading syirik dan bid ah..

    • Paga Nagari

      Banyak baca bung, hampir setiap negara punya situs sejarah dan museum utk mengingat pahlawan bangsa dan negaranya, apa bagi anda seorang nabi tidak lebih berharga dari seorang pahlawan, kalau anda katakan syirik berarti 2 khalifah Abu Bakar dan Umar syirik donk, krn dizaman beliau perluasan masjid dilakukan dan bangunan tersebut tidak digusur, apa anda lebih pintar dari mereka, coba pelajari lagi bab syirik biar ga ngawaur anda dan akhirnya hanya jadi cemoohan.

  • Ngeri-ngeri Sedap

    Semoga hajar aswad tidak dihancurkan juga, karena mungkin saja ada orang yang menganggap hajar aswad adalah sebuah batu “keramat”, yang bisa menjurus ke perbuatan syirik.

  • nurhayati

    semua ini akibat pemikiran wahabi keparat

    • Mujahid

      Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barangsiapa
      yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang
      baik atau – kalau tidak dapat berkata yang baik, hendaklah ia berdiam
      diri saja.”

  • nurhayati

    anak cucu kita bakalan kehilangan jejak untuk meneladani rasulullah

    • BramSonata

      Dengan Al Quran dan Sunnah/hadist Nabi SAW, anda akan senantiasa meneladani Rasuallah SAW, bukan melalui peninggalan materi, sepertikuburan, tempat kelahiran,dan lainnya.

      • Paga Nagari

        lalu kenapa umar ra capek2 membebaskan masjidil aqsa…bukankah alquran dan hadis masih ada waktu itu..dan jg menjadi sumber konflik hingga kini dgn israel…knp anda ga bilang sekalian tuh sm para pejuang2 pembebasan manjidil aqsa…bukankan alquran masih anda pegang…

        pahami isi alquran dan hadis itu bung..jangan cuma ditenteng2 doang…alquran menyuruh kita memperhatikan ayat dan tanda2 dialam ini, dan situs2 para nabi adalah tanda2 keberadaan nabinya dalam menyampaikan risalahNya..

        dan jangan anda ganti situs2 para nabi itu dgn altar2 raja yg menjudi tuan2 anda..

        • BramSonata

          Coba pahami tulisan(komentar)Nurhayati, kata kuncinya meneladani.

          Hanya ada 2 bangunan(materi) yg harus eksis dan tetap eksis hingga hari kiamat : Ka’bah dan masjid-masjid, sebab ini rumah(milik)Tuhan, tempat dimana seluruh umat Islam ruku’ dan sujud.

          • Paga Nagari

            Memang bukan utk diteladani tapi sebagai pengingat & hujjah. Apa anda lebih suka mengingat para raja zalim itu diatas bangunannya dari pada mengingat sosok nabi melalui peninggalannya, pikirkan itu!. dan tidak mesti hanya masjid yg boleh berdiri sampai hari kiamat, luruskan nalar anda, klau masjid hanya utk menebar kebencian lebih baik digusur dijadikan jalan yg lebih bermanfaat.

  • sumarlin surya

    Kl dibilang berpotensi syirik, seluruh benda yg ada di muka bumi ini
    berpotensi syirik, bahkan Ka’bah dan Kuburan Rosul aja berpotenzi
    syirik. semua itu tergantung dari keimanan individu’y bkn maslah situs
    sejarah’y.. Mereka membongkar seluruh situs peninggalan Nabi agar orang2 yg berhaji itu
    sibuknya SHOPING sm ENJOYING di hotel sehingga lupa untuk tarbiyah dari
    situs2 peninggalan Rasul. WAHABI MUNAFIKKKKKKKKK…

  • sumarlin surya

    Kl dibilang berpotensi syirik, seluruh benda yg ada di muka bumi ini
    berpotensi syirik, bahkan Ka’bah dan Kuburan Rosul aja berpotenzi
    syirik. semua itu tergantung dari keimanan individu’y bkn maslah situs
    sejarah’y.. Mereka membongkar seluruh situs peninggalan Nabi agar orang2 yg berhaji itu
    sibuknya SHOPING sm ENJOYING di hotel sehingga lupa untuk tarbiyah dari
    situs2 peninggalan Rasul. WAHABI MUNAFIKKKKKKKKK…

  • Soap Mac Tavish

    singkat saja, “wahabi pancen edan”

  • Soap Mac Tavish

    wahabi sesat

  • Soap Mac Tavish

    wahabi bangsat

  • habibah

    Sejarah perlu di lestarikan sebagai pelajaran umat setelahnya, bukan untuk syirik, syirik itu madalah pribDi manusianya, bukan tmpatnya

  • BramSonata

    Pemerintah(an)/otoritas Arab Saudi –menurut saya– jauh lebih memahami tentang ini/itu semua, tinimbang kita yg jauh dari pusat kelahiran Islam.
    Dan menurut saya pula, selama Rasulallah SAW atau bahkan Al Quran tidak mengatakan, bahwa membongkar bangunan tempat kelahiran Nabi SAW : DOSA, mengapa kita mesti meributkan masalah ini?
    Semua situs bersejarah Islam boleh hancur, hanya satu yg tidak boleh dihancurkan . yaitu : KA’BAH. Masjidil Aqsa, Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi. dan termasuk masjid masjid yg terserak dimuka bumi saat ini.

