Home / Berita / Nasional / Wamenhuk dan HAM: Pembebasan Bersyarat Corby Bisa Saja Dicabut

Wamenhuk dan HAM: Pembebasan Bersyarat Corby Bisa Saja Dicabut

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana - Foto: tribunnews.com
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana – Foto: tribunnews.com

dakwatuna.com – Jakarta. Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana mengatakan, pembebasan bersyarat yang diperoleh terpidana narkoba asal Australia, Schapelle Leigh Corby, sudah sesuai aturan yang berlaku. Kendati demikian, ia mengatakan, pembebasan bersyarat itu bisa saja dicabut.

Salah satu yang mungkin bisa menjadi pertimbangan pencabutan tersebut, ujar Denny, adalah apabila Corby melakukan wawancara dengan media. Menurut Denny, wawancara tersebut berpotensi menjadi polemik yang mengganggu keresahan masyarakat.

“Kalau dia tetap melakukan, tentu kita akan uji apakah itu bisa menjadi salah satu dasar untuk mencabut pembebasan bersyarat,” kata Denny di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Menurut Denny, sesuai aturan yang ada, ada pasal-pasal yang mengatur tentang pencabutan pembebasan bersyarat. Beberapa di antaranya, kata dia, adalah tidak melapor secara rutin, meresahkan masyarakat, dan melakukan kejahatan selama masa pembebasan bersyarat berlangsung.

Denny pun membantah bahwa pemerintah mengistimewakan Corby. Menurutnya, Corby memenuhi syarat untuk mendapatkan pembebasan bersyarat yang diterimanya bersama 1.291 narapidana lainnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2006.

“Kami memang mengeluarkan PP 99/2012 untuk mengetatkan hak-hak narapidana. Tapi Corby tidak kena pengetatan karena dia divonis jauh sebelum tahun 2012. Untuk corby berlaku PP yang sebelumnya,” terang Mantan Staf Khusus Presiden SBY itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Corby mendapatkan pembebasan bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar, Bali, Senin (10/2/2014). Dia adalah terpidana dengan vonis 20 tahun untuk kepemilikan 4,1 kilogram ganja. (kompas/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Wacana Tes Urine Anggota DPR Terus Mendapat Dukungan

Wacana Tes Urine Anggota DPR Terus Mendapat Dukungan