Home / Berita / Silaturahim / Warna-Warni Maulid Nabi SAW di Sambas

Warna-Warni Maulid Nabi SAW di Sambas

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.comKegiatan maulid nabi ini dalam rangka memperingati kelahiran baginda Rasulullah SAW diadakan di tiga tempat bersama dengan kawan-kawan SGI DD (Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa). Saya biasanya menyebut dengan julukan Pejuang Khatulistiwa, wilayah penempatan yang memang berada di Kalimantan Barat, tepatnya wilayah Sambas. Ketiga tempat ini di antaranya kecamatan Tekarang, kecamatan Sajad, dan kecamatan Sejangkung.

Kegiatan yang dimulai dari kamis lalu, tanggal 16 Januari 2013 di Desa Sempadian kecamatan Tekarang. Kegiatan ini diadakan di TPA Miftahuddin bersama dengan tiga pengajar TPA lainnya berbagai macam lomba pun diadakan. Lomba-lomba yang diadakan di antaranya adalah kaligrafi (untuk semua tingkatan iqro), hafalan doa sehari-hari dan azan (iqro 1), hafalan surat pendek (iqro 2), dan ceramah serta senandung Asmaul husna (diikuti iqro 2 dan 3). Kegiatan yang berlangsung dalam satu hari ini diramaikan dengan jumlah peserta 80 anak.

Sebelum kegiatan lomba dimulai, terlebih dahulu hiburan dari santriwati yang menyenandungkan lagu-lagu islami.

Setelah pembukaan dari para santriwati, lombapun berjalan selama 2 jam yang dilakukan serentak di dalam masjid Miftahudin. Selesai perlombaan, saatnya penilaian dan pengumuman lomba bagi para pemenang. Dan inilah pemenang dari iqro 1.

Kegiatan peringatan maulid nabi kedua bertempat di Masjid yang berada di Dusun Sungai Desa Sendoyan Kecamatan Sejangkung. Kegiatan ini meliputi semua lapisan masyarakat. Satu sekolah SD dan satu SMP seperti masyarakat sekitar menjadi peserta kegiatan. Jumlah peserta yang mengikuti ada 100 lebih, kegiatan ini bertajuk Dengan memperingati Maulid Nabi, gali potensi, raih prestasi, gapai ridha Illahi. Kegiatan yang berisi ceramah ini disampaikan oleh Pejuang dari kota bangun yaitu Elan Jaelani Asal dari Cianjur.

Kegiatan ketiga diadakan di Desa Jirak, Kecamatan Sajad. Bertempat di SDN 03 Jirak. Kegiatan yang dikhususkan untuk siswa SD ini diikuti oleh siswa dari kelas IV sampai kelas VI dengan jumlah peserta 100 lebih. Kegiatan ini dibuka oleh kepala SDN 03 Jirak lalu dihibur dengan adanya penampilan dari siswa kelas VI dengan menyenandungkan dzikir Maulud dengan aransemen musik cari jodoh lagu yang dipopulerkan oleh grup band Wali.

Semoga adanya kegiatan ini dapat membuat para peserta semakin mengenal Rasul Allah dan mencintainya dengan terus menjalankan sunah-sunnahnya. Salam pejuang khatulistiwa. (hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Alumni Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa angkatan IV. sekarang menjadi volunteer sebagai Sekretaris KLIPNUS (Klinik Pendidikan Nusantara) menangani Training untuk Guru dan Siswa. serta KLIPNUS memiliki rumah baca yang disebut Kolong Ilmu. beberapa kegiatan kami diantaranya Indonesia Ceria dan Training for Teacher. Semoga Kami senantiasa bermanfaat. Klipnus : Build Better Indonesian Education

Lihat Juga

Warnai dengan Al-Quran