    • Paga Nagari

      ya silakan terus anda menjilat saudi..biar dia tambah sayang sm anda,
      apa menggusur situs nabi saw dan menggantinya dgn altar para raja menurut anda adalah sebuah kebaikan yg apabila dikerjakan akan mendapat pahala , apa hal itu disebutkan atau diperintahkan dalam hadis rasulullah dan alquran, jangan asal kalau menimbang… knp anda begitu membela raja zalim ini yg terang2an dikecam oleh banyak ulama di dunia.

      ya tambah satu lagi..peninggalan nabi biar hancur termasuk kuburan beliau asal altar2 raja saudi yg anda sembah itu tetap berdiri dgn kokoh…

      • BramSonata

        Mengapa Saya hanya menyisakan Ka’bah dan masjid-masjid (yg ada dipermukaan bumi saat ini) yg harus tetap eksis tinimbang bangunan lainnya selain yg saya sebut ini? Ka’bah.masjid masjid rumah Tuhan dan milik Tuhan dan langsung dipergunakan untuk tempat menyembah Tuhan, sedangkan yg lainnya hanya sekedar onggokan benda purbakala, yg tidak ada nilaisedidikitpun “dimata” Tuhan, salah salah malah disembah-sembah, dijadikan jimat sekaligus tuhan-tuhannya.

        • Paga Nagari

          kalau begitu sekalian aja anda bongkar kuburan emak bapak dan keluarga anda kelak dipake buat pasar atau jalan, toh bukan rumah tuhan, dan ga ada artinya ‘dimata’ tuhan, dari pada ntar disembah,dipuja2 atau mungkin nanti dijadikan tuhan sm anak cucu anda.

  • mulya

    mencintai nabi adalah dengan menjalankan sunahnya, adalah Ibnu Wadhdhâh juga meriwayatkan, bahwasanya ‘Umar bin al-Khaththâb
    memerintahkan untuk menebang sebuah pohon di tempat para sahabat
    membaiat Rasulullah di bawah naungannya (yaitu yang dikenal dengan
    Syajaratur-Ridhwân). Alasannya, karena banyak manusia mendatangi tempat
    tersebut untuk melakukan shalat di bawah pohon itu. Beliau Radhiyallahu
    ‘anhu mengkhawatirkan timbulnya fitnah (kesyirikan) pada mereka
    nantinya, seiring dengan perjalanan waktu [Al-Bida’u wan-Nahyu ‘Anha,
    42. Al-I’tsihâm, 1/346. Dinukil dari Dirâsatun fil Ahwâ wal-Firaqi wal-
    Bida’ wa Mauqifu as-Salafi minha, hlm. 222].

    Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan taufik-Nya, dan menghindarkan kita

    dari prasangka buruk sesama muslim.

    • Paga Nagari

      Ya sekarang gantinya yg banyak dikunjungi Mall disekitar ka’bah, saudi telah
      berhasil mengalih perhatian dari mengunjungi tempat2 bersejarah untuk
      mengingat nabinya dan diganti dgn jalan2 ke mall mewah, dgn decak kagum
      akan mewahnya bangunan pemuas nafsu. Apa ini bukan syirik bagi anda, apa
      anda sudah tanya mereka apa yg mereka sembah itu situs2..syirik itu
      terkait hati seseorang bukan benda atau tempat yg syirik …kalau harus
      menghancurkan situs dan kuburan , knp ga dihancurkan pada zaman Umar RA
      ketika perluasan masjidil haram dulu…anda telah dikecoh krn kepoloson anda atas siasat jahat zionis dan saudi.

  • Al-Quran dan As-Sunnah harus dijunjung tinggi, begitu pula dengan sang pembawa risalah tersebut yaitu Rasulullah SAW. kita sebagai ummat hendaknya selalu bersyukur kepada Allah karena kita telah dijadikan ummat Rasulullah SAW. Jika tempat kelahiran nabi dibongkar demi kelancaran pihak kerajaan Saudi, apa istimewanya Raja Saudi dibandingkan dengan Rasulullah. apakah dia lebih mulia? tentunya tidak ada apa-apanya. semoga rencana ini tidak jadi dilaksanakan. kalau pun jadi, hanya Allah tempat kita berserah diri… bukankah fakta telah membuktikan bahwa rencana ini telah terjadi pada zaman raja fadh. namun Allah Maha Besar dan Maha Berkuasa. setiap kali alat berat ingin menghancurkannya, setiap itu pula mesin itu mati dengan sendirinya.

Lihat Juga

crane3

Belum Diketahui Ada Atau Tidak Jamaah Haji Indonesia yang Menjadi Korban Kecelakaan Crane di Masjidil Haram

Organization