Home / Berita / Internasional / Afrika / Erdogan Tetap Takkan Akui As-Sisi Walaupun Terpilih dalam Pemilu

Erdogan Tetap Takkan Akui As-Sisi Walaupun Terpilih dalam Pemilu

Erdogan dan As-Sisi
Erdogan dan As-Sisi

dakwatuna.com – Ankara. Perdana menteri Turki, Erdogan, menyatakan bahwa negaranya tetap tidak akan mengakui As-Sisi atau siapapun jika terpilih dalam pilpres Mesir mendatang. Hal itu dinyatakannya dalam wawancara eksklusif dengan stasiun televisi Aljazeera berbahasa Inggris belum lama ini.

Erdogan mengatakan, “Tidak mungkin menerima atau mengakui pemerintahan yang dibuat dengan cara kudeta militer. Sudah banyak pemerintahan di negara hasil kudeta, pemimpinnya mendapatkan persentase dukungan yang tinggi. Karena pemilihannya dilakukan dalam suasana menakutkan. Hal yang sama sangat mungkin terjadi di Mesir.”

Menurutnya, Presiden Mursi dulu mendapatkan dukungan 52% suara. Hanya rakyat sajalah yang berhak untuk menarik kepercayaannya dari beliau. Namun dengan mekanisme kotak suara. Bukan dengan militer.

“Sikap Turki ini akan tetap, dan tidak akan berubah pada setiap kudeta militer atas pemerintahan sah yang terjadi di manapun. Hendaknya sikap yang sama diambil oleh pemimpin semua negara,” jelas Erdogan. (msa/dakwatuna/islammemo)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (20 votes, average: 8,15 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Sejuki

    Inilah sikap yg benar. Kapan negara yg lain nyusul? Indonesia gimana? Ah, paling ikut apa maunya Amerika. Yakin ane.

    Hmmm…

    • Hamba Allah

      Ikut amerikan turus, karena negara banyak ngutang sama amerika dan negara lain. Itu karena pemimpin2x partai, dan pejabat2x sering korupsi.. ada yang dipenjara 16 tahun, ada yang 20 tahun, ada yang 5 tahun. Saya setuju jika ada pemimpin partai atau anggota dpr atau pejabat yang diusung oleh partai jika korupsi, langsung dihukum mati saja, meski sedikit dan partainya di skor selama 20 tahun, tidak boleh ikut pemilu. biar kapok..

      • Sejuki

        Nah, berarti benar kan apa yg ane bilang bhw Indonesia pasti akan nunut apa maunya AS. Pinter juga ente kali ini Tong. Tumben???

      • citra

        ini orang hamba Allah atau hamba syaithon ya?masa peduli sama saudaranya yang muslim aja di bilang ngurusi negara orang,kalo israel atau china yang kayak gini gue gak peduli tong….tapi mesir itu mayoritas muslim dan yang mengalami pembantaian itu muslim,secara nluri aja lo sebagai manusia apa lo tega liat orang di tembakin lagi solat pake helli?kcuali kalo lo batu atau tanah atau bahkan sampah yang gak mau tau dan pura2 gak tau sertta menutup mata dari ini semua…..banyak2 istigfar tong biar lo tau siapa itu assi dan siapa mursi,gue saranin lo bnyak2 diskusi ma orang2 beriman jangan ma setan

        • Sony Nak Kampoeng

          itu hamba keledai citra,….
          hamba allah adalah orang berakal,… sedangkan dia,.. hanya bisa hrrrrg ngiiiik hrrrg ngiiik,…

  • WaOne Lele Farm

    Pemimpin sejati… jangan bandingkan dengan Indonesia, sangat malu mengungkapkannya…

    Semoga dlm pemilu nanti, Indonesia punya pemimpin seperti beliau yg berani, tegas, amanah, capable dan pastinya SHOLEH… aamiin…

  • m.mustafid

    Sungguh sangat luar biasa, sikap tegas ditunjukkan PM Turki untuk menolak setiap pemerintah hasil kudeta. Ini baru namanya pemimpin yg menjunjung tinggi demokrasi tdk seperti negara barat & eropa.

