Home / Berita / Daerah / Manajemen Sampah di Ibu Kota Kurang Tertata

Manajemen Sampah di Ibu Kota Kurang Tertata

Tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Jakarta - Foto: poskotanews.com
Tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Jakarta – Foto: poskotanews.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Dinas Kebersihan DKI Jakarta mencatat total keseluruhan sampah yang diangkut pascabanjir mencapai 91.529 ton. Sedangkan, jumlah sampah yang menumpuk di sungai-sungai mencapai 5.698 ton.

Kondisi itu mengundang keprihatinan dari Penggagas #betterjkt, sebuah gerakan menuju Kota Jakarta yang lebih baik, Rommy. Ia menilai manajemen sampah di Ibu Kota masih kurang tertata.

“Permasalahan sampah di Kota Jakarta diperparah dengan minimnya tempat sampah di setiap jalan serta jumlah armada pengangkut sampah yang sangat kurang juga menambah berat permasalahan sampah,” ungkap Rommy, Ahad (16/2).

Padahal, kata dia, sampah sangat berdampak nyata pada Ibu Kota, seperti turut memperparah banjir dan juga masalah kesehatan. “Yang paling parah adalah kerusakan lingkungan,” tegas pemerhati kota ini.

Menurut Rommy, selain solusi teknis yang sangat ditunggu cepat, Pemprov DKI juga diharapkan dapat mengkampanyekan program 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) hingga sampai ke tingkat rumah-rumah melalui perangkat yang ada seperti kantor kelurahan hingga tingkat RT.

“Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat,” papar Rommy.

Rommy mengungkapkan, kampanye seperti itu terbilang sangat murah karena yang di sasar adalah perubahan perilaku dari tingkat rumah. “Oleh karena itu harus dilakukan secara massif dan berkelanjutan,” tegasnya. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Agus Yudhoyono-Sylviana. (lombokita.com)

Koalisi Cikeas Resmi Usung Agus Yudhoyono-Sylviana di Pilgub DKI