Home / Berita / Nasional / Nasihat Gus Ali untuk Aher, ‘Jadilah Seperti Lebah’

Nasihat Gus Ali untuk Aher, ‘Jadilah Seperti Lebah’

Ulama Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, KH Agoes Ali MAsyhuri - Foto: lensaindonesia.com
Ulama Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, KH Agoes Ali MAsyhuri – Foto: lensaindonesia.com

dakwatuna.com – Bandung. Seorang ulama Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, KH Agoes Ali Masyhuri, menasihati Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat menghadiri pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Rabu.

“Jadilah seperti seekor lebah. Dia makan yang baik-baik saja, dan menghasilkan madu yang sangat berguna bagi manusia. Pemimpin harus senantiasa seperti lebah,” kata Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim itu sebagaimana dikutip Aher.

Menurut pengasuh Pesantren Bumi Shalawat, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur itu, lebah memang hanya serangga kecil, tapi selain menghasilkan madu yang sangat berguna bagi manusia, semua sifat dan perilaku lebah patut dijadikan teladan.

Ulama yang dikenal luas sebagai praktisi sekaligus pemikir dakwah itu juga menyampaikan sejumlah nasihat tentang kepemimpinan kepada Aher seraya menyerahkan buku karyanya berjudul Belajarlah Kepada lebah dan Lalat; Menuju Kokoh Spiritual, Mapan Intelektual.

Dalam kesempatan tersebut, ulama yang akrab disapa Gus Ali itu mengingatkan Aher agar senantiasa mempraktekkan ilmu lebah, lalu penegasan KH Agoes Ali Masyhuri itu ditimpali Aher bahwa lebah juga tidak akan menyerang bila tak disakiti lebih dahulu.

“Lebah tidak pernah menyengat kalau tidak diserang terlebih dahulu,” kata Aher yang disambut anggukan dan senyuman KH Agoes Ali Masyhuri.

Pendakwah yang pengajian rutinnya selalu dibanjiri ribuan orang ini juga mengingatkan Aher agar cermat memilih mitra dekatnya.

“Orang-orang dekat itu bisa mewarnai kita. Walaupun kita menerima siapapun sebagai kawan, sebaiknya dekati yang baik-baik saja,” kata KH Agoes Ali Masyhuri. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Tjatur S Pramono

    apa media ini pendukung Aher? sepertinya begitu…

    • rojulan

      bebas-bebas aja , siapa mendukung siapa, so far so good

      • Tjatur S Pramono

        seyogyanya dakwatuna lebih mengedepankan politik secara keseluruhan tidak terjebak dalam politik praktis. umat emang awam tapi juga ga bodoh2 amat…

        • Nisa

          Umat siapa yang awam dan bodoh (walau tidak amat)?

      • Sundy

        apa Tjatur S Pramono ini pembenci Aher? sepertinya begitu…

Lihat Juga

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. (jabarprov.go.id)

Aher Ungkap Tiga Sektor Penyumbang PDRB Terbesar di Jabar

Organization