  • Hamba Allah

    Kayaknya sih Mesir juga tidak mengharapkan dukungan dari pemimpin negara lain untuk menentukan masa depannya. Saudara Erdogan tidak mengakui juga ngak masalah. paling Erdogan sendiri yang rugi, apalagi jika rakyat mesir memilih Sisi.

    Adapun indonesia, tidak boleh memihak kepada salah satu golongan yang bertikai dimesir, tapi harus berpihak kepada pilihan rakyat Mesir, jika ternyata mereka memilih Sisi, maka harus didikung, dengan kata lain, tidak ikut campur masalah dalam negeri orang lain.
    Apalagi, mesir adalah negara yang paling berjasa hingga kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengakuan di PBB. Mesir sangat berjasa bagi indonesia, sebelum kemerdekaan, disaat2x memperjuangkan kemerdekaan, bahkan sampai sekarang. Perhitungan dubes RI, beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa Mesir setiap tahunnya memberikan biaya bagi mahasiswa indonesia sekitar 23 Milyar/tahun. Itu mencakup biaya sekolah yang gratis, beasiswa dari Al Azhar, Kementerian agama Mesir, lembaga2x beasiswa lainnya seperti Bayt Zakat, Wami, Wahbah, Fanjari, Babtin, dan lain sebagainya..

    Negara penerima bantuan dari negara lain, tidak akan bisa membuat keputusan. Oleh karena itu, indonesia harus membasmi koruptro dan mafia yang ada di indonesia, hingga mampu mencukupi kehidupan rakyatnya dan pendidikan rakyatnya hingga tidak membutuhan bantuan dari negara lain. disaat itu baru bisa ambil keputusan. selagi masih begini, mana bisa ngomong.

    Konflik Mesir Turki juga menguntungkan indonesia, dengan artinya, terjadinya konfilik, mengakibatkan kerja sama mesir turki menyusut, dan indonesia bisa mengisi kekosongan tersebut, seperti contoh, pembangunan perusahaan ban Mobil GT, yang sedang dibangun di Mesir.

    • dhani wu

      yg dulu mempelopori dukungan mesir terhadap kemerdekaan indonesia itu ikhwanul muslimin bukan moyangnya as sisi. klo harus mendukung pilihan rakyat mesir ya mestinya menolak kudeta dan partisipasi pelaku kudeta dlm pemilu mendatang, lha wong pilihan rakyat mesir dalam pemilu lalu yang jurdil itu muhammad mursi, klo mau diganti ya harus menghormati mekanisme yang berlaku, bukan dikudeta, apakah “hamba Allah” ini berani menjamin pemilu yang diadakan pemerintah kudeta akan jujur dan adil sehingga indonesia perlu mendukung apapun hasilnya, bahkan jika dajjal yg dipilih sekalipun? sungguh disayangkan, namanya hamba Allah tapi merasa gembira dengan konflik antara Turki dan Mesir yang sama2 negeri muslim, bahkan mau dimanfaatkan pula untuk mencari keuntungan harta, laa haula walaa quwwata illa billah

      • Hamba Allah

        Betul IM pertama sekali memberita berita kemerdekaan Indonesia disalah satu korannya, namun yang berjasa mempelopori dukungan mesir bukan IM, tapi:
        1. Raja Faruq
        2. Azzam (Ketua Liga Arab Saat itu)
        3. PM. Nuqrosy…yang di bunuh oleh IM nantinya.

        Kita tidak berharaf konflik.. tapi jika mereka ngotot konflik, kita usahakan mendamaikan antara keduanya, dan tidak salah kita mengisi kekosongan sebelum diisi oleh orang-orang non muslim. apa salah?

        Mursi di pilih oleh rakyat,,, terus diturunkan oleh rakyat… kemudian rakyat memilih yang lain… kan kekuasaan ditangan rakyat.

        kalau nanti dalam pemilu ada kecurangan, maka silahkan anda bawa bukti kepengadilan..

        • JuNior Da Monarchos

          woyyy.. ummat muslim itu bersaudara.. harus perduli..

          • Hamba Allah

            Betul oi….

        • Sejuki

          Mana ada pemilu bisa berjalan jurdil, transparan, demokratis dan murni merupakan hasil dari keinginan rakyat Mesir secara keseluruhan, jika dijalankan di bawah todongan senjata?

