Home / Berita / Internasional / Eropa / Sawsan Chebli, Muslimah Pertama di Kemenlu Jerman

Sawsan Chebli, Muslimah Pertama di Kemenlu Jerman

Sawsan Chebli, Muslimah Pertama yang menjadi Jubir di Kemenlu Jerman (Foto: nasimonline.ir)
Sawsan Chebli, Muslimah Pertama yang menjadi Jubir di Kemenlu Jerman (Foto: nasimonline.ir)

dakwatuna.com – Berlin.  Seorang Muslimah muda asal Jerman mencetak sejarah setelah menjadi Muslim pertama yang dipekerjakan sebagai juru bicara deputi Kementerian Luar Negeri di Negara Eropa Bagian Barat.

“Jika melihat penampilan, Anda mungkin tak menduga saya seorang Muslim karena saya tak berkerudung,” kata juru bicara deputi Kementerian Luar Negeri itu, Sawsan Chebli, akhir pekan lalu kepada Deutsche Presse-Agentur (DPA), yang dikutip On Islam, Selasa (28/1).

Tapi, Chelbi masih melaksakan shalat, puasa, tak makan babi dan tidak minum alkohol. Chebli (35) merupakan gadis kelahiran Jerman berdarah Palestina. Ia mulai dipekerajakan pada akhir pekan lalu oleh Menteri Luar Negeri Jerman yang baru, Frank-Walter Steinmeier.

Kebaradaan Chebli melawan tradisi puluhan tahun Kementerian Luas Negeri Jerman yang hanya membolehkan urusan diplomasi dilakukan para aristokrat.

Diplomat Muslim pernah menduduki posisi di kaukus Parlemen Demokratik di samping berurusan dengan etnis minoritas di Pemerintah Kota Berlin.

Lahir di Berlin, Chebli, yang orang tuanya pindah ke Jerman pada 1970-an mendapat kewarganegaraan Jerman saat usianya 15 tahun. Alumnus ilmu politik itu juga pernah bekerja selama enam tahun di Parlemen Jerman (Bundestag).

Menyambut posisinya di Kementerian Luar Negeri, Chebli mengatakan, “Saya harap suatu hari, agama dan ras tidak dikemukan lagi dan dianggap sebagai hal yang normal.”

Warga Muslim Jerman saat ini berjumlah sekitar 3,4 juta dari total populasi 82 juta orang. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 7,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General

Organization