Home / Berita / Nasional / RZ Salurkan Bantuan Untuk 35.231 Korban Bencana

RZ Salurkan Bantuan Untuk 35.231 Korban Bencana

Pelatihan Skill Produktif untuk pengungsi Sinabung - Foto: RZ
Pelatihan Skill Produktif untuk pengungsi Sinabung – Foto: RZ

dakwatuna.com – Bandung.   Sepanjang 2014, RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan untuk 35.231 orang korban bencana. Aksi tersebut dilakukan di 18 daerah yaitu Medan, Jakarta, Tangerang, Cikarang, Bekasi, Subang, Indramayu, Pekalongan, Kudus, Semarang, Banyumas, Solo, Jogja, Surabaya, Kediri, Malang, Jombang, dan Manado.

Aksi siaga bencana yang dilakukan yaitu evakuasi, posko dapur umum, aksi siaga sehat, aksi siaga gizi, penyaluran makanan, obat-obatan, logistik, toilet portable, sanitasi dan trauma healing. Penerima manfaatnya adalah para korban erupsi Sinabung, banjir, tanah longsor, gempa bumi dan erupsi Kelud.

Saat ini RZ tengah melakukan Aksi Bantu Sinabung dan Kelud. Di Sinabung, para relawan juga melakukan pemberdayaan ekonomi para pengungsi melalui program Pelatihan Skill Produktif. “Kami membuat dekorasi ruangan dari sabun dan bros dari bahan flanel,” ujar Oki, Relawan RZ di posko pengungsian Sinabung, Selasa (18/02).

Oki menambahkan, Relawan RZ telah membuat bazar di salah satu sekolah di Medan untuk mempromosikan produk tersebut. Selain itu, Relawan RZ dan para pengungsi juga berkesempatan membuka stand di event 1st Anniversary Sedekah Bareng. “Kami tidak memberi patokan harga jual produk kami. Setiap orang dapat memiliki produk kami dengan memberikan infak sesuai kemampuan mereka,” terangnya.

RZ senantiasa menciptakan inovasi dalam memberikan bantuan kepada para pengungsi. “Jika para pengungsi membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar menerima sumbangan, maka kami lakukan itu,” ujar Herlan Wilandarian Syah, Koordinator RZ. (RZ/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Masih Ada Modal Sosial di Tengah Bencana