          Mursi dipilih oleh rakyat, yes. Lalu, Mursi diturunkan oleh rakyat, rakyat yg mana Tong?

          Hallo?????

          • Hamba Allah

            Siapa yang mengikuti pemilu dibawah todongan senjata tong….?
            Makanya datang ke Mesir, lihat orang yang memilih, ada yang ditodong senjata ngak? anda benar-benar korban berita IM dan Al Jazeera….

            Mursi Dipilih rakyat yes, Mursi diturunkan Rakyat, yes.
            Nanti siapapun yang dipilih kembali oleh rakyat . Yes..
            Ngapain sibuk ngurus negara orang lain. Urus sono pemimpin 2xmu yang koruptor, kalau sudah selesai baru urus negara lain.

            Halooo

          • Sejuki

            Ente rupanya perlu belajar lagi ttg bahasa sumir Tong. Di bawah todongan senjata itu bukan berarti tiap pemilih itu ditodong senjata, tetapi apa maunya militer, itulah kebenaran. Siapa yg gak setuju dg Militer di ‘dor’. Itulah yg terjadi selama ini setelah kudeta Militer tsb. Unjuk rasa menentang kudeta saja didor, gimana lagi yg lain? Hallo?????

            Pokoknya kebenaran hanya ditangan militer, yg lain sikaaaaatttttt….. !!! Pemilu di bawah bayang-bayang ketakutan. Ngapain lagi diadakan pemilu kalo gitu. Toh, apa maunya Militer kan yg harus menang?

            Apa ente gak bisa mikir sampai ke arah sana Tong? Halloooo?????

            Ngapain ngurusin negara lain? Lhaaaa…. ente sendiri sedang ngurusin apa Tong? Halloooo????

          • Hamba Allah

            loe bicara tentang pemilu tong…. kamu aja yang bilang begit tong, karena termakan oleh info ngak benar, terus kebencian kamu terhadap non golonganmu terlalu memuncak, sehingga matamu buta..

            Kemarin ketika referendum, yang mengatakan “tidak” apakah ada yang didor? Makanya cari info sendiri langsung, jangan cuma duduk di situ tong…

            Saya tidak ngurusin negara lain, saya sedang mengurusi orang dari negara saya, yang sok ngurusin negara lain, padahal negara masih amburadul, bahkan anehnya pimpinan tertinggi partai islam ikut tidur di penjara 16 tahun karena kasus koruptor.. Memalukan.. Urusin yang gituan dulu baru ngurus negara lain.

          • Sejuki

            Eh Tong. Kok otak ente semakin tambah korslet Tong. Dulunya bloon, sekarang malah korslet.

            Dr. Mursi dipilih oleh rakyat Mesir secara sah lewat Pemilu yg demokratis, jurdil, transparan, dan diakui oleh dunia, bahkan PBB dan Amerika Serikatpun menerimanya sebagai kemenangan seluruh rakyat Mesir. Di tengah jalan, eh malah dikudeta oleh Militer, para elit politik pendukungnya ditangkapi, dan massa rakyat yg mendukungnya malah dibunuhi dg amat kejam dan sadisnya. Terkejam dan tersadis di abad ini melebihi kekejaman Yahudi terhadap rakyat Palestina. Pebuatan yg amat pengecut bin banci.

            Di tengah kondisi yg seperti ini. Merebut kekuasaan dg cara pengecut dan banci, lalu pura-pura diadakan pemilu agar Presiden yg terpilih nanti, yaitu As Sisi (atau siapapun dia) seakan legitimet. Begitukah? Hallo?????

            Buat apalagi Pemilu, sementara yg menang malah dikudeta jika tidak sesuai apa maunya Militer (bukan apa maunya rakyat)? Kenapa tidak langsung saja As Sisi menobatkan dirinya sendiri atau langsung dinobatkan sebagai Presiden Mesir. Hallo???

