Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Penolakan Presiden Mursi terhadap Proses Hukum Dirinya

Penolakan Presiden Mursi terhadap Proses Hukum Dirinya

Dr. Muhammad Mursi dibalik jeruji terdakwa di dalam pengadilan (foto: bbcarabic.com)
Dr. Muhammad Mursi dibalik jeruji terdakwa di dalam pengadilan (foto: bbcarabic.com)

dakwatuna.com – Mesir. Presiden Mesir yang dikudeta militer, Dr. Muhammad Mursi, menolak proses hukum yang dilakukan kejaksaan dan pengadilan terhadap dirinya karena tidak sah dan bertentangan dengan konstitusi. Dr. Mursi menegaskan bahwa yang seharusnya diseret ke pengadilan adalah para pelaku kudeta terhadap dirinya selaku Presiden Mesir terpilih melalui pemilu yang demokratis.

Penolakan itu disampaikan langsung Dr.Mursi di hadapan majlis hakim yang mengadili dirinya bersama 130 terdakwa lainnya (sebagian besar tokoh dan aktivis Ikhwanul Muslimin) di Cairo, Sabtu, 22 Februari 2014. Majlis hakim kemudian menunda sidang hingga Senin, 24 Februari 2014, setelah salah satu anggota tim pembela para terdakwa meminta jawaban pengadilan terhadap penolakan tersebut.

Pengadilan terhadap Dr.Mursi digelar di gedung Akademi Kepolisian Mesir di daerah Tajammu’ Khamis, Cairo, dengan penjagaan yang ketat oleh aparat kepolisian.

Sementara itu, kontras dengan peradilan terhadap Dr.Mursi dan para loyalis dirinya, Pengadilan Mesir di Provinsi Alexandria dilaporkan (22/2) telah memutus bebas enam perwira tinggi dan personil kepolisian Mesir (diantaranya Kepala Kepolisian Provinsi Alexandria) yang sebelumnya didakwa bertanggung jawab atas kematian sejumlah aktivis pengunjuk rasa dalam Revolusi 25 Januari 2011 menuntut lengsernya Presiden Husni Mubarak.

Keputusan tersebut dikabarkan telah memicu kericuhan dan ditolak langsung oleh keluarga korban yang jatuh selama Revolusi 25 Januari 2011 karena dinilai tidak adil dan berpihak kepada aparat kepolisian yang dijadikan alat oleh rezim Mubarak untuk mempertahankan kekuasaannya. (bbcarabic/rem/dakwatuna).

 

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization