Home / Berita / Agenda Umat / BEM FIS Universitas Negeri Padang Gelar Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional

BEM FIS Universitas Negeri Padang Gelar Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Padang. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (BEM FIS UNP) bekerjasama dengan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menggelar Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional 2014. Lomba dibuka dari sekarang hingga berakhir pada 10 Maret 2014.

Lomba ini terbuka untuk mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik mahasiswa D3 atau S1 yang masih aktif (dibuktikan dengan melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa pada saat pengiriman naskah).

Panitia Lomba BEM FIS UNP, Alif Melky dan Khairatul Ukhti Rabu (12/2), menyebutkan, peserta dapat memilih salah satu tema dari tiga tema yang diperlombakan, yaitu: Agama dan Pendidikan, Agama dan Pembangunan Ekonomi, serta Agama dan Politik. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya (maksimal 2 karya).

Syarat dan ketentuan lainnya, panjang naskah esai minimal 5 halaman dan maksimal 7 halaman, diketik di kertas A4, font Times New Roman 12, spasi 1,5. Margin 4 cm kiri, 3 cm kanan, 3 cm bawah, dan 3 cm atas. Judul bebas, namun harus sesuai dengan tema pilihan lomba.

Sementara, nama penulis dan asal perguruan tinggi diletakkan antara judul dan naskah. Naskah esai berisi tiga bagian, yaitu pendahuluan (berisi latar persoalan dan identifikasi topik bahasan), isi (pembahasan dan analisis), dan konklusi (kesimpulan/penutup). Tiga bagian tersebut tidak harus disebutkan secara eksplisit.

Selain itu, peserta menuliskan biodata di halaman akhir (berbentuk narasi, maksimal 150 kata) disertai foto diri. Dan naskah dikirim melalui email paling lambat 10 Maret 2014 pukul 23.59 WIB ke email: [email protected] atau [email protected].

Ditambahkan, berkas yang dikirim meliputi naskah esai dan lembar orisinalitas karya. Lembar orisinalitas yang dikirim via email dipindai/scan dalam bentuk file JPEG/PDF. Sementara Dewan Juri lomba terdiri dari Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dan Tim Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

Naskah esai terbaik akan menerima hadiah:  Juara I uang tunai Rp 1.000.000 + piagam + trophy + Paket Buku, Juara II uang tunai Rp750.000 + piagam + trophy + Paket Buku, dan Juara III uang tunai Rp500.000 + piagam + trophy + Paket Buku. Karya 35 finalis terbaik akan diterbitkan dalam buku kumpulan esai terbaik.

Ketua BEM FIS UNP Chandra Prawira Negara berharap lomba menulis esai ini dapat diikuti seluruh mahasiswa di Indonesia yang hobi menulis. Tujuan lain dari lomba ini, tambahnya, diharapkan akan lahir penulis-penulis muda Indonesia yang berpikir kritis dan berani menuangkan gagasannya lewat tulisan. “Mari kita sukseskan bersama lomba ini,” ujarnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai lomba ini, calon peserta dapat menghubungi Panitia Lomba: BEM FIS UNP, Lantai 1 Dekanat FIS UNP, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat, email: [email protected][email protected], dan kontak panitia: 085765200291 (Alif Melky), 083181614121 (Khairatul Ukhti). (REL/ded/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sejak kecil menggemari segala jenis masakan. Hingga kini senang membaca dan mengakrabi aksara.

Lihat Juga

Talkshow dan Bedah Novel “Senyum Bell’s Palsy” karya Aliya Nurlela.  (FAM)

Ratusan Guru dan Siswa Apresiasi Terbitnya Novel “Senyum Gadis Bell’s Palsy” Karya Aliya Nurlela

Organization