            Ente bilang tidak ngurusin negara lain, tapi ngurusin orang yg ente bilang sok ngurusin negara lain, silahkan, itu hak ente. Tapi betulin dulu logikanya. Jika ngomong, tapi malah korslet kayak gitu, hmmm….. malah jadi bahan lelucon Tong. Diketawain orang ente Tong. Memalukan sekali sebagai orang yg mengklaim diri sebagai “Hamba Allah”.

          • Hamba Allah

            Mursi dipilih oleh Rakyat,
            Diturunkan oleh rakyat.
            dan jika memang rakyat bersama Mursi, maka lihat di pemilu nanti, siapa yang akan dipilih oleh rakyat. Jika Sisi yang dipilih oleh rakyat berarti rakyat benar2x melakukan revolusi kedua, namun jika IM yang dipilih kembali, atau simpatisannya, maka klaim kamu benar.

            gitu aja repot

          • Sejuki

            Mursi dipilih oleh rakyat, yes. Lalu, diturunkan oleh Militer melalui kudeta dan pemaksaan kehendak diiringi dg pembunuhan massal bagi yg tidak sepaham dg militer, bukan oleh rakyat. Itu baru beneerrrrr……

            Kalo ingin berkuasa merebut kekuasaan yg sah, tunggu 4 tahun kemudian sesuai dg konstitusi Mesir yg sudah disepakati, lewat pemilu juga. Bukan dg cara pengecut dan banci begitu Tong, penuh dg rekayasa dan ‘ancaman moncong senjata’. Lalu kemudian dibuat pemilu-pemiluan, supaya terlihat legitimet. Atau jangan-jangan ente juga termasuk kelompok pengecut dan banci juga Tong. Hallo???

            Ngomong kok luput dan korslet terus ente Tong. Payahhh….!!!

          • Hamba Allah

            Mursi dipilih oleh Rakyat,
            Diturunkan oleh rakyat.
            dan jika memang
            rakyat bersama Mursi, maka lihat di pemilu nanti, siapa yang akan
            dipilih oleh rakyat. Jika Sisi yang dipilih oleh rakyat berarti rakyat
            benar2x melakukan revolusi kedua, namun jika IM yang dipilih kembali,
            atau simpatisannya, maka klaim kamu benar.
            gitu aja repot, tentara juga banyak yang meninggal. jadi jika tidak ada bukti maka biarkan pengadilannya dihari kiamat, namun siapaun yang dipilih rakyat bebarapa bulan depan, maka dialah presiden mesir, kamu suka atau tidak, tidak akan ada pengaruhnya.

          • Sejuki

            Rakyat yg mana yg menurunkan Mursi Tong? Apa ukurannya? Bukankah ukurannya melalui kotak suara (Pemilu) yg digelar 4 tahun sekali? Hallo???

            Pemilu? Pemilu yg mana lagi? Setelah pendukung Mursi dibunuhi dan petinggi-petingginya ditangkapi? Pemilu yg seperti itukah? Pemilu apaan itu yg didahului dg cara penangkapan dan pembunuhan bahkan pembantaian berbasis kekuatan senjata? Gimana mungkin pemilu bisa berjalan demokratis, jurdil, transparan, di tengah situasi yg seperti itu? Hallo???

            Lalu, yg telah dimenangkan Mursi itu bukan Pemilu ya? Hallo???

          • Sony Nak Kampoeng

            udahlah kawan sujuki,….
            orang yg mengatasnamakan hamba allah ini adalah ternyata hamba keledai,….

          • Sony Nak Kampoeng

            ini orang sotoy,… yang di turunin oleh rakyat siapa,… goblok banget dah,….!!

        • Sony Nak Kampoeng

          sotoy,… anda gk pantas pakai nama hamba allah,….
          dari penjelasan anda, anda sedang memecah fikiran, dan merangsak,… sebaiknya ganti nama anda menjadi alfasik,….

    • Sony Nak Kampoeng

      kayaknya anda lebih tahu dari pada mr erdogan,…..
      anda ini siapa c,…??
      begitu picik coba mengusulkan retaknya tali silaturahiem antar negara islam,…
      sebagai celah untuk meraup keuntungan,….. sifat anda seperti sifat orang orang syiah,…
      anda syiah ya,….??

Lihat Juga

Erdogan Kembali Kecam As-Sisi, Hubungan Mesir-Turki Kian Menegang