Home / Berita / Internasional / Asia / Di Saudi, Bersimpati kepada Organisasi yang Dikategorikan Ekstrem Bisa Dipenjara 3-20 Tahun

Di Saudi, Bersimpati kepada Organisasi yang Dikategorikan Ekstrem Bisa Dipenjara 3-20 Tahun

Raja Abdullah bin Abdul Aziz (sabq.org)
Raja Abdullah bin Abdul Aziz (sabq.org)

dakwatuna.com – Riyadh. Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia mengeluarkan dekrit kerajaan yang mengancam hukuman penjara 3-20 tahun bagi warganya yang turut berperang di luar kerajaan, seperti Suriah, Afganistan dan sebagainya. Menurut pemerintah, dekrit ini dikeluarkan untuk menutup kemungkinan akan terganggunya stabilitas keamanan sekembalinya mereka ke Saudi. Dalam dekrit yang dikeluarkan kemarin, Senin (3/2/2014), ancaman hukuman penjara tersebut juga ditujukan bagi warga Saudi yang berafiliasi kepada aliran, organisasi keagamaan dan pemikiran ekstrem, atau organisasi yang dikategorikan sebagai organisasi teroris menurut dalam negeri Saudi, Timur Tengah, maupun dunia internasional. Hukuman tersebut juga diancamkan kepada warganya yang mendukung atau mengadopsi pemikiran dan metode organisasi ekstrem atau organisasi teroris tersebut dengan cara apapun. Tidak hanya demikian, hal yang sama berlaku bagi yang menyatakan simpati kepada organisasi tersebut dengan media apapun, atau memberikan kepadanya sokongan apapun baik materiil maupun moril, atau mendorong, atau mengkampanyekannya dengan perkataan atau tulisan berbentuk apapun. Dekrit ini berlaku 30 hari setelah tanggal dikeluarkannya. Sebagian kalangan menyebut bahwa keluarnya dekrit ini adalah langkah pertama untuk mengkriminalisasi organisasi dan anggota Ikhwanul Muslimin. Lebih jauh lagi, terdapat anggapan bahwa sikap Saudi kepada Ikhwanul Muslimin terlihat lebih keras daripada sikap pemerintah kudeta Mesir sendiri. (msa/dakwatuna/sabq/france24/inewsarabia)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 6,17 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Sejuki

    Kroni-kroni Dajjal sudah mulai bermunculan, dan telah secara terang-terangan besimpati pada angkara murka. Emang ente mau hidup selamanya di dunia ini?

  • Frengki Abuabdullah

    tak lama lagi..firaun brejubah ini akan mati….cepat atau lambat

  • m.mustafid

    waduh raja arap ko’ begitu,…smoga bisa insyaf, sadar, punya pemikiran yg baik, & berbaik sangka.

  • dado

    Silahkan cari tahu mengapa ada kerajaan arab. Bukankah dulu berasal kekhalifahan. Ternyata munculnya kerajaan itu dibuat oleh bangsa inggris. Jadi kalau raja arab mengekor ke kebijakan barat (yahudi), itu hal yang mungkin sekali.

  • Egig

    klo pemimpin yg selama ini, anti demokrasi, anti liberal, anti HAM matinya sangat trangis banget, eg, Osama bin laden, Saddam Hussein, Khadafi, kita ngak tau para Korup kakap ( raja dan kelrganya) di Arab Saudi sana klo demokrasi menggeliding kesono.

Lihat Juga

Saat Eskalasi Perang Suriah Menjadi Perang Dunia