Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / As-Sisi Naik Pangkat Tertinggi

As-Sisi Naik Pangkat Tertinggi

Kampanye "Sempurnakan Kebaikanmu" untuk mendukung As-Sisi sebagai presiden (twsela)
Kampanye “Sempurnakan Kebaikanmu” untuk mendukung As-Sisi sebagai presiden (twsela)

dakwatuna.com – Kairo. Pemimpin kudeta militer Mesir, As-Sisi, kini telah naik pangkat melalui sebuah keputusan presiden no. 38 tahun 2014. Sebelumnya, pangkat As-Sisi adalah jenderal, kini dia berpangkat marsekal. Pangkat barunya yang merupakan pangkat tertinggi dalam militer Mesir itu akan resmi disandangnya mulai tanggal 1 Februari 2014.

Pada tanggal 12 Agustus 2014, As-Sisi diangkat menjadi panglima angkatan bersenjata Mesir dan menteri pertahanan dalam kabinet yang dibentuk Hisyam Qandil di bawah Presiden Mursi. Jabatan itu diterimanya menggantikan Marsekal Muhammad Husain Thanthawi yang memasuki masa pensiun.

Pada tanggal 3 Juli 2013, As-Sisi mengeluarkan map road yang di antaranya berisi pelengseran Presiden Mursi, pembekuan konstitusi Mesir, dan pengangkatan Adly Mansur (ketua mahkamah konstitusi) sebagai presiden masa transisi, menyusul terjadinya demonstrasi 30 Juni yang menuntut Presiden Mursi turun.

Awalnya, As-Sisi menyatakan tidak tertarik mencalonkan diri sebagai presiden. Namun, menurutnya, jika rakyat Mesir memintanya maju, dan militer merestui, dia pun tidak bisa menolak. Dia tidak akan menyia-nyiakan harapan rakyat Mesir. Dengan naiknya pangkat As-Sisi ini, semakin jelas kemungkinan As-Sisi mencalonkan diri.

Marsekal adalah pangkal yang sangat jarang disandang oleh militer Mesir. Hingga mantan Presiden Gamal Abdel Naser dan Mubarak pun tidak pernah menyandangnya. (msa/dakwatuna/twsela/aljazeera)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Obama, Clinton hingga McCain Disebut Sebagai Anggota Ikhwanul Muslimin

Figure
Organization