Home / Berita / Daerah / Muslim Makassar Siap Terapkan Ekonomi Syariah Berbasis Keluarga

Muslim Makassar Siap Terapkan Ekonomi Syariah Berbasis Keluarga

Ilustrasi (Inet)
Ilustrasi (Inet)

dakwatuna.com – Makassar.  Dalam rangka mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam rumah tangga, Pengurus Wilayah MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Sulawesi Selatan menggelar Dialog Ekonomi Syariah khusus bertemakan “Ekonomi Syariah Berbasis Keluarga”.

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pengurus wilayah MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Sulawesi Selatan menggelar rangkaian acara untuk keluarga muslim. Salah satu acara yang menjadi fokus perhatian bagi Pengurus Ekonomi Syariah Berbasis Keluarga Wilayah MES SulSel ini adalah Dialog Ekonomi Syariah bertemakan “Ekonomi Syariah Berbasis Keluarga”, termasuk di dalamnya edukasi kepada para Ibu Rumah Tangga tentang menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam pengembangan ekonomi keluarga. Dialog ini digelar dalam rangkaian acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (01/02).

Hasil dari dialog antara para tokoh ekonomi syariah di Sulawesi Selatan dengan masyarakat setempat adalah rencana kerjasama antar MES Sulawesi Selatan dengan BKMT (Badan Kontak Majelis Ta’lim) untuk membentuk Rumah Zakat, sebuah program yang dimaksudkan untuk mendorong pelaksanaan zakat di tiap-tiap keluarga. Pengurus Wilayah MES SulSel akan berperan sebagai pendamping dan konsultan dalam program ini.

“Kami sebagai konsultan dari program Rumah Zakat ini berharap dapat memberikan dukungan kepada keluarga di Sulawesi Selatan dalam menerapkan nilai-nilai ekonomi Islam dalam mengelola keuangan keluarga. Zakat adalah salah satu sumber pokok dana social dalam Islam. Kami berharap bisa mendorong para keluarga agar lebih giat dan paham berzakat.” Ujar Mukhlis Sufri, Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Sulawesi Selatan.

Dialog Ekonomi Syariah kemudian diikuti dengan pemilihan Pengurus Wilayah (PW) MES Sulawesi Selatan keesokan harinya (02/02). Dari hasil diskusi pengurus, Mukhlis Sufri terpilih kembali menjadi Ketua Umum PW MES Sulawesi Selatan.

Dalam dua tahun terakhir ini, Makassar termasuk kota yang paling aktif dalam mensosialisasikan ekonomi syariah kepada masyarakatnya. Berbagai kegiatan sosialisasi ekonomi Islam di Makassar selalu mendapatkan respon yang positif dari seluruh kalangan masyarakat. Dari mulai para investor yang tertarik untuk berinvestasi di pasar modal syariah sampai Ibu-ibu rumah tangga yang antusias mempelajari berbagai hal tentang konsep asuransi dalam Islam. (puri/mes/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Bahagia itu Bernama Keluarga