Home / Berita / Daerah / Aher: Pelabuhan Internasional di Jabar Selatan itu Ide Bung Karno

Aher: Pelabuhan Internasional di Jabar Selatan itu Ide Bung Karno

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan - Foto: jabartoday.com
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan – Foto: jabartoday.com

dakwatuna.com – Bandung. Rencana pembangunan pelabuhan internasional di wilayah Jawa Barat bagian selatan ternyata sudah ada sejak jaman orde lama. Di mana, Presiden RI pertama yakni Sukarno yang memunculkan ide tersebut.

Informasi itu diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher). “Pembuatan pelabuhan skala internasional di wilayah Jabar selatan sebenarnya sudah digagas dari sejak dulu oleh Bung Karno,” kata Aher, beberapa waktu lalu.

Jadi, kata dia, ide untuk membangun pelabuhan itu bukan ide sekarang.  Tapi, di  zaman Bung Karno, ingin membuat pelabuhan skala internasional di Pelabuhan Ratu sebagai saingan Singapura.

Hal tersebut, kata dia,  terlihat dari adanya Samudra Beach Hotel yang dibangun sekitar tahun 1960 an. Hotel tersebut, merupakan hotel yang paling mewah kala itu. Bahkan, hotel tersebut  dibangun seiring dengan pembuatan Hotel Indonesia  di Jakarta.

“Dalam pikiran saya itu dalam rangka persiapan Pelabuhan Samudra cuman sampai wafatnya belum terealisasi,” katanya.  (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 7,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ingin Perbaiki Hubungan, Turki Syaratkan Israel Bangun Pelabuhan di Gaza