Home / Berita / Internasional / Amerika / Alpha Lambda Mu, Ekspresikan Identitas Negara dan Islam

Alpha Lambda Mu, Ekspresikan Identitas Negara dan Islam

Organisasi Persaudaraan Alpha Lambda Mu - Foto: akamaihd.net
Organisasi Persaudaraan Alpha Lambda Mu – Foto: akamaihd.net

dakwatuna.com – Washington.  Sekelompok mahasiswa Muslim di Universitas California mendirikan sebuah organisasi persaudaraan baru yang disebut Alpha Lambda Mu.

Nama perkumpulan yang diambil dari abjad Yunani ini adalah bentuk helenisasi huruf-huruf Arab ‘Alif Lam Mim’ yang kerap ditemukan pada beberapa surat dalam Al-quran.

Dilansir dari World Bulletin, Selasa (11/2), keberadaan organisasi-organisasi persaudaraan sudah menjadi hal yang sangat umum di kalangan mahasiswa di AS.

Namun, berbeda dengan komunitas kebanyakan, para anggota Alpha Lambda Mu berkumpul untuk melakukan shalat subuh berjamaah dan membantu satu sama lain untuk menjadi Muslim yang lebih taat.

Alpha Lambda Mu merupakan perluasan dari perkumpulan yang didirikan tahun lalu oleh salah seorang mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Texas, Ali Mahmoud.

Awalnya, perkumpulan tersebut didirikan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa Muslim mengekspresikan identitas Amerika dan keislaman mereka.

Selain itu, komunitas tersebut juga menjadi wadah bagi para anggotanya buat mempelajari berbagai keterampilan dan terlibat secara sukarela dalam berbagai aktivitas positif.

Di antaranya adalah ceramah agama, pemutaran film, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Profesor Ilmu Politik di Universitas Negeri Missouri, Brian Calfano kepada New York Times mengatakan, perkumpulan seperti Alpha Lambda Mu sebenarnya sudah menjadi karakteristik tersendiri di perguruan-perguruan tinggi Amerika modern.

“Para mahasiswa ingin merasa dilindungi dalam organisasi yang mereka geluti,” ujar Calfano yang pernah melakukan penelitian tentang identitas Islam dan Amerika itu. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pejabat Non-Muslim Pada Zaman Al-Mu’tadhid Billah