Home / Berita / Nasional / 14 Sekolah Juara Siap Terima 425 Yatim Dhuafa

14 Sekolah Juara Siap Terima 425 Yatim Dhuafa

Sekolah Juara berbasis Multiple Intelligences, setiap siswa di gali potensi yang mereka miliki - Foto: RZ
Sekolah Juara berbasis Multiple Intelligences, setiap siswa di gali potensi yang mereka miliki – Foto: RZ

dakwatuna.com Bandung. Menjelang tahun ajaran baru 2014/2015, 14 Sekolah Juara yang berada di bawah RZ (Rumah Zakat) menerima 425 siswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Para siswa yang mendaftar ke Sekolah Juara akan melalui serangkaian tes terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui potensi dari setiap anak yang mendaftar ke Sekolah Juara.

“Karena Sekolah Juara berbasis Multiple Intelligences maka kami perlu mengetahui potensi masing-masing anak, sehingga cara memperlakukan mereka bisa disesuaikan,” tutur Chief Program Officer RZ Heny Widiastuti, Selasa (4/2).

Selain itu Heny pun menuturkan bahwa Sekolah Juara juga mengadakan tes dengan mendatangi tempat tinggal calon siswa. Hal tersebut untuk memastikan apakah mereka memang berhak menerima bantuan pendidikan gratis di Sekolah Juara. “Hanya yang berasal dari keluarga kurang mampu lah yang bisa sekolah di sini,” ujarnya.

Sekolah Juara berupaya untuk mencetak siswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlaq baik. Konsep kelas yang diusung Sekolah Juara adalah kelas kecil dengan siswa 25 orang per kelas. Metode ini diterapkan agar peran guru menjadi lebih optimal dalam mengamati perkembangan setiap siswanya.

“Di sekolah ini kami membiasakan siswa untuk Shalat Dhuha setiap hari. Siswa pun rutin mendapat pelajaran membaca dan menghafal Al Quran setelah Shalat Zhuhur, sebelum memulai aktivitas ekstrakurikuler. Mereka diharapkan terbiasa beribadah secara rutin, baik yang wajib maupun sunah,” jelas Heny.

Tidak hanya itu, siswa Sekolah Juara juga dibekali dengan kompetensi untuk berwirausaha. “Secara berkala siswa mengadakan market day. Saat market day ini, siswa praktek berwirausaha. Mulai dari mengelola barang jualan, mengelola uang hingga merancang strategi agar barang dagangannya laku terjual,” ujar Darwati, pengajar Sekolah Juara Surabaya.

Di tahun ke-7 ini, jumlah Sekolah Juara telah mencapai 14 sekolah yang tersebar di 11 kota dan kabupaten dan mendidik 19.924 yatim dhuafa. Dan di tahun 2013, sebanyak 294 siswanya berprestasi di luar sekolah. “Sekolah Juara membuka pendaftaran dari tanggal 3 Februari hingga 14 Maret 2014. Semoga buah sinergi antara donatur dan RZ ini berhasil menciptakan generasi yang unggul untuk Indonesia,” ujar Heny. (RZ/sbb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Musyawarah, Kunci Penyelesaian Kasus Pencubitan Siswa di Sidoarjo